5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh itu penting banget kita jaga setiap saat.

Jika imunitas tubuh kita terjaga, nggak perlu khawatir dengan cuaca yang suka berubah kayak orang lagi mellow, atau seperti di masa pandemi virus corana seperti sekarang ini. Imunitas tubuh kuat, kita pun bisa beraktivitas seperti biasa, kerjaan pun bisa selesai tanpa ada deramah.

Apalagi sekarang ini di masa #dirumahaja, pikiran kita kadang nggak menentu, ya. Terus ditambah baca berita, share info di WAG yang masif bikin efek psikomatis bagi sebagian orang. Nah, inilah bisa menurukan imunitas tubuh.

Kebayang nggak kalau imunitas tubuh turun, kita mudah sakit dan bisa dengan mudah virus masuk ke dalam tubuh. Hiks.

Udah saatnya kita nggak boleh masa bodoh perihal imunitas tubuh. Nggak ada kata telat untuk mengubah pola hidup.

Kali ini, saya pengin sharing makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Yang sering saya konsumsi juga dengan keluarga saya.

Inilah 5 makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh dan sering saya konsumsi.

  1. Seafood yang mengandung Omega 3 bisa untuk boosting imunitas
ikan salmon

Udah rahasia umum makanan laut itu mengandung banyak manfaat seperti omega 3.

Apa itu omega 3?

Omega 3 adalah asam lemak tak jenuh ganda atau asam lemak esensial.

Kandungan omega 3 bisa ditemukan di beberapa jenis ikan seperti salmon, sardin, makarel, tuna, ikan kembung, ikan teri, tiram.

Beberapa manfaat dari omega 3 seperti :

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
  • Mengurangi risiko kanker
  • Membantu mencegah demensia
  • Menjaga kesehatan indera penglihatan
  • Meredakan peradangan pada artitis
  • Mengurangi risiko depresi

Banyak menu masakan yang bisa kamu kreasikan dengan memanfaatkan ikan di atas, seperti resep ikan makarel sambal matah.

2. Protein sehat yang bisa meningkatkan sel darah putih untuk melawan penyakit

National Institutes of Health (NIH) mencatat bahwa zinc – mineral berlimpah yang terkandung dalam daging seperti tiram, unggas, seafood, daging sapi juga domba- bekerja dengan protein di daging bisa memperkuat sistem imunitas tubuh.

Faktanya lagi menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Desember 2016 di Archives of Biochemistry and Biophysic menunjukkan beberapa tipe sel imun, termasuk sel darah putih, tidak dapat berfungsi tanpa adanya zinc.

Nah, untuk pilihan yang menyehatkan adalah dengan memilih protein tanpa lemak.

Apa saja?

Daging ayam tanpa kulit, daging sapi panggang, keju rendah lemak, tahu dan tempe.

Well, untuk variasi coba deh kamu bikin resep ayam tim jahe, resep chicken popcorn with cucumber sauce, atau resep ayam goreng jinten.

3. Dark chocolate mengandung Magnesium yang bagus untuk meningkatkan antibodi

Mengapa dark chocolate dibilang lebih menyehatkan dibanding cokelat lainnya?

Karena kandungan dalam dark chocolate lebih banyak kakao murni, sekitar 35-85%. Dark chocolate pun nggak dicampur dengan susu dan sedikit gula. Itulah mengapa, dark chocolate rasanya lebih kuat dan pahit dibanding cokelat biasa.

Salah satu kandungannya adalah magnesium yang berjumlah 140-150 mg. Nah, magnesium ini bisa meningkatkan antibodi dan melawan penyakit.

Tapi, bukan berarti kita bebas mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah yang banyak ya. Karena dalam dark chocolate terkandung kalori tinggi serta kafein juga lemak. Batas normal konsumsi per hari itu 40gr.

Di masa karantina untuk virus corona ini, resep brownies kukus untuk camilan di rumah juga bisa untuk buka puasa.

4. Vitamin C dalam buah-buahan citrus, koentji nutrisi baik untuk meningkatkan imunitas tubuh

Hayo pada tau nggak citrus?

Jadi, citrus adalah marga untuk buah-buahan seperti jeruk nipis, lemon, jeruk bali, jeruk dan aneka jeruk lainnya. Buah-buahan citrus adalah sumber antioksidan, vitamin dan nutrisi yang baik.

Pastikan untuk menyediakan buah-buahan citrus ya di rumah untuk meningkatkan imunitas tubuh.

5. Yogurt untuk kesehatan usus

Kandungan yogurt itu kaya akan probiotik, bakteri baik yang baik untuk kesehatan usus.

Berdasarkan study yang dipublish di bulan Mei 2017 di Nutrients, mengonsumsi yogurt tiap hari bisa meningkatkan fungsi imunitas karena yogurt bisa meningkatkan produksi antibodi di tubuh dalam melawan virus.

Pastikan dalam mengonsumsi yogurt tidak menambahkan gula, ya.

Beberapa resep kreasi yogurt praktis ini bisa kamu lakukan tiap hari.

Selain lima mengonsumsi makanan di atas untuk meningkatkan imunitas tubuh, beberapa hal simpel ini bisa pun kamu lakukan.

  • Keep eating, mau makan ya makan, nggak perlu ditahan-tahan, ya.
  • Sebisa mungkin sedikit mengonsumsi gula dan lemak. Bisa diganti dengan mengonsumsi madu yang sangat baik untuk kesehatan.
  • Konsumsi banyak air mineral. Pastikan dalam sehari tubuhmu mengonsumsi air mineral. Kalau jus? Hmm menurut para ahli, dalam jus juga terkandung gula baiknya tidak tiap hari.

Tak kalah penting juga dalam menampung informasi yang beredar di media sosial maupun WAG, kita perlu tau hal yang benar. Kalau saya memilih halodoc sebagai sumber informasi terpercaya tentang kesehatan.

Di halodoc, kamu bisa konsultasi gratis dengan dokter berbagai bidang ilmu. Eh, nggak hanya itu mau membeli obat dan vitamin pun bisa, dan yang paling saya sukai ada banyak artikel kesehatan yang tidak menyesatkan. Sangat membantu memilah mana yang benar dan hoax.

Kamu nggak perlu repot buka halodoc via website, karena ada aplikasinya yang bisa diunduh di Android maupun iOS. Jadi, sambil rebahan kamu bisa membaca artikel kesehatan, belanja maupun konsultasi dengan dokter.

Semoga artikel ini membantu kamu ya dalam memilih makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Banyak resep yang bisa diolah dengan bahan-bahan di atas.

Asli, saya udah nggak tau ini hari ke berapa saya #dirumahaja. Hiks. Semoga pandemi virus corona ini segera berlalu. I miss my normal activities.

Stay safe, stay healthy, rajin cuci tangan, ya. Semangat!

5 Comments

  1. Hastira
    • ranny
    • ranny

Reply