Resep Ayam Tim Jahe – Mengembalikan Stamina Tubuh dan Selera Makan Saat Sakit

Hae …

Nggak kerasa udah #KamisMasak lagi. Perasaan baru kemarin saja ya saya share resep. *perasaan maak 😀

Pengin cerita dikit deh ide resep ayam tim jahe untuk #KamisMasak Hujanpelangi blog.

So, sejak senin kemarin si kakak sakit. Nggak batuk, flu, tapi demam terus hidungnya mampet. Saya pun menganalisa apa aja sih yang udah dikonsumsi kakak seminggu sebelumnya.

Rupanya, di hari minggu kakak dibeliin es krim sama papanya. Itu hanya salah satu faktor pemicu saja untuk sakitnya ini. Tapi, di minggu kemarin kakak sempat minum es teh, makan cokelat yang lebih dari brownies bikinan saya plus susu cokelat yang mulai dikonsumsinya hampir kurang lebih sebulan.

Hingga kemarin, demam kakak belum turun juga. Jadi, kami putuskan untuk cek up ke rumah sakit.

Menurut dokter, kakak terkena radang amandel akut. Hiks … Saat buka mulut emang kelihatan sih amandelnya bengkak dan ada kotoran di rongga sampingnya itu yang menurut dokter adalah bakteri.

Baca juga : 7 Tips menyiapkan bekal untuk anak TK bagi Mama millenials

Dokter menyarankan untuk sangat menghindari dulu es, cokelat dan makanan bergaram. Untuk makanan sebaiknya konsumsi dulu yang berkuah dan mesti dihabiskan obatnya lalu kembali lagi untuk cek.

Kalau dilihat dari riwayat makanan kakak, emang cokelat itu berandil besar membuat radang amandel akut ini, dan nomor duanya itu ya es.

Memang sih yang namanya sakit radang gini makanan berkuah itu penyelamat banget. Makanya, sejak hari selasa saya membuat resep ayam tim jahe untuk anak-anak. Saya pun turut mengonsumsinya karena tubuh lagi nggak fit.

Resep ayam tim jahe ini merupakan resep andalan Mamaku kalau ada anggota keluarga yang lagi sakit. Gurihnya kaldu ayam bercampur sedikit ‘pedas’ dari jahe manjur bikin tubuh ini bugar, tenggorokkan pun terasa segar.

resep ayam tim jahe

Ayam tim jahe masakan favorit keluargaku

Dulu sempat saya bertanya dari mana awal mula resep ayam tim jahe ini, karena jauh sebelum adanya google, cookpad Mama sudah menyajikannya untuk kami.

Ternyata, resep ayam tim jahe ini berasal dari tradisi orang Tionghoa. Dan ini sering dimasak di keluarga Mama sejak kecil. Biasanya selain jahe dan bawang putih, sering juga dicampur dengan sebungkus rempah tim ayam obat.

Kalau kalian sering nonton film Cina, sering banget ya lihat mereka makan sup ayam gitu yang kelihatan gurih saat sakit. Nah, ini nih resep ayam tim jahe salah satunya yang sering wara-wiri di tv.

Setelah saya telusuri di berbagai website tentang asal mula resep ayam tim jahe atau ayam tim obat, rupanya di tradisi negeri tirai bambu, mengonsumsi ramuan olahan ayam kampung yang dicampur dengan berbagai macam ramuan herbal disebut “Cia po”. Cia dalam bahasa Cina artinya makan, po artinya energi.

Dan tradisi Cia po ini sering didefinisikan sebagai proses menjaga juga mengembalikan stamina tubuh dengan mengatur pola makan.

Nah, resep ayam tim jahe ini merupakan salah satu cia po yang sudah terkenal sejak turun-temurun di kalangan Tionghoa. Bahkan ada loh di Solo rumah makan namanya Cia Po Solo yang salah satu menunya ayam tim jahe.

Sebenarnya di resep ayam tim jahe harus menggunakan ayam kampung biar khasiatnya lebih terasa, tapi berhubung saya nggak nemu maka ayam daging bagian dada dan sayap pun sebagai penggantinya.

Biar nggak penasaran, kuy resep ayam tim jahe hanya dengan tiga bahan saja!

Resep Ayam Tim Jahe

resep ayam tim jahe2

Ayam tim jahe

Bahan-bahan ayam tim jahe :

3 siung bawang putih – digeprek nggak perlu dihaluskan

2 ruas jahe – digeprek

Ayam kampung

Air

1 sdm minyak goreng

Garam

Cara membuat ayam tim jahe:

  1. Potong ayam sesuai selera.
  2. Tumis jahe dan bawang putih hingga harum. Gunakan api kecil biar nggak hangus.
  3. Masukkan ayam, aduk rata.
  4. Tuangkan air. Tutup hingga matang (kurang lebih 30 menit biar dagingnya empuk).
  5. Masukkan garam, koreksi rasa.
  6. Angkat, sajikan.

*Catatan :

– Untuk resep ayam tim jahe ini saya pakai ayam daging ya, tapi sebisa mungkin pakai ayam kampung.

– Jika masih ada sisa, panaskan dulu lalu masukkan ke kulkas. Esok hari bisa dipanaskan.

– Minyak goreng sebisa mungkin nggak lebih dari 1 sdm, ya. Agar gurihnya lebih terasa.

Saya suka banget saat ayam tim jahe ini mulai matang. Uap yang menguar itu sungguh harum, bikin lapar! Kalau sekilas memang ini mirip ayam hainan. Beda-beda tipis gitu.

Perpaduan gurihnya kaldu dan jahe itu bikin tubuh terasa segar. Apalagi yang kalau lagi sakit flu, duh ini mah makanan yang membuat selera makan balik.

resep ayam tim jahe3

Perpaduan gurih dan jahe bikin selera makan balik

Nggak butuh level masak yang mumpuni untuk menyajikan resep ayam tim jahe ini. Siapa pun bisa bikin. Modal geprek dan cemplung doang ini mah.

Resep ayam tim jahe ini penyelamat untuk mengembalikan stamina tubuh. Nggak repot bikinnya, bahannya murah meriah, dan yang terpenting sih kalau ada anggota keluarga sakit masakan rumah itu salah satu obat yang manjur. Trust me. 😉

Nah, kalau kamu sudah pernah mencoba resep ayam tim jahe belum?

resep ayam tim jahe4

Kuah ayam tim jahe bisa banget untuk MPASI

Boleh banget nih dicoba atau dishare ke keluarga, teman, pacar, saudara yang lagi butuhin. Eits, untuk menu MPASI kuahnya ini bisa dipakai loh.

Besok sepertinya saya mau bikin satu olahan lagi, andalan saya juga kalau anak lagi sakit dan sudah menjadi favorit! Hehehe … Resep dari Mama juga nih. 😀

Baca juga : Resep telur dadar crispy – renyah dan mudah bikinnya

Semoga semuanya pada sehat, ya. Ini alhamdulilah demam kakak udah turun tinggal sembuhin radangnya.

Kalau ada yang udah coba resep ini, mau dong ditag ke saya di Instagram, Twitter atau Facebook, ntar saya repost di IG story-ku dan bakal di highlight ;).

See you …

9 Comments

    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply