healthy and food blogger solo

 

A healthy life not only changes your body, it changes your mind, your attitude and your mood.

Hola …

Selamat datang di Hujanpelangi Blog.

Perkenalkan, nama saya Ranny Afandi yang biasa dipanggil Mbak Ran, Mak Ran, Mbak Ranny, Ranny. Saya lahir dan besar di Indonesia timur, tepatnya di kota tinutuan, Manado.

Kedua orang tua saya bukan berasal dari suku asli di Sulawesi Utara. Istilahnya peranakan lah *halah. Papa turunan Jawa-Terante-Pakistan, Mama pure Cina. Harusnya kalau dilihat dari turunannya, wajah saya mesti blasteran banget ya. Minimal mirip Claudia Lynx atau Song Hye Kyo *ngarep tingkat dewa. Too bad, karena mungkin anak bontot jadi percampurannya jadi kacau sehingga nggak nampak Pakistan maupun Cina. *nasibb

This is me πŸ˜€

Basic pendidikan itu agribisnis tapi malah kerja di perusahaan media cetak terbesar di kota Manado yang juga anak perusahaan Jawa Pos Grup. Selama hampir empat tahun saya bekerja di Manado Post sebagai admin iklan.

Sekarang ini selain ngeblog, saya juga suka menulis di berbagai website seperti Rocking Mama (kontributor tetap, pernah juga menjadi content editor) – Rula – Hipwee. Alhamdulilah suka dapat job mendadak sebagai editor buku. Dan pekerjaan tetap selain manager keuangan dan operasional rumah tangga adalah tukang bikin konten untuk salah satu brand UKM dari Bandung, Giwing (silahkan ceki di IG @giwing.official dan Fanpage Giwing Official). Plus tukang foto beberapa produk.

Tentang Hujanpelangi Blog – Healty and Food Blog

Hayo pada kepo nggak kenapa nama blog saya ini? πŸ˜€Β 

Jadi, saya tuh pecinta hujan. Bisa dilihat semua akun media sosial saya pada pakai ‘rainy’ di belakangnya. Kenapa suka hujan? Errr, ya suka aja. *dilempar sandal

Nah, sewaktu memilih nama blog, asli kepikiran pertama kali itu hujansenja, syahdu banget bacanya. Hanya saja, saya lebih memilih pelangi di belakangnya karena hujan selalu jalan bareng dengan pelangi. #eaaaa

Saya mulai ngeblog sejak tahun 2003. Yah, seperti pada umumnya blog awal itu isinya curhat saja. Dan I’m happy with it, karena saya bisa kenal dengan banyak orang. Terus di tahun 2011 saya mulai beralih ke dotcom.

Awal Hujanpelangi Blog itu isinya tentang lifestyle, palu gada (apa lo cari gue ada) banget lah. Tapi, makin ke sini setelah mengenal dengan creative content – algoritma google yang nyebelin – SEO yang bikin sakit kepala tapi tetap mesti belajar, saya mulai mengerucutkan topik ke kesehatan dan makanan (mulai tahun 2016).

Saya sangat concern banget dengan dua topik ini. Karena, saya pengin berbagi dengan pembaca tentang hal-hal seputar kesehatan yang saya alami ataupun hasil riset (bukan karena cici saya seorang dokter loh, ya). Saya juga suka banget masak dan mencoba berbagai resep. Sejak tahun 2015 saya juga mulai belajar tentang food photography dan ternyata ilmunya sangat membantu dalam membuat konten blog.

Untuk makanan, saya cenderung menulis resep untuk pemula, resep praktis mulai dari bahan hingga cara pembuatan dan berusaha banget menjelaskan step by step. Karena selama ini suka dapetin resep yang ‘pelit berbagi’, itulah mengapa saya sangat berusaha merinci benar tiap resep dan pastinya sudah diuji coba dulu di dapurku.

Demografi Pembaca Hujanpelangi Blog

 

 

Data di atas berdasarkan Google Analytic. Jadi, pembaca blog saya ternyata sebagian besar itu laki-laki. Jumlahnya beda 9% dengan perempuan. Sedangkan, umur pembaca itu yang paling tinggi ada di kisaran 25-34 tahun. Bisa disimpulkan umur terbanyak ada di range 18-34 tahun.

Dari range umur ini, saya senang banget karena topik blog ini tentang kesehatan dan makanan, besar harapan saya para milenials dan generasi Z memiliki kesadaran sejak dini akan pentingnya hidup sehat. Nggak hanya itu, semoga resep-resep di blog ini bisa membantu pembaca untuk menyajikan masakan rumahan yang murah meriah dan nggak ribet.

Partnership di Hujanpelangi Blog

Hujanpelangi Blog menerima partnership dalam bentuk review produk, makanan, maupun restoran. Dan saya sangat mengutamakan yang berhubungan dengan kesehatan, makanan, dan parenting (di mana bisa saya related-kan dengan topik utama).

Untuk tanya-tanya tentang hal ini dan rate card, bisa e-mail ke : ranny.afandi@gmail.com

Saya juga mau bekerja sama dalam bentuk foto produk. Khusus untuk teman-teman yang memiliki usaha RUMAHAN di bidang makanan dan minuman, feel free to contact me untuk foto produk dan akan di uplod di Instagram saya (feed, highlight) dan Facebook secara GRATIS.

Okay, semoga perkenalan singkat ini bisa membuka kesempatan untuk bersilaturahmi, ya. Bagi teman-teman pengin ngasih saran atau kritik bisa e-mail ke saya.

Harapan saya sih nggak muluk-muluk, semoga tetap sehat dan terus berbagi dengan teman-teman.

Stay healthy, ya.

XoXo,

Ranny

Social MediaΒ 

Facebook – Ranny Afandi

Twitter – @rannyrainy

Instagram – @rannyrainy

G+ – Ranny Afandi

Fanpage Facebook Hujanpelangi Blog