Resep Pesmol Ikan Nila – Variasi Menu Harian

Holaa … Udah bulan Januari 2020 nih. Anyway, selamat tahun baru, ya. Semoga di tahun baru ini bisa lebih baik dari tahun kemarin. ((AMIN))

Rasanya sudah lewat sepuluh purnama tidak update resep. Hiks. Ternyata konsisten itu nggak mudah, gan! Resep pesmol ikan nila ini sudah ngedon lumayan lama di folder. Foto-foto resep pesmol ikan nila ini sudah selesai diuplod di Instagram, etapi belum juga publish di blog.

resep pesmol ikan nila3
Resep pesmol ikan nila

Sedikit cerita, resep pesmol ikan nila ini pertama kali lihat di Instagram mbak Anitajoyo. Yup, foodstagram favorit saya. Sudah pernah saya share di Igs sampai direpost juga sama Mbak Nita untuk resep pesmol ikan nila ini.

Pertama kali bikin, semacam gambling lah. Bumbu resep pesmol ikan nila ini 11-12 dengan gulai ikan. Bedanya nggak pakai santan saja dan di resep pesmol ikan nila ini ada sayurannya.

Setelah dimasak, suami suka resep pesmol ikan nila ini! Dan rasanya pun oke, pas menurutku. Enaknya masak resep pesmol ikan nila ini, sekali jalan udah ada lauk sama sayuran. Nggak rempong lah saya untuk bikin sayuran lagi.

Baca juga : Resep chicken popcorn cucumber sauce

Pernah sekali waktu, saya bikin agak lebih ikannya. Sudah matang, saya langsung angkat sisihkan untuk anak-anak. Nah, cabainya saya masukkin setelah itu.

Di lain hari, resep pesmol ikan nila ini saya kreasikan dengan menambahkan tahu. Ih enak jugak! Sekali masak, bisa banyak.

Penasaran dengan resep pesmol ikan nila ini? Yuk, cuss dicatat resep ini.

Resep Pesmol Ikan Nila

resep pesmol ikan nila

Bahan-bahan :

2 ekor ikan nila (saya potong jadi dua, bersihkan)

½ potong timun, dipotong ala korek api

1 buah wortel, dipotong ala korek api

5 cabai rawit merah, diiris sesuai selera bisa juga utuh

2 serai, dipotong jadi dua lalu memarkan

5 siung bawang merah, saya potong jadi dua bagian per siung

5 cm legkuas, memarkan

1 jeruk nipis untuk kuah pesmol

500 ml air

Rendaman ikan :

1 buah jeruk nipis

Garam

Bumbu halus :

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 ruas kunyit bisa juga pakai bubuk kunyit

1 ruas jahe

5 butir kemiri, disangrai

Cara masak :

  1. Ikan nila dibalur dengan garam dan perasan air jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 15 menit. Lalu, goreng hingga matang. Sisihkan.
  2. Haluskan bahan bumbu halus semuanya. Saya haluskan pakai chopper, setelah agak halus, saya tuangin minyak sedikit lalu dihaluskan lagi.
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan lengkuas, serai. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan air lalu ikan.
  5. Air udah meletup, masukkan timun – wortel – cabai – bawang merah. Masukkan garam, gula pasir, air jeruk nipis. Koreksi rasa. Kecilkan api.
  6. Biarkan air menyusut (diukur saja sesuai selera).
  7. Matikkan api, angkat dan sajikan.

*Catatan :

– Ikan nila bakal lebih empuk jika digoreng. Baluran jeruk nipis juga garam lebih terasa.

– Bisa juga ikan nila dimasukkan terakhir. Tapi, selama berapa kali masak ikan nila dimasukkan di awal, nggak hancur kok dagingnya. Ikan nila bisa juga diganti gurame.

– Mau tambahkan tahu goreng bisa, sebelumnya tahu digoreng terlebih dahulu.

– Apabila pakai bubuk kunyit, dituang saat menumis bumbu halus.

– Cabai dipotong-potong lebih nampol pedasnya.

Baca juga : Resep ayam tim jahe

Resep pesmol ikan nila ini nggak ribet walaupun bumbu halusnya banyak. Karena, tinggal dihaluskan pakai chopper saja. Saya pernah coba kemiri nggak disangrai, ternyata lebih enak jika disangrai.

resep pesmol ikan nila2

Jika ingin disajikan untuk anak-anak resep pesmol ikan nila ini nggak usah pakai cabai. Atau kalaupun mau pakai, ya kayak yang saya jelaskan di atas. Cabai di masukkan saat terakhir saja.

Memang sih untuk variasi menu harian keluarga butuh tenaga untuk mencari resep dan memasaknya. Betul buibu? Hehehe …

Semoga resep pesmol ikan nila ini membantu ya bagi kamu yang mentok ide untuk masak.

So, ada yang udah pernah coba masak resep pesmol ikan nila?

Ide resep menu harian lainnya :

Resep telur dadar crispy

Resep sayur rica rodo khas Manado

2 Comments

    • ranny

Reply