Resep Telur Dadar Crispy – Renyah dan Mudah Banget Bikinnya

Holaa …

Back again di #KamisMasak di Hujanpelangi Blog. ~ Ihiiy, barangkali ada yang bingung ngapain pulak mamak nih pakai hestek segala. πŸ˜€ Jadi, setelah semedi *ahay dan melihat postingan masakan itu ternyata saya publish di hari Kamis, so muncullah ide untuk bikin hestek #Kamismasak di blog ini.

Untuk apa? Biar saya tambah semangat, rajin masak, cobain resep ini itu dan sharing ke teman-teman semua. Uwuwuw πŸ˜€ hehehe Doain ya semoga mamak istiqomah, nggak ada deramah mood lah atau apalah-apalah *heh. Dan mulai minggu ini, saya kembali lagi bikin video resepnya.

Di #KamisMasak minggu kedua Oktober ini saya mau sharing resep telur dadar crispy yang super duper gampang, nggak butuh bahan banyak dan pasti hasilnya enak renyah kriuk-kriuk dah. Trust me! Resep ini udah berkali-kali dibikin di dapurku, jadi andalan untuk bekal anak ke sekolah plus laris manis dihabisin kakak dan temannya. *besok buka catering aja nih πŸ˜€

Ide resep telur dadar crispy ini sudah pernah saya ceritakan di postingan beberapa bulan lalu. Yha, resep ini sudah pernah saya ikutkan di salah satu lomba masak dan kalah dong ahahaha … Short story, resep telur dadar crispy ini datangnya dari Mama.

resep telur dadar crispy2

Resep telur dadar crispy iden awal dari Mama

Satu waktu, saat lagi teleponan Mama cerita habis nonton acara masak dan salah satu resepnya itu ya resep telur dadar crispy ini. Mama hanya menceritakan bahan plus cara bikinnya. Dan saya rasa ini mah cincay bingits, soale saya udah khatam dengan segala variasi telur dadar. *songong di blog sendiri mah gpp yes :p

Dan pertama kali bikin resep telur dadar crispy ini beberapa bulan lalu saat lagi di rumah Mama. Beneran langsung ludes. Anak-anak suka, gitu juga orang rumah. Dicocol sambal-saus tomat-mayonese duh enak bener. Bisa juga disetok.

Biar nggak lama dan kalian penasaran sama resep telur dadar crispy ini, cusss dah dicatat, disave or diskrinsut juga monggo.

Resep Telur Dadar Crispy

resep telur dadar crispy

Resep Telur Dadar Crispy

Bahan telur dadar :

2 butir telur

2 sdm tepung terigu

50 ml air

1 potong sosis (potong kecil-kecil)

ΒΌ wortel diparut memanjang

Kaldu atau garam

Bahan untuk dibalur :

Tepung panir

2 butir telur

Cara memasak :

  1. Campur semua bahan telur dadar hingga merata.
  2. Panaskan teflon, masak di api kecil biar matang seluruhnya.
  3. Setelah matang, dinginkan sekitar 15 menit.
  4. Potong-potong telur dadar sesuai selera.
  5. Balur potongan telur dadar di telur – tepung panir – telur – tepung panir hingga habis.
  6. Panaskan minyak goreng di wajan, lalu set di api kecil. Masak hingga kecokelatan.
  7. Sajikan

*Catatan :

– Agar terigu tidak menggumpal, saya biasanya mengaduk air dan tepung di gelas. Setelah tercampur rata baru dituang ke dalam adonan telur.

– Sosis bisa diganti dengan apa saja, nggak ada pun nggak masalah.

– Bisa juga ditambahkan daun bawang.

– Lebih enak kalau ada wortel.

Hayo, super duper mudah yekan resep telur dadar crispy ini? Agak lama di balur tepung panir dan telur saja sih. Kenapa harus dua kali balur? Agar tepungnya melekat sempurna dan bisa dibentuk.

Resep telur dadar crispy3

Renyah dari tepung panir ini khas banget

Saya kemarin bikin variasi model digulung, enak juga. Kalau mau nyetok untuk bekal anak, setelah dibalur tepung panir dan telur langsung dimasukkan ke tempat penyimpanan kedap udara, lalu masukkan ke dalam freezer. Saat mau masak, tunggu sekitar 10-15 menit lalu digoreng.

Baca juga : Cara membuat kentang goreng renyah ala KFC

Resep telur dadar crispy ini suka banget saya sajikan sore hari. Jadi, saat anak-anak selesai main, terus mandi ya ngemil ini. Hehehe Tapi, nggak tiap hari bikinnya, beuh bisa bosan atuh mereka.

Ini juga bisa jadi alternatif loh bagi mama-mama yang nyari cemilan sehat untuk anak. Resep telur dadar crispy ini selain mudah juga menyehatkan. Ada telur dan wortel yang kandungan vitamin baik untuk perkembangan anak-anak.

Anyway, sudah pernah coba belum resep telur dadar crispy ini? Atau ada ide gitu untuk variasi telur dadar?

Yha, next saya pengin masak telur dadar geprek. Beuh ini bikin makan nasi jadi banyak hahahha …

Bhaiqlah, ini kamarku udah kayak kapal karam karena anak-anak lompat terus, bantal sama selimut pun berhamburan. Huhuhu Balada ngeblog selagi anak masih on nih.

See you di resep selanjutnya …

Selamat hari Kamis, manis. <3

6 Comments

    • ranny
  1. Hastira
    • ranny
    • ranny

Reply