Resep Sup Daging Sapi Gurih dan Mudah Bikinnya

Resep ayam tim jahe selalu jadi penyelamat kalau lagi malas masak dan sangat cocok untuk musim hujan yang nggak tau kapan berhentinya ini. Tapi, kalau tiap minggu masak itu terus bosan ya, makanya saya variasikan dengan resep sup daging sapi ini.

resep sup daging sapi2
sup daging sapi

Sekarang ini saya sih lebih selow ya, udah bisa atur jadwal kerjaan bikin ‘pundak’ ini terasa lebih ringan dan nggak emosian lagi. Terlebih menurunkan ekspektasi itu, wah emang berefek baik banget untuk kesehatan mental.

Atas jadwal-jadwal yang saya susun, berpengaruh juga dengan kegiatan masak. Saya lebih memilih menu masak yang simpel untuk anak-anak. Sedangkan untuk suami yang memang harus ada sambalnya, saya pindah jadwal masak ke siang atau sore.

Tapi, kadang kala saya masak pagian jadi suami bisa bawa bekal lebih awal. Emang sih ya perkara menu itu ‘sesuatu’ banget untuk Emak2. Betul? Hehehe

Resep sup daging sapi ini mah saya yakin favorit keluarga Indonesia pada umumnya. Apalagi masaknya nggak perlu keahlian yang mumpuni, yes. Hanya untuk merebus daging sapi yang butuh waktu.

Untuk resep sup daging sapi ini saya pakai bumbu sup iga sapi, di mana saya menambahkan pala dan cengkih agar citarasanya lebih kuat.

Yuk, cuss disimak resep sup daging sapi gurih ini

Resep sup daging sapi gurih

resep sup daging sapi

Bahan-bahan :

¼ kg daging sapi
1 buah wortel (dipotong kecil)
2 buah kentang (dipotong sesuai selera)
Daun bawang
Air
Minyak goreng
Seledri
Kaldu (saya pakai royco sapi)
Merica

Bumbu halus :

4 siung bawang merah (diiris tipis)
2 siung bawang putih (diiris tipis)
1 buah pala (digrepek kasar aja)
5 buah cengkih

Cara membuat :

  1. Rebus daging sapi kurang lebih setengah jam. Angkat, tiriskan, lalu dipotong sesuai selera.
  2. Tumis bawang merah dan putih hingga harum, jangan lupa untuk pakai api kecil dan minyak gorengnya sedikit saja.
  3. Masukkan daging, tambahkan air. Rebus hingga empuk. Estimasi kurang lebih 30-45 menit
  4. Masukkan wortel dan kentang, rebus terus hingga lembut.
  5. Tabur royco daging sapi dan merica, koreksi rasa.
  6. Apabila wortel dan kentang sudah lembut, matikan kompor. Masukkan daun bawang.
  7. Angkat, sajikan.

Catatan :

  • Bisa juga kamu potong-potong terlebih dahulu daging sapinya, terus langsung tumis dan rebus bareng bumbu.
  • Saya dua kali rebus untuk buang air pertama saja agar tidak terlalu berlemak.
  • Seledri dan bawang goreng biasanya saya taburkan di mangkuk saji.

Gimana, mudah banget yes bikin resep sup daging sapi ini? Apalagi kalau ada perkedel atau sambal teri hahaha, aduh makannya bisa banyak ini.

Well, menu masakan ini favorit keluarga saya yang nggak bosan dibikin. Saya pun bisa tinggalin bentar kompor untuk kerjakan pekerjaan lain ataupun temeni anak belajar.

Di masa sekarang ini, kalau saya sih lebih senang bikin sesuatu yang tidak bikin repot. Kalopun menu masaknya memerlukan bumbu banyak kayak resep sayur rica rodo khas Manado, saya memilih untuk masak pagian. It works!

Semoga resep sup daging sapi gurih ini membantu teman-teman ya yang mau bikin list menu masak

Btw, ada yang suka masak sup daging sapi seperti ini?

Semangat selalu untuk sajikan menu bergizi bagi keluarga.
Stay health and safety.

2 Comments

    • ranny

Reply