7 Cara Ampuh Mengatasi Mabuk Perjalanan Bus

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk travelling. Selain beli tiket kereta api, beli tiket bus gajah mungkur rute Jakarta Semarang menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin berkunjung ke Semarang.

Baca juga : 5 List kuliner legendaris di Semarang

Bus memang menjadi sarana transportasi antar kota yang murah meriah. Namun salah satu kendala yang sering terjadi adalah mabuk perjalanan. Nah, untuk kamu yang sering mabuk perjalanan, berikut ini beberapa tips jitu agar terhindari dari mabuk saat naik bus.

7 Cara ampuh mengatasi mabuk perjalanan bus ini bisa kamu coba.

Tidur yang cukup

cara mengatasi mabuk perjalanan bus

Istirahat atau tidur yang cukup memang penting untuk para pengemudi. Namun untuk penumpang juga tidak kalah pentingnya.

Tidur yang cukup harus dilakukan sebelum memulai perjalanan yang jauh. Hal ini dilakukan agar badan kamu tetap fit saat perjalanan. Tidak hanya itu saja, tidur yang cukup juga mengurangi mual dan pusing saat naik bus.

Sebaliknya, kurang tidur malahan membuat kamu mudah mual dan pusing, bahkan saat tidak dalam perjalanan sekalipun.

Jangan lupa makan

review rice bran oil

Tidak hanya tidur saja, makan juga sangat penting.

Maka dari itu, sarapan juga nggak boleh ketinggalan. Ada berbagai menu piring seimbang yang bisa kamu coba loh apabila mentok ide masak.

Apabila kamu melakukan perjalanan dalam bulan puasa, maka jangan lupa untuk sahur. Hal ini dilakukan agar energi kamu tetap ada dan selalu bugar sepanjang perjalanan.

Pilihan makan saat sarapan lebih baik hindari makanan berlemak. Sangat penting untuk memilih makanan yang tidak terlalu berat. Hal ini dilakukan agar rasa mual bisa diminimalisir.

Pilih tempat duduk di tengah

cara mengatasi mabuk perjalanan bus2

Dalam pemilihan tempat duduk lebih baik memilih di bagian tengah dan alangkah baiknya menghindari bagian sekitar roda agar tidak mabuk saat naik bus.

Pasalnya, duduk di bagian tengah akan mengurangi guncangan bus. Guncangan yang semakin jarang itulah akan mengurangi rasa pusing dan mual di dalam bus.

Sebaliknya, goncangan di dalam bus akan semakin terasa di bagian tempat duduk sekitar roda dan bagian belakang. Semakin sering goncangan, maka rasa pusing dan mual akan semakin sering terjadi.

Pilih tempat duduk di samping jendela

cara mengatasi mabuk perjalanan bus3

Duduk dekat jendela memang syurga, setujuu?

Selain bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, juga menjadi cara ampuh untuk mencegah mabuk perjalanan. Terlebih lagi, saat bus melewati area persawahan, usahakan untuk mengalihkan pandangan ke arah yang sangat jauh.

Alangkah baiknya, kamu bisa memandang melalui kaca depan sehingga lebih melihat pada arah jalan. Pasalnya, melihat objek yang jauh akan lebih baik dibandingkan objek dekat. Objek dekat bisa menyebabkan pusing.

Baca juga : Soto Triwindu – Soto legendaris kota Solo

Hindari membaca buku atau menggunakan smartphone

cara mengatasi mabuk perjalanan bus4

Memang membaca buku atau menggunakan smartphone menjadi cara terbaik untuk menghindari kebosanan saat perjalanan. Namun ada beberapa orang menjadi pusing setelah membaca buku atau menggunakan ponsel pintar mereka saat naik bus. *ngacung

Saya paling nggak bisa membaca buku hingga membaca di smartphone selama perjalanan darat. Selalu pusing. Itulah mengapa, saya suka slow respon kalau lagi di jalan.

Namun, ada juga orang yang tidak merasakan pusing sama sekali saat melakukan kedua aktivitas ini.

Bagi kamu yang memang merasakan pusing saat membaca buku atau menggunakan smartphone, lebih baik segera tinggalkan keduanya. Hal ini untuk mencegah pusing semakin parah.

Gunakan minyak angin atau essential oil

cara mengatasi mabuk perjalanan bus5

Bagi sebagian orang, minyak angin atau essential oil menjadi barang wajib yang dibawa saat bepergian. Pasalnya, benda tersebut menjadi cara terbaik untuk mencegah mabuk perjalanan.

Saat pusing melanda, biasanya mereka akan menghirup aromanya, terapi ini memang menjadi cara jitu untuk mengusir mual dan pusing.

Ada juga beberapa orang yang tidak terlalu suka dengan aroma minyak angin. Bahkan, mereka bisa merasakan pusing saat mencium aroma yang tajam. Kalau yang seperti ini solusinya bisa gunakan essential oil lavendel atau peppermint.

Bagi kamu yang ingin menggunakannya, perhatikan area sekitarmu apakah ada yang merasa mual atau tidak.

Tidur selama perjalanan

Tidur selama perjalanan menjadi cara paling ampuh selama naik bus.

Kebanyakan orang yang mengonsumsi obat anti mabuk biasanya memang mudah untuk tidur. Rasa kantuk memang reaksi alami dari obat tersebut.

Dengan tidur, rasa pusing dan mual tidak akan timbul selama perjalanan. Namun jika memang kamu ingin tidur selama perjalanan, pastikan menyimpan barang – barang kamu dengan aman.

Selain itu, beritahu juga akan tujuan perjalanan kamu. Dengan begitu, tujuan akhir bus juga tidak akan terlewatkan. Kamu bisa memberitahu orang sebelah atau supir bus. 

Kalau ditanya saya sering melakukan yang mana dari tujuh poin di atas? Saya lakuin semua. Hehehe … Alhamdulilah nggak ada deramah mabuk perjalanan lagi.

Semoga artikel saya ini membantu teman-teman ya dalam mengatasi mabuk perjalanan bus.

Stay healthy. <3

Reply