3 Ide Menu Masakan Untuk Berbuka dan Sahur – Mudah, Murah dan Praktis!

Entah kenapa setiap kali bulan puasa, saya seperti memiliki tenaga ekstra untuk memasak. Berasa kayak Wonder Woman gitu. *ehem

via GIPHY

Pokoknya ada saja ide menu yang popping out from my head dan pengin dibikin.

Kalau nggak menu baru, ya bikin kue atau pudding.

Pas awal puasa, lihat teman-teman food photographer pada kompak bikin pudding brownies, ya saya dong ikutan bikin. Abis gampil banget sih. Dan anak-anak suka!

Pudding brownies ini karena laku, saya bikin sampai dua kali. πŸ˜€

pudding brownies

Pudding brownies yang laku banget di rumah.

Selain pudding brownies, saya juga jadi rajin bikin cake untuk buka puasa. Nggak ketinggalan dong, Abang pun rajin banget bikin es buah tiap dua hari sekali.

Eits, menu di rumah juga selain dari hasil β€˜mengkhayal’ saya hehehe, Abang pun turut menyumbang ide-ide masakan. Unch, love you sayong! <3

Tau nggak, saking bergizi nih menu selama bulan puasa, pencernaan yang biasanya dua atau tiga hari sekali, selama bulan puasa jadi tiap hari. πŸ˜€ Dah kayak jalan tol dah, lancar jaya.

Kalau teman-teman biasanya sudah nyetok berbagai macam bumbu, juga list menu selama sebulan penuh. Saya kali ini nggak. Lebih prefer nyetok bahan untuk memasak seperti daging, ikan, sayuran.

Sebenarnya baik juga udah ada list menu, ya. Tapi, ya itu saya suka random bikin menu, apalagi Abang juga suka rikwes tiba-tiba. Dan, alhamdulilah puasa kali ini dapat kiriman rendang dari mama mertua. *yiaay

Bulan Puasa Harus Tetap Sehat Dengan Menu yang Bergizi

Kita harus bersyukur tinggal di Indonesia karena waktu berpuasa itu sekitar 13-14 jam sedangkan di negara lain tuh ada yang 16-22 jam.

Nah, selama rentang waktu tersebut tubuh kita sudah pasti melakukan aktivitas seperti biasa yekan. Nggak berarti puasa itu tidur-tiduran saja dari pagi hingga buka. *duh

Otomatis, tubuh orang berpuasa itu akan mengalami penyesuaian kondisi. Oleh karena itu, saat berbuka dan sahur, kita wajib untuk mengonsumsi makan sehat dan gizi seimbang.

Untuk menu piring seimbang ini udah pernah saya bahas di postingan sebelumnya. Well, biar nggak lupa saya uplod lagi dah fotonya.

menu piring gizi seimbang8

So, ada baiknya memang menu untuk berbuka itu mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan serat. Terserah dah kalian mau masak apa tapi harus ada kandungan semua gizi tersebut dalam menu.

Tapi, kebiasaan kita yang menahan dahaga dan lapar selama belasan jam, ketika berbuka langsung main hantam dah semua makanan dan minuman. Nah, ini bisa bikin masalah pencernaan loh.

Makan bertahap saja biar sistem pencernaan itu nggak kaget dengan makanan yang dikonsumsi.

Kalau organ tubuh di perut bisa ngomong, pasti dah mereka udah ngomel saat kita makan dan minum yang banyak banget saat buka. πŸ˜€

Efek makan banyak sewaktu buka selain akan ada masalah pencernaan, kita menjadi malas gerak dan akhirnya nggak sholat deh. Hayoo, mosok udah puasa seharian nggak sholat magrib.

Untuk menghindari hal tersebut, saya lebih suka minum air putih atau teh manis hangat saat berbuka dan kurma atau cake. Lalu, lanjutin sholat baru makan. Tapi, biasanya minum teh sama kurma atau cake aja udah kenyang. Makan besar sehabis tarawih.

Sedangkan untuk sahur, saya lebih anteng makannya. Biasanya porsi nasi sedikit, lauk banyak plus minum vitamin. Kadang hanya makan buah saja.

3 Ide Menu Masakan Rumahan Khas Ramadhan yang Bergizi ala So Good

Salah satu kebiasaan keluargaku, tiap bulan itu nyetok So Good Nugget Ayam Dino original. Yup, udah bisa ditebak itu rikwes dari siapa. Pokoknya mesti Dino! Bhaiqlah …

So thankful banget adanya So Good Siap Masak ini, asli jadi lebih banyak kreasinya loh bikin menu. Apalagi varian So Good Siap Masak ini buanyaaak banget, jadi gak ada tuh yang namanya habis ide masak. Hehehe …

Sampai ada kejadian annoying dengan So Good ini.

Short story, saya berdiri lama di depan freezer So Good ini karena bingung mau pilih yang mana untuk dibeli. Tiba-tiba ada suara dari samping, β€œBu, masih lama berdirinya? Saya juga mau beli.”

Duh, asli saya langsung salah tingkah!

Abang pula nyegir kuda saja dari jauh. Huh! Tanpa mikir lagi, nugget Dino langsung kubawa. Sampai di rumah saya nyesal nggak nambah daging ayam berbumbu itu. Huhuhu

Okay, back to the topic again.

Untuk menu sehat seimbang ala So Good ini sudah pernah saya bikin di postingan sebelumnya, monggo di baca di link di bawah ini, yes.

6 Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Pemulihan Sakit Maag

2 Kreasi So Good Ayam Potong

3 Kreasi So Good Siap Masak

Di bulan puasa ini, saya tertantang untuk bikin variasi lagi dari So Good Nugget Ayam Dino ini. Yakalik bosan atuh digoreng terus cocol sambal terus.

Untuk resep yang akan dibuat, saya hanya menggunakan bahan-bahan ini. Gimana, murah meriah, mudah didapat bukan?

bahan-bahan

Bahan-bahan untuk bikin 3 menu berbuka dan sahur

So, let’s cekidot resep-resep di bawah ini. Psst, as usual, resep mamak Athar mah murah meriah, praktis dan mudah!

  1. Resep Sayur Campur Bihun Nugget

So Good Sayur Campur

Di bulan puasa, sayur itu wajib ada di meja. Biar tubuh tetap berenergi dan memiliki cukup serat-vitamin selama melakukan aktivitas.

Ide resep ini mah dari menu yang sering disajikan oleh Mama. Saya kreasikan dengan menambahkan protein dari nugget ke dalam resep ini.

[seo_recipe id=”4834″]

  1. Omelet Nugget Crispy

So Good Omelet Nugget Crispy

Menu ini juarak!

Omelet a.k.a telur dadar yang selama ini saya sajikan gitu saja, kini dibikin variasi dengan bentuk crispy. Hohoho jadi favorit baru anak-anak nih!

[seo_recipe id=”4839″]

  1. Roti Isi Panggang

So Good Roti Isi Panggang

Ada roti dan bingung bikin apa, cobain deh resep yang satu ini!

Isiannya itu saya kayak omelet nugget crispy, hanya saja yang ini ditambah keju. Finishingnya dengan menggunakan sandwich toaster.

Saya kepikiran bisa dibikin jualan nih! Hahahaha

[seo_recipe id=”4840″]

Setelah bulan puasa, menu-menu ini cocok banget disajikan bergantian setiap hari. Apalagi omelet nugget crispy dan roti isi panggang itu bisa banget dibikin untuk menu sekolah anak-anak.

Mempertahankan Kebiasaan Baik Setelah Bulan Puasa

so good menu

Satu hal yang saya sudah niatkan adalah mempertahankan kebiasan baik selama bulan puasa ini. Yaitu, menyajikan menu rumahan setiap hari!

Ini benar-benar tantangan bagi saya, karena harus memerangi kemalasan yang kadang godaannya sulit dilenyapkan! Hiks …

Anyway, alhamdulilah puasa tahun ini berjalan lancar, nggak ada drama sakit. Dan alhamdulilah juga, saya bisa Lebaran bareng keluarga di Manado.

Eits, si Kakak udah mulai puasa juga loh tahun ini dan sudah hafal doa berbuka puasa juga. I’m so happy …

Semoga, kita semua diberi kesehatan dan umur oleh Sang Empunya Hidup untuk bisa ketemu lagi di puasa tahun depan, ya. (((AMIN)))

Yuk, berbagi cerita menu berbuka dan sahur ala keluarga kamu dong di kolom komen. ^^

6 Comments

    • ranny
  1. Phie
    • ranny
    • ranny

Reply