6 Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Pemulihan Sakit Maag

Sudah menjadi ‘default setting’ kalau manusia itu suka banget mengulangi hal-hal yang membuat diri mereka sakit.

Nggg …

Bentar masih nggak mudeng?

Begini, saya mengambil contoh kasus yang terjadi beberapa minggu lalu, ya.

Saya ini pecinta sambal garis keras! Ditambah memiliki suami pecinta sambal, jadi saya nggak kesulitan lah soal masakan. Satu yang pasti, sambal itu wajib ada di meja makan! Bisa emang sehari nggak makan sambal tapi besoknya pasti saya cari lagi.

Nah, makan sambal ini pemicu sakit maag saya. Sudah beberapa kali maag kambuh dan sakit perut melilit karena kelebihan makan sambal. Karena perut udah nggak tahan dengan sambal yang pedas banget, saya pun mengurangi untuk mengonsumsinya. I mean, level pedasnya diturunin. Hehehe …

Lalu, tiba hari itu.

Sekitar pukul dua dini hari, saya tiba-tiba terbangun dengan perut melilit pengin BAB. Langsung lah saya buru-buru ke kamar mandi. Dan, ketika duduk di kloset, perut ini makin melilit dan saya nggak bisa BAB. Keringat bercucuran, perut terasa diremas-remas. Nggak sampai di situ, saya pun muntah karena nggak tahan sakitnya.

Saya teriak minta tolong ke Abang, buru-buru pun dia masuk ke kamar mandi dan kaget melihat posisi saya udah sujud di lantai sambil memegang perut. Abang menggiring saya kembali ke kamar, tapi perut masih sakit dan kaos sudah basah dengan keringat.

Kalian tau nggak, saat itu saya sampai berpikir, “Apa saya mau mati nih?”

Tapi, saya menyingkirkan pikiran itu. No, I won’t die! I still want to see my kids growing up, I want to spend more time with Abang. Yes, I said it to myself. Dan saya berjuang melawan sakit itu.

Segera Abang ambil obat maag dan air. Sekitar lima menit, perut agak sedikit tenang dan saya kembali masuk ke kamar mandi untuk BAB.

Setelah selesai BAB, sakit itu hilang tapi masih menyisakan sedikit rasa nggak enak di perut.

Saya pun mulai mengingat lagi apa yang dimakan di hari itu. Hmmm, saya makan ayam geprek dan sambal.

Huft …

See, itulah kenapa saya bilang sudah ‘default setting’ manusia itu suka menyakiti diri sendiri dengan hal-hal yang dia sudah tau terlarang.

So, saya kudu piye? Sambal is my life. Makan terasa hambar kalau nggak ada itu. Hiks …

Saya pun memutuskan untuk mengubah pola makan kalau nggak pengin berakhir di rumah sakit. Atau merasakan sakit itu lagi. No, I WON’T!!

Beklah, saatnya menyisingkan lengan baju dan mulai meracik menu sehat seimbang demi masa depan bebas sakit maag!

Menu Piring Gizi Seimbang

Menurut panduan ahli gizi sebaiknya setiap makan di piring kita berisi karbohidrat, protein, sayur dan ditambah dengan buah. Tapi, seringkali saya tuh suka skip salah satu kayak nggak ada buah atau sayur.

Kalau nggak seimbang, seringkali berdampak ke masalah pencernaan, ya. Lagian, kalau salah satu komponen dikonsumsi secara berlebihan pun nggak baik. Sebagai contoh nih, sayuran itu sumber gizi dan vitamin yang baik tapi kalau kelebihan mengonsumsi sayuran hijau bisa menimbulkan asam urat.

Nggak percaya? Coba deh konsumsi setiap hari selama sebulan kemudian cek asam uratnya. Saya mah haqul yakin pasti angkanya ada kenaikan. Karena saya sudah merasakannya. Hehehe …

Itulah mengapa penting banget ya, menu piring gizi seimbang. Tapi, berapa persen sih tiap komponen harus ada dalam tiap piring.

Nah, jawaban ini saya temukan di SO GOOD loh.

Kok bisa? Ya bisa laaah …

Dalam artikel di website So Good tentang menu piring gizi seimbang, di situ ada foto yang menunjukkan berapa persen sih karbohidrat, protein, sayuran di tiap piring. Coba lihat foto di bawah ini.

menu piring gizi seimbang

Sumber : sogood.id

Nah, kalau diterjemahkan seperti ini.

menu piring gizi seimbang8

Jelas banget bukan, kalau kita mesti bisa membuat menu gizi seimbang untuk dikonsumsi tiap hari demi kesehatan. Tapi, perlu digarisbawahi besarnya gizi di tiap orang itu berbeda-beda tergantung umur, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan.

Pengetahuan baru yang saya dapatkan tentang menu piring gizi seimbang ini membuat saya termotivasi untuk mengubah pola makan selama ini. Saya belajar untuk membuat menu yang seimbang.

Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang So Good ala Ranny’s Kitchen

Kalian pasti bertanya, kok saya bikin menu piring gizi seimbang pakai So Good sih? Kan frozen food termasuk junk food!

Kalau menurut saya produk So Good ini bukan termasuk junk food. Memang sih cara penyajian cepat tinggal digoreng sama kayak junk food, tapi perlu digarisbawahi untuk produk ini memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral loh. Sedangkan junk food itu adalah makanan nggak sehat dan memiliki sedikit kandungan gizi bahkan nggak ada sama sekali.

Nggak hanya kandungan gizi, vitamin dan mineral yang ada di dalam produk So Good, pengemasannya pun sangat baik. Ada nomor BPOM yang meyakinkan saya bahwa semua produknya ini telah lulus uji coba, nggak ada bahan berbahaya di dalamnya. Dan ada logo halal dari MUI.

Satu hal yang saya yakini, kalau kita bisa mengolah frozen food dengan baik, nggak akan membahayakan bagi tubuh kita.

Baca juga : 3 Kreasi So Good siap masak

That’s why I choose So Good untuk kreasikan menu demi kesehatan saya.

Beklah, daripada penasaran, inilah menu piring gizi seimbang So Good ala Ranny’s Kitchen.

  1. Nasi Gulai Ayam So Good

menu piring gizi seimbang1

 

 

Gulai itu salah satu nostalgic food bagi saya. Tumbuh dan besar dengan tetangga mayoritas keturunan Arab, membuat saya akrab dengan gulai kambing. Uh, I love that smell! Aroma campuran antara jinten, ketumbar, cengkih, pala, kunyit itu sungguh menggugah selera.

Resep dasar gulai kambing kali ini saya pakai untuk gulai ayam. Ayam potong So Good ini setelah direbus, dagingnya empuk nggak alot.

Sajian ini saya lengkapi dengan acar ketimun dan wortel plus sambal kecap bawang. Buahnya semangka. Yup, we are watermelon lover!

  1. Nasi Nugget Ayam Asam Manis

menu piring gizi seimbang2

 

Don’t have any idea untuk bikin kreasi nugget ayam. Lalu, some idea poping out from my head! Yas, bikin kuah asam manis saja. Sayurnya tumis putren-brokoli-wortel. Untuk buah, nanas.

  1. Nasi Ayam Jinten Penyet

menu piring gizi seimbang3

 

Ayam jinten itu favorit saya. Jika ada stok ayam, pasti saya bikin ayam jinten. Diungkep semua bumbu terus disimpan dah di kulkas. Kalau mau makan baru deh digoreng. Praktis!

Untuk sayuran, saya milih urap. Simpel! Dan buah masih ada semangka.

  1. Nasi Sayur Campur Nugget Ikan

menu piring gizi seimbang4

 

When you’re stuck with menu then mix what you have in refrigerator! 

Itu prinsip saya. Hehehe … Ngecek di kulkas masih ada sayur wortel, kembang kol, buncis dan jangung, saya jadi pengin bikin sayur campur. Tapi, bedanya kali ini dicampur nugget ikan.

Tinggal ditumis semua bahan dengan bawang putih dan bombay, selesai deh. Untuk buah, jeruk menjadi pilihan.

  1. Mie Goreng Sayur Nugget Ayam

menu piring gizi seimbang5

 

Athar request mie goreng sebelum ke sekolah. Beklah, mari berkreasi dengan mie goreng dan nugget!

Untuk mie goreng ini, saya campur sayur wortel-kembang kol-putren, dicampur nugget ayam. Tumis pakai bawang bombay, bawang putih dan saus tiram. Enak loh!

  1. Kentang Panggang Isi Nugget Ayam dan Sayur

menu piring gizi seimbang6

 

Karbohidrat kali ini saya subtitusi dengan kentang. Well, ini resep baru yang saya kreasikan. Untuk isiannya saya pakai : kentang-wortel dipotong dadu-nugget ayam dihaluskan-seledri-daun bawang. Isiannya saya tumis pakai bawang bombay, saus tiram dan merica dikit. Topping saya lengkapi dengan keju cheddar melted dan oregano.

I really love this one! Makan dua aja udah kenyang.

Isiannya masih sisa banyak, bisa dimakan lagi dengan nasi untuk anak-anak. Mereka suka banget isiannya.

Gimana variasi menu piring gizi seimbang ala Ranny’s Kitchen dengan memakai So Good? 😀 Semua bahan mudah banget ditemui dan nggak susah juga dimasak.

Pasti pada bertanya kok hanya 6 menu saja? Karena tiap hari minggu, saya off memasak. Hari minggu saya gunakan untuk recharge energi, lakuin me time agar pikiran ini waras. Hehehe …

Seminggu Dengan Menu Piring Gizi Seimbang, Hasilnya?

Honestly, agak berat saya menyisihkan sambal di dalam menu harian yang saya makan. Berat? Pasti! Tapi, saya bahagia. Saya bisa lebih kreatif untuk menyajikan menu dan tambah lengkap karena anak-anak suka.

Untuk menu nugget ayam asam manis, saya menggunakan saus tomat yang aman bagi perut bukan saus sambal. Dan, seminggu mengonsumsi menu di atas, alhamdulilah maag aman. *yiaaay

Kuncinya memang mesti disiplin waktu makan nggak boleh telat. Jadi, sehari saya mesti makan tiga kali. Untuk camilan saya mengurangi banget gorengan diganti buah. Dan perbanyak minum air putih.

Saya memang agak mengurangi karbohidrat untuk porsi makan karena pengin diet karbo. Timbangan udah nggak asyik, mesti diturunin biar tubuh lebih sehat.

I really thanks to So Good, karena benar-benar membantu saya dalam proses pemulihan sakit maag, memudahkan menyiapkan menu, saya nggak repot mesti ke pasar dan uang belanja dapur agak berkurang karena menyetok beberapa produk So Good.

Dari empat produk So Good yang saya beli, nugget ikan itu FAVORIT banget! Saya cinta banget sama ikan dan terobati banget adanya produk ini. Secara di kotaku ini varian ikannya nggak sebanyak kota asalku, Manado.

Produk So Good, I highly recomended. Cocok banget untuk nyetok di rumah, kita jadi lebih kreatif dalam menyajikan menu, nggak pusing mikirin bekal si kecil dan tentunya gizi di tiap produk itu terjamin.

Semoga variasi menu piring gizi seimbang ini bisa membantu kamu yang memiliki masalah serupa dengan saya, pengin sembuh tapi terkendala sama menu yang ingin dimasakan. Silahkan dicoba menu yang saya masak, untuk beberapa resep akan saya posting terpisah, ya.

Kesadaran akan hidup sehat itu mesti kita tanamkan sejak dini. Biaya rumah sakit berat cyin!

Jangan pernah lelah untuk sajikan menu piring gizi seimbang, ya, bagi keluarga. Semangat!

Anyway, ada nggak dari kalian yang udah bikin kreasi menu dari So Good? Biasanya diapain? Mau dong sharing di kolom komen.

Stay healthy, ya temans.

27 Comments

    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  1. Intan
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply