Waspadai Musim Hujan, Tingkatan Imunitas Tubuh Dengan 5 Cara Alami Ini!

Hayy, welcome February!

Selagi nulis ini, jam di dinding menunjukkan pukul 5.15 pm dan langit di luar rumahku semestinya berwarna oranye tapi yang nampak adalah abu kelabu. Yeah, udah beberapa bulan terakhir ini saya nggak bisa lagi menikmati sunset. Dan saya rasa, teman-teman juga mengalami hal yang sama. Sunset sekarang langka!

Musim hujan di Indonesia masih terus berlanjut. Beberapa kota mengalami banjir, longsor. Di saat inilah, kita butuh meningkatkan imunitas tubuh agar nggak mudah sakit. Apalagi lagi musim DBD ya, duh mesti rajin-rajin bersih rumah, kuras bak, hindari menampung air. Tentunya, berbagai cara pun kita lakukan agar imunitas tubuh terjaga, yes.

Saya pun sekarang ini lagi berusaha meningkatkan imunitas tubuh, dengan cara-cara alami hingga mengonsumsi vitamin. Sejak Mama balik ke Manado, ya nggak ada lagi yang bantu saya untuk melakukan hal-hal kecil gitu. So, Mamak mesti kuat lah ya kek sesembak Storm X-Men. *halah

Agar tubuh tetap fit selama musim hujan, saya pengin sharing 5 tips alami meningkatkan imunitas tubuh, pokoknya nggak mahal tapi mudah dilakukan.

  1. Perbanyak makan buah dan sayur
imunitas tubuh

Meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur

Tau nggak efek dari kurangnya mengonsumsi buah dan sayuran? Tubuh bakal mudah lelah, lemah, lesu dan wajah menjadi pucat.  *ambil kaca

Kenapa bisa begitu?

Karena buah dan sayuran adalah sumber berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. FYI nih, tubuh membutuhkan 45 zat gizi setiap hari. Dan sebanyak 20 dari zat gizi tersebut bersifat esensial, yang artinya harus ada dalam makanan setiap hari dan nggak bisa ditawar!

Yang menjadi masalah adalah kita tuh sering mengonsumsi makanan secara tidak lengkap, yekan? Jadi, makan nasi dan sayur tapi tidak diimbangi dengan buah. Inilah yang disebut ketidaklengkapan dan menyebabkan imunitas tubuh menurun.

Solusinya, konsumsi sayur dan buah sebanyak mungkin dengan variasi warna yang beragam. Karena, setiap buah dan sayuran memiliki keunggulan masing-masing, apabila digabungkan menjadi satu bisa meningkatkan kekebalan tubuh Mama.

  1. Sirami’ Tubuh
imunitas tubuh2

Perbanyak minum air mineral untuk meningkatkan imunitas tubuh

Eh, ini bukan berarti mandi tiap saat , ya. Hehehe …

Idealnya, tubuh membutuhkan pasokan 2 liter air atau 8 gelas air mineral dalam sehari.

Cairan tubuh diperlukan agar metabolisme tubuh lancar dan untuk membuang zat-zat tak berguna melalui urine. Namun, jumlah ini tidak terlalu kaku, apalagi jika kita banyak mengonsumsi sayuran dan buah yang juga menyumbang jumlah cairan ke dalam tubuh.

Yang terbaik adalah dengarkan suara tubuhmu.

Saat tubuh merasa haus, penuhi kebutuhan akan air putih hingga rasa dahaga menghilang. Cara lain, kamu bisa mengecek dari warna urine. Jika warnanya kekuning-kuningan, maka ini adalah indikator tubuh kekurangan cairan. Segara minum air putih, agar tubuh tetap prima.

Untuk minuman lain seperti kopi, masih bisa mengonsumsinya sebanyak secangkir kopi saja atau 80 mg kafein sehari. Ini takaran yang aman loh untuk tubuh kita agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Baca juga : Berapa jumlah maksimal kopi per hari?

Penelitian dari Universitas Iowa menemukan bahwa jus jeruk yang dibuat secara alami mengandung banyak vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Sleeping beauty
imunitas tubuh3

Tidur yang cukup membantu kita menjaga imunitas tubuh

Pasti udah sering mendengar bahwa waktu tidur ideal adalah 7-8 jam sehari. Namun, bagaimana praktiknya?

Barangkali, kita sering mengorbankan waktu tidur untuk bekerja , main games atau baca gosip di Lambe Turah? *uhuks … Ubah kebiasaan ini!

Sedikit cerita nih, kurangnya tidur karena mata mantengin sosial media di malam hari dan dengan penerangan yang remang bahkan nggak ada, bisa menyebabkan tekanan bola mata tinggi loh! Ciyusan ini, karena saya pernah mengalaminya.

Kurangnya waktu tidur adalah faktor pencetus menurunnya imunitas tubuh. Faktanya, walau pola makan baik, imunitas tubuh tetap akan menurun jika kurang tidur.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, waktu tidur yang kurang dapat menurunkan tingkat sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh. Bahkan, menurut penelitian oleh American Cancer Society, orang yang tidur 6 jam atau kurang dalam semalam, memiliki risiko kematian 1,8 kali lebih tinggi dari orang yang tidur 7-8 jam sehari secara rutin.

Nggak hanya itu loh, saya tuh kalau kurang tidur rasanya kepala ini rada berat, terus ditambah capek bikin jantung itu berdebar. Hiks

Yuk, matikan gadget, lampu, tarik selimut dan tidur!

  1. 1, 2, 3 … Bergerak!
imunitas tubuh4

Olahraga penting banget dilakukan minimal sekali seminggu demi menjaga imunitas tubuh

Berolahraga adalah cara dasar untuk melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Membuat pasokan nutrisi ke seluruh tubuh optimal.

Berjalan cepat selama 45 menit adalah pilihan sederhana yang paling mudah. Meski sederhana, olahraga yang cocok dilakukan oleh siapa saja dari segala usia ini memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan imunitas.

Atau nih bagi kamu yang pengin olahraga di rumah, bisa tuh mantenting IG Ci Meira Anastasia yang sering baget uplod video olahraga ringan untuk mama-mama. Asli, mudah banget! Saya beberapa kali mantengin dan hafal.

Hanya saja untuk poin ini butuh konsistensi. Karena, seringkali niat yang kuat dikhianati oleh rasa capek plus cuaca yang bikin mager! Hiks …

  1. Tertawa saja
imunitas tubuh5

Ternyata tertawa bisa meningkatkan imunitas tubuh!

Sama seperti melakukan aktivitas seks #eh, tertawa pun mampu meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon ini akan membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh.

Sebaliknya, perasaan depresi, stres, sedih, takut  dan pesimis bisa membuat imunitas tubuh melemah. Untuk itu pancinglah diri untuk tertawa dan merasa bahagia.

Caranya? Bisa kamu lakukan dengan cara ngobrol dengan pasangan, anak-anak, menonton film komedi atau bermain bersama hewan peliharaan.

Atau cara lain yang sangat ampun bikin ketawa adalah buka Twitter! Ciyusan di sana banyak hal receh yang bisa bikin kamu ketawa ngakak so hard. 😀

Gimana, tips dari saya untuk meningkatkan imunitas tubuh ini nggak sulit yes dilakukan. Mulai pelan-pelan saja, dan akan menjadi kebiasaan. Apalagi perihal olahraga tuh, seminggu tiga kali dan tiap sesi 15 menit itu mah udah cukup.

Semoga tips meningkatkan imunitas tubuh ini bermanfaat, ya.

Kalau kamu ada nggak tips andalan meningkatkan imunitas tubuh yang sering dilakukan? Mau dong sharing ceritanya.

Stay healthy, ya!

One Response

Reply