Waspada Gejala Katarak Ringan, Yuk Pahami Beberapa Hal Ini

Berbagai masalah kesehatan pada mata umum terjadi di tengah masyarakat. Mulai dari yang teringan sampai yang beresiko tinggi.

Kayak saya tuh pernah mengalami tekanan bola mata tinggi yang sangat mengganggu. Mulai dari migren, mual hingga mata perih.

Dan untuk masalah pengobatan sejak dulu, masyarakat kita terbiasa dengan pengobatan herbal, tidak jarang jika harus pun menggunakan obat kebanyakan memilih membeli obat tetes mata di toko obat.

Tidak salah sih selama itu memang menyembuhkan, tapi apakah itu tepat?

Apalagi jika yang dialami ini katarak. Jelas bukan masalah kesehatan mata yang bisa dianggap sepele.

Waspada Gejala Katarak Ringan

Secara garis besar, penyakit katarak dapat kita simpulkan sebagai suatu masalah kesehatan pada fungsi lensa mata.  Akibatnya, lensa mata tidak bisa lagi menerima cahaya dengan sempurna, bahkan bisa sama sekali tidak tertembus cahaya. Sehingga, efek buruk katarak adalah kebutaan.

Pada lensa mata terdapat protein. Pada mata katarak, protein ini menggumpal dan gumpalan tersebut membuat area lensa mata menjadi keruh. Hal inilah yang memicu terganggunya pandangan mata kita.

Biasanya, penglihatan  mulai terasa ada yang menghalangi. Mungkin jika digambarkan, seperti kamu menyetir malam-malam dengan penerangan minim atau bisa juga seperti kamu menyetir di tengah kabut.

Baca juga : Gusi bengkak dan pengobatannya

Bagi yang merasa gejala di atas, kadang kala beranggapan ini hanyalah gangguan kesehatan mata ringan, obat tetes mata sering dipilih sebagai solusi. Termasuk juga penggunaan obat cuci mata.

Hal ini dikarenakan penderita beranggapan bahwa terganggunya penglihatan tersebut akibat mata kotor dan perlu dibersihkan.

Demikian juga pada pengguna kacamata. Anggapan minus bertambah, membuat penderita berasumsi bahwa dia hanya yang perlu mengganti kacamatanya.

Nah, jika kamu mengalami hal tersebut, sebaiknya kamu patut waspada.

Karena, itu merupakan gejala awal dan ringan dari katarak. Semakin lama kamu membiarkan katarak serta menanganinya dengan cara yang tidak tepat, maka gangguan mata ini akan semakin parah.

Fungsi lensa mata yang semakin menurun akibat kesulitan menerima cahaya yang masuk akan membuat kamu semakin kesulitan dalam beraktivitas.

Terutama, aktivitas di malam hari saat cahaya hanya bergantung pada cahaya lampu. Di siang hari saja kamu butuh cahaya yang lebih, apalagi di malam hari.

Banyaknya cahaya juga tidak akan lebih membantu, karena nyatanya mata kamu akan semakin sensitif.

Saat melihat cahaya, bukannya pandangan menjadi jelas , justru di sana kamu akan melihat lingkaran. Lama-lama apa yang kamu lihat justru berubah menjadi ganda.

Tidak jarang, ketika katarak sudah benar-benar parah, kamu akan melihat objek-objek yang kamu lihat seperti menguning. Makin tidak terlihat, kamu pun mulai memicingkan hingga menutup satu mata untuk dapat melihat objek tersebut dengan jelas.

Tentu saja mengganti kaca mata atau pun kontak lensa bukan solusi yang tepat. Gangguan ini sudah tidak wajar dan membutuhkan dokter spesialis mata sebagai ahlinya.

Pengobatan Katarak, Mahal?

Semakin kompleks masalah, semakin rumit juga solusinya.

Lensa mata merupakan bagian vital dari mata kita.  Oleh karena itu, resiko-resiko gangguan pada lensa tersebut, seperti halnya katarak akibatnya bisa sampai pada kebutaan.

Tingginya resiko pun terjadi pada penanganannya. Wajar kan jika biayanya tidak murah?

Penanganan katarak membutuhkan teknologi. Setiap tindakan harus didukung oleh tenaga ahli dan jaminan alat berkualitas tinggi. Alat pun termasuk juga dengan lensa pengganti yang akan digunakan nantinya.

Sehingga, lebih bijak bagi kita jika tidak menyebut biaya katarak mahal, karena ada harga tentu ada kualitas juga yang ditawarkan.

Baca juga : Cek kesehatan rutin itu penting!

Satu hal juga yang perlu diketahui, bahwa penanganan katarak pada setiap pasien pasti berbeda-beda. Tergantung dari tingkat keparahan pasien tersebut.

Apabila masih tergolong ringan dan penangannya masih mudah, tentu biayanya tidak akan setinggi pasien dengan gejala parah yang butuh tindakan lebih serius dari pasien gejala ringan tersebut.

Pun ketika kita memilih jenis lensa. Semakin banyak kelebihan lensa yang kita butuhkan dari lensa pengganti, tentu biaya yang harus kita keluarkan semakin tinggi.

Bijak Memilih Tempat Operasi Katarak

Setelah biaya, pertimbangan bijak dalam pemilihan tempat penanganan katarak juga harus dipertimbangkan.

Ingat, ya! Pemilihan tempat sangat berkaitan erat dengan kelancaran operasi katarak yang akan kita jalani.

Dibanding tempat yang sangat ‘rumah sakit’ sekali, tentu kamu akan memilih tempat yang homey, bukan? Karena disadari atau tidak, kenyamanan tempat sangat kamu butuhkan untuk membuat diri rileks dan tidak takut menghadapi tindakan selanjutnya pada mata kamu.

Klikin Mata Nusantara atau yang lebih dikenal dengan KMN EyeCare,  bisa menjadi solusi bagi kamu yang sekarang sedang bingung mencari tempat periksa yang nyaman. Bagi penderita Katarak khususnya, di sinilah pilihan bijak bisa kamu temukan!

Foto : Klinik Mata Nusantara

Tempat homey dengan para dokter ahli mata terbaik. Semua tindakan telah menggunakan teknologi teruji. Pilihan desain lensa ditawarkan secara fleksible agar kamu medapat menggunakan lensa yang tidak hanya sesuai kebutuhan tapi juga menunjang penampilan.

Urusan biaya, KMN EyeCare menawarkan berbagai macam  paket yang bisa kamu sesuaikan dengan tindakan yang kamu butuhkan. Promo dan hadiah menarik juga berkesempatan kamu dapatkan!

Semoga artikel ini membantu ya. Dan jangan pernah menyepelekan sakit mata. Jangan anggap itu hanya mata capek, baiknya check up ke klinik mata.

Teman-teman ada yang keluarganya pernah mengalami operasi katarak? Mau dong sharing ceritanya di kolom komen.

Reply