Rekomendasi Essential Oil Untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Kalau mendengar essential oil apa yang terlintas di pikiran kamu?

Sekarang ini sih essential oil lebih banyak digunakan di produk kecantikan, ya. Makanya, nggak heran kalau essential oil sering dicari untuk perawatan wajah. Padahal essential oil sangat bagus untuk imunitas juga.

Coba deh kamu perhatiin, bahan baku dari minyak telon, minyak kayu putih yang sering dipakai anak-anak. Pasti ada kandungan essential oil seperti eucalyptus. Bahkan untuk kompres demam seperti Hansaplast Cooling Fever pun mengandung essential oil seperti peppermint dan wintergreen.

Essential oil sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Terbuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan, daun, kayu, bunga, minyak alami ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit juga bisa memperkuat imunitas.

Contoh kecil, saya pernah tulis kalau essential oil juga bermanfaat sebagai salah satu cara alami mengatasi sinusitis. Iya, essential oil bisa digunakan untuk menjaga agar sinusitis nggak kambuh lagi.

Tapi, perlu digarisbawahi, kalau memang diagnosa dokter harus operasi, ya lakuin. Essential oil ini sebagai perawatan sampingan saja.

Di masa sekarang ini, di mana kita dituntut agar bisa terus sehat, essential oil bisa menjadi pilihan agar imunitas tubuh terjaga.

Essential Oil untuk menjaga imunitas tubuh

essential oil young living2

Pada umumnya, essential oil berkerja secara langsung untuk memperkuat respon imun juga bisa membasmi bakteri maupun virus yang bisa melindungi kita dari berbagai penyakit.

Nah, ada beberapa sifat dari essential oil yang memang sangat bagus untuk tubuh kita seperti :

  • Antiviral
  • Antijamur
  • Antiseptik
  • Anti inflamasi

Namun, ada juga essential oil yang secara tidak langsung membantu menjaga tubuh kita.

Contohnya, essential oil Lavender, yang bisa meningkatkan kualitas tidur kita. Nah, ini merupakan faktor penting bukan dalam sistem imunitas. Kualitas tidur sangat menentukan faktor kesehatan.

Ada juga essential oil Jasmine, yang bisa membantu mengurangi stres juga kecemasan. Karena stres bisa merusak sistem imunitas juga membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit.

Nah, pertanyaannya, dari sekian banyak essential oil, mana nih yang bagus untuk imunitas tubuh?

5 Essential oil untuk menjaga imunitas tubuh

Dari yang saya tahu dari membaca referensi hingga menggunakan berbagai jenis essential oil, ada begitu banyak essential oil yang sangat baik untuk imunitas tubuh. Tapi, kali ini saya akan tulis berdasarkan yang sudah saya pakai.

  1. Eucalyptus
eucalyptus radiata

Essential oil untuk menjaga imunitas tubuh yang pertama adalah Eucalyptus.

FYI, Eucalyptus ini ada tiga jenis loh. Eucalyptus Globulus, Eucalyptus Radiata, Eucalyptus Blue.

Essential oil Eucalyptus memilih aroma yang khas. Dan telah lama digunakan sebagai alternatif pengobatan pilek dan flu.

Di dalam Eucalyptus mengandung senyawa 1,8-cineole, yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan dan antibakter yang kuat.

Dalam satu penelitian di jurnal Clinical Microbiology & Infection, essential oil Eucalyptus memiliki efek antibakteri yang luas pada berbagai bakteri menular di saluran pernapasan bagian atas, termasuk strain yang menyebabkan radang. (1)

Laporan penelitian lain, dengan menghirup aroma Eucalyptus bisa melawan bakteri penyebab tuberkulosis dan metisilin resisten Staphylococcus aureus (MRSA). (2)

Menurut Asosiasi Nasional untuk Aromaterapi Holistik, Eucalyptus tidak boleh diambil secara oral kecuali jika diencerkan dengan benar dan digunakan di bawah bimbingan penyedia perawatan kesehatan yang memenuhi syarat karena dapat beracun.

Eucalyptus Radiata ini termasuk yang ramah di kulit (tapi perlu diingat sensitivitas kulit berbeda-beda, ya). Saya oleskan tanpa carrier oil, Athar anteng saja. Tapi, saat dipakaikan ke Kei, dia teriak panas. Sedangkan di kulit saya pun aman.

Paling enak, Eucalyptus ini dihirup. Eh, hirupnya nggak botol dideketin ke hidung ya. Tapi ada jarak sekitar 15cm.

Harga jual Eucalyptus di Young Living itu bervariasi. Radiata : 380k (15ml), globulus : 295k (15ml), blue : 311k (5ml).

Cara pakai :

Pijat : 6 tetes di 30ml carrier oil

Penguapan : 2 tetes ke baskom yang diisi air panas. Lalu, ditempatkan di atas baskom sambil menghadap ke air. Biarkan uap kena di wajah. Ini sangat ampuh untuk meredakan flu, juga perawatan sinusitis.

Blends well with: Basil, Cedarwood, Citronella, Frankincense, Ginger, Pine, Peppermint, Rosemary, Spearmint.

2. Frankincense

frankincense
Oil sultan kakaak 😀

Ahh, essential oil untuk imunitas tubuh satu ini saya sering menyebutnya dengan essential oil sultan!

Iyes, karena harganya *uhuks yang mahal. Baru di Young Living yang saya temukan penjualan essential oil ini. Harganya 15ml itu 1,5jt. *kekepin atm

Frankincense berasal dari resin pohon Boswellia, terkenal dengan kemampuannya melawan peradangan. Empat asam Boswellic dalam resin, memiliki sifat anti inflamasi. Asam asetil-11-keto-?-boswellic (AKBA) dianggap yang paling kuat dari asam boswellic.

Digunakan secara topikal (dioles langsung), penelitian mencatat bahwa Frankincense mengurangi peradangan, memicu respons kekebalan, dan mendorong remodeling jaringan untuk penyembuhan yang lebih cepat.

Sebuah studi yang membandingkan Frankincense dengan antibiotik Ciprofloxacin menemukan bahwa minyak ini sama efektifnya dengan obat terhadap banyak mikroba berbahaya. (3)             

Cara penggunaan :

Diffuser : 6-8 tetes

Perawatan wajah : 1-2 tetes dicampur 2-3 tetes carrier oil lalu dioleskan ke wajah.

3. Lemon

jade lemon

 Lemon adalah stimulan kekebalan dan telah terbukti bermanfaat dalam mengobati virus influenza, E. coli dan beberapa jenis Staphylococcus (Staph). Aroma menenangkan dan membantu meredakan mual.

Beberapa manfaat dari Lemon :

  • Boost energi
  • Membantu masalah pencernaan
  • Antibakteri

Harga essential oil Lemon di Young Living 230k untuk 15ml.

Cara pakai :

Diffuser : 6-8 drops

Pijatan : 50 drops per 100ml

Bath : 5 tetes ke air mandi

Manicure : 2 tetes ke air hangat, lalu rendam tangan dan kaki.

Blends with: Bergamot, Eucalyptus, Fennel, Frankincense, Ginger, Juniper, Lavender, Neroli, Rose, Rosemary, Sandalwood and Ylang ylang.

Baca juga : Essential Oil yang Wajib Dibawa Saat Traveling

4. Clove

Clove (cengkih) adalah salah satu essential oil yang bagus untuk menjaga imunitas tubuh.

Aromanya ya khas cengkih. Dan ini termasuk essential oil yang panas. Jadi, baiknya untuk penggunaannya menggunakan carrier oil seperti minyak zaitun, VCO.

Pengalaman sewaktu membeli ini, saya dong pake tanpa carrier oil, huaaa panass bo! Gilak. Tapi, baunya itu tahan lama. Bau cengkih dah semalaman. Hahaha

Clove adalah anti bakteri yang kuat dan berguna untuk mengobati infeksi bakteri yang mempengaruhi sistem pencernaan.

Cengkih dikenal sebagai analgesik yang baik untuk mengatasi nyeri sendi, kejang otot dan neuralgia. Minyak cengkih adalah antiseptik yang kuat dan bisa digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, jamur dan virus. Bisa juga mengatasi gugup.

Pada umumnya, minyak cengkih ini seringkali kita temukan untuk minyak pijat. Tak lain karena khasiatnya yang bagus untuk otot.

Harga Clove Young Living : 316k untuk 15 ml.

Cara penggunaan :

Pijatan : 6 drops dituangkan ke 30ml carrier oil.

Kompres : 5 tetes di air hangat. Lalu masukkan handuk kecil, lalu kompres di bagian tubuh yang sakit.

Cleaning : Bisa dijadikan disinfektan.

5. Thieves

thieves

Ini adalah essential oil blend andalan Young Living.

Essential oil blend adalah campuran beberapa essential oil.

Sewaktu covid19 mulai merebak di Indonesia, penjualan Thieves meningkat pesat. Langsung out of stock hanya dalam hitungan hari.

Kandungan Thieves : clove, lemon, cinnamon bark, eucalyptus radiata, rosemary.

Kelima essential oil ini memang bagus untuk imunitas tubuh. Itulah mengapa Thieves begitu laris di masa sekarang ini. Hingga dalam bentuk roll on pun out of stock sekarang ini.

Aroma Thieves ini tajam, lebih dominan menurutku cinnamon, ditambah hangatnya clove, segarnya lemon. Selama pemakaian ini saya sering campurkan dengan vegetable oil.

Harga Thieves Young Living : 696k untuk 15ml.

Cara penggunaan :

Diffuser : 4-5 tetes

Pijat : 6 tetes di 30ml carrier oil

Cleaning : membersihkan kasur dan karpet bisa gunakan 1-2 tetes pada 2 cangkir baking soda, campurkan dan masukkan ke dalam botol spray, semprotkan sebelum divakum.

Kompres : untuk gatal tenggorokkan oleskan 1 tetes dan 5 tetes carrier oil pada tenggorokan lalu kompres hangat.

Nggak hanya lima essential oil ini saja sih yang bagus untuk imunitas tubuh. Ada beberapa lainnya seperti : Oregano, Cinnamon Bark, Thyme, Ginger, Rosemary. Namun sayangnya saya belum gunain,nanti akan saya update jika sudah pakai.

Dari semua essential oil di atas TIDAK BISA DIGUNAKAN SECARA ORAL, alias diminum tanpa panduan dari ahli atau dokter. Karena beberapa essential oil bisa menjadi racun dan memiliki efek samping jika diminum.

Kesimpulan

Ada begitu banyak essential oil untuk imunitas tubuh yang bisa kamu gunakan. Saran saya, jangan digunakan saat sakit saja, tapi baiknya jadikan essential oil sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Artinya?

Ya digunakan setiap hari.

Kalau saya, lebih suka menjadikan beberapa essential oil single menjadi blend. Ditetes ke botol roll on dan dicampur carrier oil. Ini sangat praktis, bisa dioles sehabis mandi.

Dan perlu diperhatikan essential oil di atas nggak direkomendasikan untuk digunakan pada bayi berusia di bawah 1 tahun, ya. Juga untuk wanita hamil, ada beberapa essential oil yang harus dikonsultasikan dengan dokter seperti eucalyptus.

Keseluruhan tulisan ini saya menggunakan essential oil Young Living. Ada juga kok essential oil lainnya, tapi kamu harus perhatikan bahannya karena tak jarang dicampur sama alkohol ataupun carrier oil.

Dari beberapa referensi saya baca, harga essential oil itu menunjukkan kualitas.

Yup, ini benar. Saya sudah cek seperti essential oil ECO Modern Essential Oil dari Australia, harganya kurang lebih sama dengan Young Living. Pun dengan salah satu essential oil buatan dalam negeri, Nares. Nanti saya akan coba dan tulis testimoninya.

Semoga tulisan ini membantu ya bagi kamu yang lagi nyari referensi essential oil untuk imunitas. Bisa banget share ke teman-teman lain yang membutuhkan.

Anyway, ada yang pakai essential oil di atas? Saya sangat berterima kasih jika kamu mau komen berbagi pengalaman untuk pembaca lainnya di kolom komen.

Stay healthy, stay safe and stay at home.

6 Comments

    • ranny
    • ranny
  1. Hastira
    • ranny

Reply