Resep Telur Balado Enak ala Rumahan

Salah satu comfort food saya yang mengingatkan akan rumah adalah resep telur balado. Menu masakan ini suka dimasakin Mama dan olweis jadi favorit orang rumah.

Lucky me, swami itu tipe yang nggak rempong kalau soal menu masakan. Dan ternyata kami sefrekuensi dong (ciee in pliss :p). Hehehe … Swami suka juga saya masakin telur balado.

Sebenarnya saya tuh pengin banget masak resep telur balado ini bareng resep sayur rica rodo khas Manado, tapi sayangnya swami sama anak tidak terlalu suka. So, yeaah diskip lah masak sayur tersebut. Sebagai gantinya, saya suka sajikan ketimun lalapan yang tinggal dibersihin kulit dan dipotong sesuai selera.

Menu masakan ini selalu jadi penyelamat saya kalau lagi banyak kerjaan. Biasanya dalam sehari saya mesti menyelesaikan pekerjaan nulis artikel, editing dan untuk desain nggak tiap hari sih. Kalau load kerjaan lagi banyak, saya suka goreng telur rebus dan biasanya sambal udah ada persediaannya di kulkas.

Nah, perihal sambal ini kembali ke selera ya.

Pertama kali sewaktu bikin saya halusin bener tapi makin ke sini saya bikin percobaan lagi dong (terima kasih swami yang selalu tabah dengan percobaanku, borahae #eh).

Cabai dan bawang saya chopper nggak terlalu halus. Ini semacam nostalgia saya dengan masakan Manado. Di Manado untuk rica nya suka digiling kasar.

Nanti deh kapan-kapan saya bikin postingan tentang kuliner Manado ya.

Nah, di seluruh rumah makan di Manado rata-rata ricanya itu digiling kasar. Dan asli endolita. Duh nulis ini aja udah ngiler hahaha.

Beklah, ini kalau curhat bakal panjang. Langsung cuss aja ya resep telur goreng balado ala Ranny’s Kitchen.

Resep Telur Balado

Bahan-bahan :

4 butir telur (sesuaikan porsi orang rumah ya), direbus lalu sisihkan

3 lembar daun salam

Gula

Garam

Lengkuas digeprek

Kaldu (saya pakai royco rasa ayam)

Bumbu halus :

6 siung bawang merah

2 siung bawang putih

15 cabai merah keriting

5 cabai rawit

Seruas jahe

Langkah-langkah :

  1. Goreng telur yang sudah direbus hingga kecokelatan.
  2. Chopper semua bumbu halus.
  3. Panaskan wajan dan tuang minyak goreng.
  4. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, lengkuas. Tumis hingga harum
  5. Koreksi rasa dengan tambahkan gula, garam, kaldu.
  6. Angkat dan sajikan

Catatan :

  • Agar telur rebus yang digoreng mulus, saya biasanya memanaskan dulu wajan dan goreng dengan api sedang. Gorengnya sebentar saja dibalik-balik.
  • Untuk tekstur sambal disesuaikan selera.
  • Mau pakai kaldu apa nggak, kembali ke selera juga menurutku.

Memasak resep telur balado ini sih nggak sulit menurutku. Bahan-bahannya juga sederhanya, nggak mahal pula. Durasi masak juga tidak lama, ini yang saya suka!

Nah, gimana semoga membantu yaa resep telur balado ini. Karena biasanya mamak-mamak tuh suka kehabisan ide mau masak apa hari ini. Bener nggak bund? 😀

Saya juga sering mengalaminya, kadang masak simpel kadang juga in Gofud I Trust *halah. 😀

Okaay, selamat mencoba ya. Dan ingat jaga kesehatan teman-teman. Pokoknya prokes harus ketat! Mau jalan jangan lupa pakai dua lapis masker.

Have a good day, sampai ketemu di resep selanjutnya.

Eniwei, ada yang suka masak resep telur balado gini?

6 Comments

    • ranny
    • ranny
    • ranny

Leave a Reply to Fanny_dcatqueen Cancel reply