Resep Tauco Medan Enak Untuk Pemula

Ada yang pernah coba resep tauco Medan?

Beklah, saya pengin sedikit cerita nih tentang tauco Medan. 😀

Suami saya besar di Medan, jadi saat nikah ya mau gak mau mesti tau dong kesukaan beliau. Pertama kali mencicipi tauco Medan itu saat pulang ke rumah mertua saat Lebaran tahun 2013.

Tiap Lebaran salah satu menu wajib ada sehabis shalat Ied adalah lontong Medan. Nah, lontong Medan ini terdiri dari resep gulai nangka, sambal teri dan tauco Medan.

To be honest, saya bukan penggemar lontong. Sebelum menikah, saya memang sering beli lontong tapi untuk papa. Dan sangat amat jarang mencicipinya.

Melihat lauk dan sayurnya di lontong Medan, saya penasaran dong. Kok banyak kali ya lauknya. Lalu coba cicipin. Eh, endolita!

Kalau sambal teri, gulai nangka udah pernah dong saya cicipi sebelum nikah tapi tauco Medan ini masakan yang baru bagi saya.

Saya pun mencoba tauco Medan ini tanpa pakai lontong, astaga enaak!

Tau tauco mah udah lama karena biasa saya makan dengan coto Makassar jadi bukan makanan baru lagi, pun dengan kembang tahu.

Saat tau ada kembang tahu di tauco Medan, asli kaget.

Secara umum masakan Sumatera dan Sulawesi agak mirip di bumbu juga pedasnya. Jadi, lidah ini pun cepat beradaptasi dengan masakan mertua.

Itulah kali pertama saya jantuh cinta dengan resep tauco Medan.

Kapan pertama kali bikin tauco Medan sendiri?

resep tauco medan2

Tahun 2014.

Saat itu kami nggak pulang untuk Lebaran. Jadilah, adik ipar dan saya bikin lontong Medan di rumah. Hahaha asli pengalaman yang gak terlupakan.

Makin ke sini, saya pun suka memasak resep tauco Medan di rumah. Seringnya sih saya padankan dengan sambal teri.

Eh iya, Lebaran tahun ini pun saya masak lontong Medan lengkap dengan sambal teri dan tauco Medan dong sendiri. Beuh berasa wonder woman! Hahaha Sayangnya lupa foto. Hiks

Resep tauco Medan ini bisa kok kamu masak tanpa sambal teri, gulai nangka karena bahannya ada pakai tempe, telur puyuh, udang.

Nah, tentang ‘lauk’ di tauco Medan ini emang berbeda-beda. Namun, pada umumnya mesti pakai tempe. Kalau saya sih nggak pakai udang karena suami gak terlalu suka. Juga leunca (cempoka, rimbang), ini agak sulit ditemui di sini.

Mau bikin resep tauco Medan? Cuss catat resepnya di bawah ini.

Resep Tauco Medan

resep tauco medan

Bumbu halus :

10 cabai merah

5 cabai rawit

6 bawang merah

2 bawang putih

Bahan-bahan 1 :

8 siung bawang merah (iris)

4 bawang putih (iris)

10 cabai hijau (iris)

1 ruas jahe (geprek)

1 ruas lengkuas (geprek)

2 tangkai sere (geprek)

4 lembar daun salam

1 buah tomat (iris besar)

Bahan-bahan 2 :

1 papan tempe (dipotong dadu kecil)

10 buah telur puyuh

Udang (optional)

Leunca (optional)

1 sachet tauco kokita

Kembang tahu (rendam dulu di air sampai berwarna putih dan nggak keras)

Air

Cara Memasak :

  1. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan bahan-bahan 1 kecuali tomat. Aduk rata
  3. Masukkan tempe yang sudah digoreng, telur puyuh, udang, leunca dan tauco. Aduk rata.
  4. Tuangkan air. Biarkan hingga mendidih dan menyusut dikit.
  5. Masukkan tomat.
  6. Masukkan kembang tahu, biarkan hingga lembut dan air menyusut.
  7. Masukkan garam (dikit saja karena tauco udah asin). Koreksi rasa.
  8. Angkat dan sajikan.

Untuk pemula, memang agak dikit lama penyajian bumbu-bumbu. Harus dipisah antara bumbu halus dan gak.

Rasanya?

Perpaduan pedas, asin dari tauco, dan rempahnya itu bikin tauco Medan ini lezat! Saya jadi ingat masakan Manado kayak resep sayur rica rodo yang kaya akan rempah.

Saya suka kalap makannya, apalagi dengan nasi hangat. Hehehe Kadang tanpa nasi pun dimakan.

Semoga resep tauco Medan ini membantu ya bagi kamu yang pengin coba masakkin untuk suami, atau lagi jauh dari kampung halaman.

resep tauco medan4

Semangat! Ada yang udah pernah mencicipi tauco Medan nggak? Share dong di kolom komen.

2 Comments

  1. Hastira

Reply