Resep Gulai Nangka Ala Mak Athar

gulai nangka

Bagi saya adalah satu kebanggaan jika bisa memasak makanan kesukaan suami dengan level setara masakan mama mertua.

Memutuskan untuk menikah, berarti harus bisa menyesuaikan segala macam perbedaan kan? Termasuk soal makanan. Lucky me, yang ‘tipe’ makanan itu sama dengan suami. Walau berasal dari pulau berbeda tapi secara umum makanan dari daerah kami itu sama, berempah dan pedas. Jadi, nggak ada kesulitan untuk memasak makanan utama di rumah.

Biasanya, makanan utama kami itu ikan sambal. Ikan digoreng lalu disambal. Ditambah sayur ala kadarnya. Nah, ada beberapa menu yang memang HARUS bisa saya pelajari karena belum pernah memasaknya.

Jangan harap pertama kali memasak itu langsung sukses, perlu dua bahkan tiga kali untuk bisa dapetin taste yang pas.

Suami yang berasal dari Sumatra, pada umumnya menyukai masakan bersantan, pedas. Gulai nangka ini salah satunya. Di kota saya, Manado, punya juga gulai nangka, kami menyebutnya sayur nangka santan. Bumbunya kurang lebih sama, hanya saja yang ini ditambah cabai. Memasak santan itu gampang-gampang susah, karena harus memastikan santannya nggak pecah.

O ya, biasanya nih gulai nangka ini dimakan bareng lontong, sambal ikan teri. Dan, selalu disajikan saat lebaran hari pertama ketika selesai sholat Ied.

Ada yang mau coba? Gampang kok! Resepnya asli dari mama mertua.

Resep Gulai Nangka

gulai nangka

Bahan :

Nangka (untuk banyaknya tergantung selera)

2 batang sere

1 ruas lengkuas

½  ruas jahe

3 lembar daun salam

5 biji cabai

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 ruas kunyit

½ kelapa yang diparut

Garam secukupnya

Cara memasak :

  1. Haluskan : cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe. Untuk lengkuas dan sere, memarkan saja nggak perlu dihalusin.
  2. Kelapa parut direndam di air panas. Lalu disaring.
  3. Nangka sudah direbus terlebih dahulu. Bisa juga direbus bareng santan hanya saja harus lebih banyak santannya.
  4. Nyalakan kompor dengan api sedang. Masukkan santan yang sudah disaring.
  5. Masukkan bumbu yang dihalusin, lengkuas, sere dan daun salam. Lalu, masukkan garam. Aduk.
  6. Masukkan nangka yang sudah direbus.
  7. Aduk hingga mendidih. Jangan ditinggal ya saat udah mendidih, diaduk aja terus biar santannya gak pecah.
  8. Sajikan

Gampang kan? Modal ulekan, geprek saja terus masukin udah deeh selesai. Tugas saya sih masih ada, yaitu biar tambah kental santannya. >.<

Ternyata nih ya, kalau ada sisanya disimpen di kulkas terus esoknya, dipanasin hingga santannya meresap banget. Kemarin sewaktu mama mertua ada, nangkanya kan dipanasin hingga nggak ada lagi santan, terus diaduk sampai kayak hangus gitu dan berwarna kecoklatan banget nangkanya. Rasanya? Astaga, sumpah enak bangeeettttt!! Mau cobaa deh.

Selamat mencoba.. ^.^

Inget, kalau gagal dicoba lagi, dan jangan lupa masak pakai cinta #eaaaa.. Kalo gagal terus meneru, errr itu mah DL ya hihiii *digiles* 😀

5 Comments

  1. Lila
  2. Hastira

Reply