Cara Bikin Bakso Sapi Enak Cukup Dengan 3 Bahan Saja!

Pertama kali saya bikin bakso itu sekitar dua tahun lalu. Kala itu, saya nggak ada googling hanya mengandalkan resep bakso sapi dari ingatan Mama. Kedengaran tragis banget, ya. Wkwk … Tapi, I did it, dan hasilnya ya emang tragis alias GAGAL. Hahahaha

Sejak itu saya nggak mau bikin lagi bakso sapi! Padahal anak-anak itu suka banget makan bakso sapi.

Di lain hari, saya tuh suka nggak tega mesti beli terus di langganan dekat rumah. Memang sih bakso dan kuahnya itu gurih banget, tapi menurut lidahku agak kebanyakan micin.

Saya pun berusaha mengatasi ‘kecanduan’ bakso langganan dengan membeli bakso homemade yang dijual tukang sayur langganan. Biasanya bakso sapinya saya tumis atau sekedar goreng.

Tapi, makin ke sini rasa penasaran akan cara bikin bakso sapi enak itu semakin tinggi. Apalagi lihat beberapa teman berhasil bikin bakso sendiri di rumah dan berhasil, saya pun tertantang!

Baca juga : 6 Kreasi menu piring gizi seimbang untuk pemulihan sakit maag

Lalu, saya pun bikin bakso sapi minggu lalu.

Berbekal daging sapi giling di freezer dan tepung Acine, saya dong semangat 45 bikin bakso sapi. Athar pun nggak kalah excited.

Setelah mengikuti step by step, hasilnya : SEMI GAGAL!

*halah

Semi gagal maksudnya nggak gagal banget gitulah. *pembelaan

Sebagai seorang pemula dalam hal bikin bakso sapi, wajarlah gagal ya. Namanya juga hidup selalu bersinggungan dengan gagal. *tsaaah

Setelah dianalisa, ternyata saya terlalu lebih menuangkan air es ke dalam adonan. Yaeyalaaaah, nggak kalis padahal udah pakai dua tepung Acine. Saat membentuk bulatan bakso sapi, aduhai lengketnya.

Tapi …

Athar bilang, “Enak, Ma!”

Saya benar-benar terharu … *srooot *srooot

Udah dua kali nih gagal, ketiga kali mesti berhasil! Ish malu kali lah nyandang nama food blogger tapi bikin bakso sapi saja gagal.

Cara Bikin Bakso Sapi Enak Mudah dan Praktis!

Akhirnya percobaan ketiga bikin bakso sapi pun dilakukan. Dan berhasiiillll! *YASH *goyang hula-hula

Biarin deh dibilang norak, tapi saya hepi banget.

Sebelum memulai saya nonton dulu salah satu video di Youtube tentang cara bikin bakso sapi. Intinya, saya pengin tahu cara bikin bulatan.

Setelah tau, dengan modal ingatan, 3 bahan dan Bismillah, saya pun memulai bikin bakso sapi.

Bahan-bahan bakso sapi :

  • 250 gr daging sapi giling
  • 1 pak tepung acine
  • 50 ml air es (bisa juga diganti balok es)

Cara membuat bakso sapi :

cara bikin bakso sapi enak

Bahan-bahan bakso sapi dan cara membuatnya

  1. Jerang air di dalam panci, apinya kecil saja.
  2. Masukkan daging sapi, air es ke dalam blender atau food processor. Blender hingga halus.
  3. Masukkan tepung acine, uleni hingga kalis. Bisa juga tepungnya dimasukkan ke dalam blender.
  4. Saya membentuk bulatan bakso dengan tangan. Sendoknya dicelupkan dulu di air panas, ambil adonan remas lalu bentuk bulatan, keluarkan lewat ruang antara jempol dan telunjuk, angkat dengan sendok, masukkan ke panci.
  5. Lakukan step ke-4 hingga adonan habis.
  6. Jika bakso sudah matang matikan api.

Hasilnya :

cara bikin bakso sapi enak2

Bakso sapi enak dengan tiga bahan saja!

See, mudah banget bukan bikin bakso sapi ini.

Resep bakso sapi ini memang hanya 3 bahan saja. Karena saya pakai tepung Acine sebagai pengganti bahan-bahan kayak merica, bawang putih, kaldu, tepung tapioka, telur, garam.

Menurut saya, tepung Acine ini sangat membantu bikin proses bikin bakso sapi lebih praktis dan hemat waktu! Kalau pakai tepung ini nggak usah nambah garam, merica, ya karena rasanya udah pas.

Tepung acine ini sering dipakai para food blogger, food photographer loh untuk bikin bakso. Bikinnya homemade dan bebas pengawet. Cuss aja ke IG mereka di @dapuracine.

cara bikin bakso sapi enak3

Belum mulus banget permukaan bakso sapi, tapi rasanya endes.

Tapi, ada sedikit masalah nih, bakso saya nggak mulus ya kayak yang sering dijual. Kalau bulatannya udah oke hanya permukaan saja nih belum pas.

Yeah, kesempurnaan hanya milik Allah, begitu juga dengan bakso, nggak mulus sempurna mah nggak masalah. *apa coba *iyain aja

cara bikin bakso enak5

Bagian dalamnya kayak gini

cara bikin bakso sapi enak4

Dicocol sambal mah juaraaak

Nah, kalau sudah jadi baksonya tinggal bikin kuah bakso sapi dong, ya.

Kalau saya sih simple saja. Air dari rebusan bakso itu saya jadiin kuah bakso sapi. Tinggal tambahin gula, merica, garam secukupnya. Kalau mau makan tambah sayur sawi, seledri, daun bawang, bawang goreng.

Eits, saya juga cobain bikin bakso goreng crispy ala-ala hehehe, berhasil!

cara bikin bakso sapi enak5

Bakso goreng crispy, enaak!

Untuk pemula, jangan bersedih yes kalau gagal, pokoknya dianalisa saja apa yang salah lalu dibikin lagi. Inget saja saya kalau gagal hahahaha pasti semangat lagi deh bikin lagi. #eaaaa

Baca juga : 14 Bahan pengganti makanan dan minuman

Dan kalau baksonya belum mulus banget kayak yang sering dijual, don’t be sad, namanya belajar pasti ada prosesnya, yes. Walau nggak sempurna amat mulusnya yang penting rasanya dong.

Teman-teman udah ada yang coba bikin bakso sapi enak nggak? Ish, mau doong dishare pengalamannya apa sekali bikin jadi atau mesti berkali-kali kayak saya. Dan mau bangeet share bikin bakso jadi mulus.

Selamat mencoba dan selamat hari Selasa. <3

7 Comments

    • ranny
    • ranny
  1. Desi
    • ranny
  2. Ety Abdoel

Reply