Resep Sup Sengkel Sapi – Lezat dan Kaya Nutrisi

Holaaa …

Aduh monmaap sebelumnya karena postingan #KamisMasak untuk minggu ketiga ini malah geser ke hari Jumat. πŸ™ Hiks

Sebenarnya video dan foto udah siap, hanya saja kemarin saya itu super hectic bener. Dari pagi sekitar pukul 5.15 udah mulai aktivitas di dapur dan beres-beres rumah. Kelar pukul 9 pun masih ada yang belum beres sementara mesti ke rumah Mak Ana.

Jadilah ke rumah Mak Ana sekitar pukul 9.45 . Selesai itu, muter ke kawasan UMS, terus ke calon sekolah kakak. Harusnya jemput Mama tapi as usual pesawat singa itu delay. Kami muter ke rumah dulu sekitar sejam terus lanjut ke bandara. Malamnya ke mal bentar.

Habislah energi untuk semua hal itu. πŸ˜€ Mau maksa nulis pun udah nggak kuat mata sama badan.

#KamisMasak kali ini saya mau sharing resep sup sengkel sapi.

Err, pasti pada bertanya apa sih sengkel sapi itu?

Karena selama ini paling hits itu ya, daging sapi has, iga, sandung lamur. Nah, posisi tulang sengkel sapi itu berdekatan dengan sandung lamur. Tapi, beda ya.

Nah, menurut Wikipedia, sengkel sapi berasal dari bagian depan atas kaki sapi. Dan biasanya digunakan sebagai bahan dasar sup, soto dan bakso urat.

 

resep sup sengkel sapi2

sup dari daging sengkel sapi

Barangkali masih jarang banget ya, yang bikin sup pakai daging sengkel sapi. Karena, mungkin nih ya belum banyak yang tau tentang satu bagian sapi ini dan bisa jadi jarang yang jual tulang sengkel sapi.

Baca juga : Resep ikan lele goreng masak dengan rice cooker

Saya biasa beli tulang sengkel sapi itu di pasar Jongke karena di pasar dekat rumah nggak ada. Harga tulang sengkel sapi itu 15rb/tulang. Kalau ukuran besar 20rb/tulang. Tapi, mesti pintar lihatnya kadang ada yang kasih dagingnya dikit dan ada pula yang banyak.

Resep sup sengkel sapi ini pertama kali saya makan sewaktu balita (menurut Mama). Mama kerap bikin sup ini karena ada sumsum yang bisa didapetin di dalam tulang, kuahnya gurih, dan menurut orang tua dahulu kala itu sengkel sapi dipercaya baik untuk kesehatan tulang. πŸ˜€

nutrisi sengkel sapi

Nutrisi sengkel sapi.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sengkel

Nggak heran kalau orang tua bilang itu karena di tulang sengkel sapi mengandung banyak sumsum loh. Inilah letak plusnya sup sengkel sapi karena ada campuran sumsum daging sapi yang kaya nutrisi. Dan beberapa manfaatnya ya untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh.

Selain diolah menjadi sup, daging sengkel sapi juga suka kami tumis pakai bawang putih-air-kecap dan dimakan pakai sambal bawang putih. Duh sumvah endeus bingits. πŸ˜€

Biar nggak kelamaan, cuss resep sup sengkel sapi di bawah ini, yes. Silahkan siapin catatan atau diskrinsut.

Resep Sup Sengkel Sapi

resep sup sengkel sapi

resep sup sengkel sapi

Bahan sup sengkel sapi :

  • Tulang sengkel sapi
  • 2 buah kentang
  • 1 buah wortel
  • 4 buah tomat
  • Daun bawang
  • Garam
  • Air

Cara membuat sup sengkel sapi :

  1. Rebus tulang sengkel sapi kurang lebih 2 jam, kalau mau lebih juga nggak masalah.
  2. Angkat dan buang air rebusan (banyak lemaknya).
  3. Diamkan hingga dingin, lalu potong daging yang melekat di tulang.
  4. Siapkan air (sesuaikan saja), masukkan potongan daging sengkel sapi. Rebus kurang lebih 25 menit. Asli ini udah lembut banget.
  5. Masukkan kentang, wortel, tomat.
  6. Rebus lagi kurang lebih 10 menit.
  7. Masukkan garam, koreksi rasa.
  8. Masukkan daun bawang, aduk rata.
  9. Matikan kompor. Angkat dan sajikan.

Sup sengkel sapi ini gurih, ada rasa asam dari tomat, manis dikit dari kentang. Nggak diragukan lagi kelengkapan nutrisi di sup sengkel sapi ini, sudah ada protein, karbohidrat dan vitamin. That’s way, sup sengkel sapi ini cocok banget untuk balita dan anak-anak.

Sup sengkel sapi yang kaya akan nutrisi

Untuk orang dewasa ini juga oke kok, apalagi kalau beli banyak tulang sengkel sapi dan ada sumsum yang melimpah. Hohoho itu adalah sumber kolagen alami yang dipercaya khasiatnya membuat awet muda. πŸ˜€

Baca juga : Resep ayam tim jahe untuk mengembalikan stamina tubuh

Bagi yang lagi sakit flu atau nggak enak badan, makan sup sengkel sapi ini juga bagus untuk menyegarkan tubuh. Tubuh terasa lebih baikan setelah makan ini. Trust me. Hehehe …

Ini sudah jadi favorit anak-anakku juga. Dan bikin resep sup sengkel sapi ini pun atas permintaan si kakak.

resep sup sengkel sapi3

anyone? πŸ˜€

Anyway, ada yang sudah pernah makan sup sengkel sapi atau olahannya? Mau dong sharing ceritanya di kolom komen.

O ya, nggak capek deh ijk woro-woro #eaaaa πŸ˜€ Kalau teman-teman ada yang re-cook resep saya, mau banget dah foto yang diuplod di tag ke akun media sosial saya. Instagram-Twitter : @rannyrainy. Ntar, saya akan uplod di IG Story dan akan di highlight.

Okay?

See you on next recipe.

Have a great weekend ahead, my lovely fellas.

Xoxo.

2 Comments

    • ranny

Reply