Serba-Serbi Teh Hijau Dan Khasiatnya

quote teh hijau

Saya penggemar berat teh!

Seberapa berat sih, Mak? Well, pokoknya tiap hari segelas teh panas bikin badan saya enakan. Sudah tertanam di pikiran kalau teh itu bisa mengembalikan kondisi fisik yang sedikit menurun. Apalagi saya lagi menyusui, teh benar-benar membantu saya. Dan seperti quote di atas, teh emang bisa mengembalikan ke-normal-an saya! hihihihih

Sepanjang pengetahuan saya nih, ada banyak macam jenis teh. Apalagi sewaktu saya mengunjungi Ndoro Donker, di situ banyak banget varian teh, sampai ada nama teh Raja. Tapi, ada satu teh yang bikin saya tertarik banget untuk mengonsumsinya sekarang ini. Teh hijau.

Kenapa gitu, Mak, pengen banget konsumsi? Setelah baca artikel sana sini, teh hijau memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Apalagi saya pengin berat badan turun *no fake ya, ini mah jujur* tapi saya menyusui, nggak mungkin lah lakuin diet ini itu. Manfaat teh hijau salah satunya bisa menurunkan berat badan, so bagi saya ini jalan aman.

Kalau ditanya pernah nggak minum teh hijau? Pernah! Tapi, dalam kemasan siap minum. Itu loh yang di botol dan sering dijual di mana-mana. Kalau tengah haus di perjalanan pilihan lain selain air mineral, ya teh hijau kemasan itu.

Produsen consumer goods ini jeli sekali melirik pasar, ya. Karena masyarakat sekarang sudah mau hidup sehat, ditambah teh hijau ini banyak manfaatnya, maka varian teh hijau pun banyak ditemui di pasaran. Ada murni teh hijau saja, ada yang ditambah madu, melati, buah-buahan atau rempah. Kemasan pun makin beragam.

Pernah sekali menemui teh hijau yang dicampur susu seperti milkshake atau cream cheese dalam cheesecake. Ternyata, kebaikan teh hijau sudah tidak ada lagi pada makanan atau minuman tersebut. Yang tinggal hanyalah cita rasanya. Kenapa?

Related post : Bahan makanan tetap awet coba cara ini

Menurut Dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.Si., dosen Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pangan, IPB, β€œKarena, bila susu dan teh bertemu akan saling bereaksi. Akibatnya, khasiat teh hijau akan berkurang. Begitu juga dengan khasiat susu,” jelasnya.

Ragam teh hijau ini mudah ditemui di mana-mana. Ayo, kenali dulu serba-serbi tentang teh hijau ini dan khasiatnya untuk kesehatan.

teh hijau

Teh Hijau Itu..

  • Merupakan jenis teh yang tidak melalui proses fermentasi, hanya dikeringkan saja. Karena itulah, khasiatnya menjadi lebih banyak dibanding jenis teh lain.
  • Setelah dipetik, masih harus melalui 4 proses sebelum dijual ke pasaran, yaitu pelayuan, pendinginan, penggulungan daun, dan pengeringan.
  • Air seduhannya berwarna kuning kehijauan. Aromanya agak tajam, dan rasa pahit sepat. Jika bukan seperti ini, berarti kualitas teh hijau yang diminum bisa jadi diragukan.

Beragam Bentuknya

  • Daun Kering

Daun Kering Teh Hijau

Setelah diseduh bisa disaring atau langsung diminum menjadi teh tubruk.

  • Teh Celup

teh hijau celup

Ada banyak varian rasa, rasa asli teh hijau atau teh hijau yang sudah diambah dengan buah-buahan.

  • Bubuk

bubuk teh hijau

Sering kali disebut matcha , biasa dipakai untuk minuman campuran kue dan untuk masker kecantikan.

13 Khasiat Teh Hijau

13 Khasiat Teh Hijau

  1. Selain dipercaya bisa membuat awet muda, teh hijau juga memiliki khasiat untuk mengurangi resiko kanker, mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah.
  2. Saat musim hujan seperti ini agar terhindar dari flu, sebaiknya rajin minum teh hijau. Karena, teh hijau sangat baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh.
  3. Ketika tubuh merasa letih, sementara pekerjaan masih menumpuk *nah ini saya banget nih!* dan butuh segera diselesaikan, secangkir teh hijau hangat dapat membuat tubuh menjadi relaks sekaligus meningkatkan daya konsentrasi.
  4. Susah buang air kecil? Teh hijau secara alami dapat melancarkan buang air kecil.
  5. tinggi? Konsumsi teh hijau secara rutin mampu menurunkan kolesterol.
  6. Bisa sebagai antijamur, antikuman dan antibakteri. Mencegah infeksi.
  7. Anti peradangan dan pembengkakan.
  8. Mengurangi pembengkakan, mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak dan mencegah jerawat.
  9. Memperkuat dinding pembuluh darah atau kapiler dan merangsang regenerasi sel.
  10. Menguatkan gigi dan tulang. Mencegah peradangan.
  11. Sebagai antioksidan yang sangat kuat (untuk antikanker, menetralisasi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, kolagen, elastin (salah satu komponen dalam otot) dan juga mencegah penyakit jantung, stroke dan penyakit degeneratif lainnya).
  12. Merelakskan otot polos, melancarkan pembuluh darah dan saluran napas. Baik untuk penderita asma atau tekanan darah tinggi.
  13. Vitamin K. Nutrisi yang dibutuhkan untuk proses pembekuan alami darah dan melancarkan sirkulasi darah.

Keren banget kan khasiat dari teh hijau ini?

Konon nih, orang Jepang rutin mengonsumsi teh ini. Nggak heran deh, tubuh mereka itu fit, selalu berjalan cepat, kerjanya pun seharian dan coba lihat perempuannya itu langsing!

Pola hidup sehat ini, sebaiknya dimulai dari sekarang. Ini pun saya mulai lakukan, biar nggak sering sakit, badan lemas apalagi sekarang saya punya dua anak. Harus bisa sekuat wonder woman lah, se-sexy Miranda Kerr *lol* hahahah..

Semoga serba-serbi teh hijau dan 13 khasiat teh hijau ini bermanfaat bagi temans, ya.

Ada nggak diantara teman-teman yang sudah rutin mengonsumsi teh hijau? Sharing dong pengalamannya.

Happy Thursday, good peoples.

21 Comments

  1. Dian
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply