9 Peralatan Baking Untuk Pemula yang Wajib Dimiliki

Siapa yang suka baking? *ngacung. 😀

Berbagai resep yang berseliweran di media sosial itu kerap bikin saya mupeng pengin eksekusi untuk disajikan di rumah. Makanya, saya butuh peralatan baking untuk pemula agar bisa membuat resep-resep tersebut.

Contoh nih kayak resep bread pudding panggang, resep marble cake untuk pemula ini butuh berbagai peralatan baking agar takarannya pas dan panggangnya pun sempurna. Karena kalau salah takaran bisa wassalam deh.

Sama halnya dengan resep shiny crust brownies, ternyata untuk membuat browniesnya shinning shimering splendid *halah  😀 takaran dari bahan-bahan itu harus pas! Nggak boleh kurang apalagi lebih.

Saya mah masih masuk level pemula untuk baking ini. Baking di rumah pun masih sebatas aman-aman saja kayak brownies dan resep cake cokelat. Hihihi …

Nah, bagi kamu yang mau memulai baking di rumah saya mau rekomendasikan 9 peralatan baking ini wajib dimiliki agar resep-resep yang udah disave bisa langsung dieksekusi.

9 Peralatan baking untuk pemula yang wajib dimiliki.

  1. Hand mixer

Ini peralatan baking yang wajib dimiliki.

Karena memudahkan kita untuk mencampur semua adonan, nggak pake lama dan nggak pegel.  Fungsi dari hand mixer untuk membuat adonan lebih sempurna, higienis, bisa adonan kue atau roti, hemat waktu juga tenaga.

Untuk hand mixer ini harganya sangat terjangkau mulai dari 145k.

2. Ballon whisk

Nah, ini fungsinya untuk mencampur adonan juga. Kadang kala untuk resep kue dengan telur sedikit bisa pakai ballon whisk ini.

Yang mesti diperhatikan, whisk ini ada berbagai jenis loh jadi jangan sampai salah beli. Karena fungsinya berbeda-beda.

Ballon whisk ini memiliki kemampuan untuk memasukkan udara ke bahan, sehingga cocok digunakan untuk mengocok adonan meringue, putih telur, whipped cream jadi adonannya cepat kaku.

Bisa juga loh dipakai untuk mencampur bahan kering pada kue seperti tepung sebelum diayak.

Harga ballon whisk mulai dari 20k.

3. Loyang kue

sumber : Sobeys

Mau bikin kue mesti butuh loyang kue.

Peralatan bakin untuk pemula ini memang wajib banget untuk dimiliki. Kalau saya beli dari bahan aluminium dengan berbagai ukuran.

Kalau saya saat pertama kali beli itu, yang bentuk persegi panjang, persegi sama bulat. Dengan diameter yang bervariasi, ada 18cm, 22×10 cm, 20 cm.

Harga loyang kue mulai dari 25k.

4. Timbangan

sumber : Tokopedia

Ini peralatan baking untuk pemula yang wajib ada.

Karena resep-resep tuh pada pakai takaran gram ya jadi harus ada timbangan biar ngepas bahannya.

Untuk timbangan pun sekarang ada yang biasa dan digital. Jadi, disesuaikan bujet saja. Kalau saya kemarin beli yang biasa aja.

Harga timbangan kue mulai dari 29k.

5. Gelas ukur

sumber : Aliexpress

Ini penting juga menurut saya untuk dimiliki karena selain bahan kering ada juga cairan seperti susu, air yang ditambahkan ke resep.

Nah untuk menakar dengan benar perlu adanya gelas ukur ini. Bahannya mulai terbuat dari plastik, maupun stainless steel.

Harga gelas ukur mulai dari 9k.

6. Spatula silikon

Spatula silikon yang digunakan untuk baking adalah spatula tipis.

Bentuk tipis ini terbuat dari silikon atau plastik fungsinya untuk mengaduk adonan kue, selain itu juga bisa digunakan membersihkan sisa adonan di dalam mesin pengaduk, atau untuk menuangkan adonan ke loyang.

7. Baskom adonan kue

peralatan bakin untuk pemula
sumber : bukalapak

Mau mencampur semua bahan-bahan kue membutuhkan baskom adonan kue pastinya.

Kalau saya sih selama ini pakai yang terbuat dari kaca tebal. Tapi, bisa juga dari bahan stainless steel. Sedikit saran hindari plastik karena saat pakai hand mixer, plastiknya itu suka terkelupas nantinya kecampur di adonan kue.

Pastikan sebelum menggunakannya, baskom dalam keadaan bersih ya. Karena kalau tidak bersih, nantinya kocokan putih telur tidak akan mengembang sempurna.

Harga baskom adonan kue mulai dari 59k.

8. Cooling rack

Selesai memanggang atau mengukus kue, gunakan cooling rack untuk mendinginkannya.

Ini sangat berfungsi banget makanya saya sarankan untuk dimiliki. Selain itu, bisa juga loh dijadiin properti foto. Hehehe …

Harga cooling rack mulai dari 80k.

9. Oven

oven 335 idealifeonline

Terakhir peralatan baking untuk pemula yang saya rekomendasikan adalah oven.

Suer, belilah oven kalau kalian mau memulai baking. Ini fungsinya selain bisa manggang kue, bisa juga makanan loh kayak resep macaroni schotel panggang yang sudah pernah saya bikin.

Saya pengin rekomendasikan Oven 335 dari Idealifeonline.

Kenapa?

Menggunakan Oven 335 ini kamu bisa set temperatur per heater, ada extra tray, thermostat – anti overheat protection, 450w x 2 heater (daya rendah)

Di Oven 335 ini juga ada teknologi Diamond Cavity yang bisa memanggang lebih merata. Bagi kamu yang mau panggang ayam bisa banget!

Desainnya pun elegan dan bagian dalam yang luas. Ada juga lampu bagian dalam untuk melihat dalaman oven tanpa perlu buka tutup.

Suhu pun bisa diatur hingga 250C juga timer untuk waktu lama memanggang.

Spesifikasi :

  • Capacity: 35L
  • Dual Heater – Top & Bottom @450watt
  • Adjustable Temperature per Heater: 100-250c
  • Diamon Cavity – Panggang Lebih merata
  • Rotiserrie Pick
  • Inside Lamp
  • Convection Cooker Function
  • Timer up to 120min
  • Slide Out Crumb Tray
  • Tray Included – BONUS +1 extra Tray
  • Tray Dimension: 35 * 30.7 cm
  • Elegant Stainless Steel Design
  • Fast Heating Operation
  • Wattage: 450watt per heater 
  • Safety: Dual Thermostat, prevent overheat on each Heater

Harga Oven 335 Idelifeonline Rp. 1.250.000,-

Kalau pengin kepo resep-resep bisa loh kamu cuss ke IG @idealifeonline.

Bagi saya pribadi, perlatan baking untuk pemula ini sudah cukup. Harganya pun masih worth it lah. Mulai saja dulu dengan peralatan yang ada.

Baca juga : 14 Peralatan dapur yang wajib dimiliki

Kayak kertas kue itu saya jarang pakai karena cukup oles mentega ke loyang kue saja oke hasilnya, nggak lengket. Begitupun rolling pin, karena nggak ada saya manfaatin botol atau gelas beling.

Nah, kalau kamu dari semua peralatan baking untuk pemula di atas mana nih yang udah punya.

Have a good day, everyone.

2 Comments

Reply