Resep Ikan Lele Goreng Tepung – Masak dengan Mito Digital Rice Cooker Hasilnya Tetap Endeuss!

Minggu lalu saya ditag Mbak Suin di Instagram untuk ikut giveaway salah satu foodblogger, dan saat itu dia menguplod foto ikan lele. Eh, beberapa hari ini ikan lele pula wara-wiri di feed IG-ku. Dan saya pun tergoda untuk masak resep ikan lele goreng tepung seperti yang dibikin teman-teman.

O ya, saya pengin cerita dikit deh sebelum bahas resep ikan lele goreng tepung.

Saya besar di kota dengan kekayaan laut yang melimpah. Tiap hari selalu tersaji menu ikan laut di meja makan. Entah itu dibikin sambal, ikan acar atau woku. Plus menu sayur yang tak kalah lezat seperti tumis sayur pakis bunga pepaya.

ikan di manado

Ikan di Manado segar-segar, pun murah.

Masalah muncul ketika saya pindah ke Solo. Sungguh saya kesulitan menemukan ikan laut yang segar. Saya ngerti letak geografis kota batik ini jauh dari laut. Kalaupun ada ikan laut, itupun udah nggak fresh. Beneran sedih deh di awal-awal pindah.

Tapi, nggak mesti merana terus dan tidak masak yes. So, ikan yang ada pun dibeli dan diolah jadi ikan sambal.

Dan akhirnya di kota inilah saya mulai kenal dengan ikan lele, ikan pindang yang ternyata merupakan salah satu hasil cara alami pengawetan ikan.

Beneran loh, sepanjang tinggal di Manado saya nggak pernah makan ikan lele. Warung Lamongan gitu juga banyak tapi, saya nggak pernah pesan menu ikan lele. Saya lebih memilih ikan lain.

Saya belajar masak ikan lele itu sama mama mertua. Dan abang pun suka. Jadi, ikan lele pun kadang jadi andalan saya. Dimasak sambal, disajikan dengan nasi hangat, kerupuk dan sayur, astaga sungguh nikmat. Anak-anak pun suka ikan lele.

resep ikan lele goreng tepung

Ikan lele goreng tepung, enak!

Selama ini saya masak ikan lele sambal atau digoreng gitu saja. Tapi, lama-lama pengin coba lain deh. Voila, muncul deh foto-foto ikan lele goreng tepung di Instagram. Saya pun semangat bikinnya.

Hari ini, saya pun masak resep ikan lele goreng tepung itu. Dan masaknya nggak pakai wajan dan kompor loh tapi rice cooker.

Hah, menggoreng di rice cooker bisa? Absoluetly yes, darling.

Saya menggunakan Mito digital rice cooker 8in1 untuk menggoreng resep ikan lele goreng tepung ini. Yha, Mito digital rice cooker ini selain bisa menggoreng, bisa juga untuk masak nasi putih, nasi merah, bubur, kukus, bikin kue, sup juga.

Biar nggak penasaran, cekidot resep ikan lele goreng tepung di bawah ini, ya.

Resep Ikan Lele Goreng Tepung

Bahan :

1 kg ikan lele

Minyak goreng

Bahan untuk rendam :

6 siung bawang putih

1 sdm ketumbar bubuk

Garam

Merica

Bahan untuk dibalur :

3 sdm tepung terigu

3 sdm tepung maizena

1 butir telur

Air secukupnya

Garam

Merica

Cara membuat :

  1. Bersihkan lele, saya rendam dulu dengan jeruk nipis dan garam biar nggak amis dan lendirnya hilang. Biarkan 10 menit, lalu cuci bersih.
  2. Di baskom, masukkan bumbu rendam. Biarkan 15-20 menit.
  3. Bersihkan bumbu rendam dengan tangan, nggak perlu dicuci.

Cara memasak dengan Mito digital rice cooker :

  1. Pilih mode menggoreng dengan menekan tombol menu.
  2. Lalu di layar akan muncul angka 1:00 yang artinya memasak selama 1 jam. Untuk menggoreng biarkan saja setingan di satu jam.
  3. Masukkan ikan lele. Lalu tutup.
  4. Di menit 30, ikan lele sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan

Catatan :

  • Selama memasak bisa kok dibuka tutupnya untuk ngecek kematangan ikan.
  • Setelah matang, matikan dengan cara menekan mode batal. Lalu cabut colokan.
  • Cara membersihkan pancinya cukup menyuci dengan sabun cair dan spon lembut. Jangan pakai kawat, ya.

Memang agak sedikit lama menggoreng di Mito rice cooker ini. Tapi, jangan khawatir hasil gorengannya tetap sama kok. Endeuss!

O ya, saya juga mencoba mode sup dengan memasak resep ikan woku. Karena bingung untuk tumis, jadi saya tumis terpisah. Setelah itu baru saya masukkan semua bahan lalu mulai masak dengan mode sup.

Mode sup yang saya pakai itu dimulai di waktu 1:00 juga. Tapi, saya matikan saat sudah 25 menit. Karena kalau masak sejam, daging ikannya udah nggak empuk lagi.

Baca juga : Resep Ayam Geprek Asam Manis Hot Plate

masak nasi putih pakai mito digital rice cooker

Masak nasi putih di Mito digital rice cooker

 

resep ikan lele goreng tepung

Proses masak ikan lele goreng tepung di Mito digital rice cooker

Resep Ikan Lele Goreng Tepung dan Ikan Woku Dengan Mito Rice Cooker (Sebuah Review)

Selama ini mah saya mikirnya rice cooker itu hanya untuk masak nasi, merebus, kukus dan bikin kue. Ternyata, teknologi sekarang makin maju, ya.  Rice cooker masa kini pun dirancang untuk bisa multifungsi. Dan hebatnya Mito rice cooker ini merupakan digital rice cooker 8in1 loh.

mito digital rice cooker

Mito digital rice cooker 8in1

Bentuknya bisa dilihat di foto di atas, ya. Jadi, bentuknya lonjong dan nggak terlalu tinggi. Di dalamnya ada tempat untuk mengukus, tempat untuk masak, sendok plastik, kabel, cup ukuran beras, buku panduan, buku resep dan kartu garansi.

Sedikit berbeda dengan rice cooker atau magic com, panci di dalamnya itu agak sedikit berat, tebal dan dasarnya itu bertekstur. Sesuai yang ditulis di box, rice cooker multifungsi ini dilengkapi dengan teknologi pemanas 3D, panci lima lapis dan digital timing.

Saya pun makin excited mencoba rice cooker multifungsi ini. Hasilnya? Nihhh ….

resep ikan lele goreng tepung4

Ikan lele goreng tepung, ikan woku dan nasi putih dimasak dengan Mito digital rice cooker

Dari pengalaman menggunakan dua mode menu yaitu menggoreng dan sup, ada 11 kelebihan Mito digital rice cooker ini.

  1. Untuk menggoreng, ini membantu banget biar nggak kecipratan minyak panas. Apalagi untuk masak ikan lele ya, suka meletup gitu. Pakai rice cooker multifungsi ini aman.
  2. Untuk sup, bisa disetting hingga 3 jam. Wah untuk masak daging ini sangat membantu, tinggal tinggalin, balik lagi udah empuk.
  3. Penyelamat kalau gas habis. Mito digital rice cooker ini adalah solusi untuk kamu yang suka kehabisan gas terus saat pesan eh gas belum datang. Hiks
  4. Jauh dari jangkauan anak. Memasak pun nggak khawatir si kecil pegang ini itu.
  5. Timer di Mito digital rice cooker ini memudahkan kita untuk setting waktu masak. Jadi, kalau pengin masak 2-3 jam berikut, cukup setting saja di timer.
  6. Mito digital rice cooker ini nggak berat.
  7. Mau masak banyak tapi kompor hanya satu, adanya rice cooker multifungsi ini membantu banget.
  8. Praktis nggak perlu nyuci alat-alat masak yang banyak.
  9. Mau masak nasi putih abis itu ada mode hangat juga.
  10. Rice cooker multifungsi pertama yang ada.
  11. Garansi 1 tahun.

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, ya. 😀 Selama menggunakan rice cooker ini, saya catat ada 2 kekurangan.

  1. Buku panduan tidak lengkap. Nggak ada penjelasan detil untuk menggoreng, merebus. Penjelasan menggoreng bisa digunakan dari 0:01 tapi saat dicoba nggak bisa. Hanya bisa dimulai dari 1:00.
  2. Buku resep kurang menu menggoreng juga.

Udah itu aja sih, dan bagi saya nggak terlalu fatal kekurangannya karena bisa disiasati. Untuk percobaan pertama pasti ada failed, dan di situlah saya belajar untuk proses menggoreng yang kedua.

ikan woku

Bikin ikan woku di rice cooker mah bisaa ~

Pengin juga punya rice cooker multifungsi kayak punya saya? Bisa kamu beli di supermarket terdekat di kotamu atau di marketplace : Tokopedia, Shopee, JD. Id.

Harganya? Rp. 429.000,-

Lumayan terjangkau loh untuk ukuran rice cooker multifungsi.

Akhirnya, saya bisa menaklukkan juga memasak dengan mode menggoreng ini. Sedangkan mode sup, mah mudah saja.

resep ikan lele goreng tepung3

Rice cooker masa kini, Mito digital 8in1

Ada yang pernah menggunakan rice cooker multifungsi? Mau dong testimoninya di kolom komen.

Well, semua sudah beres, saya pengin leyeh bentar sama anak-anak sebelum tidur. Dan besok saya mau liburan. *yiaaaay 😀 (eh tiap hari kan saya liburan alias di rumah saja ya, lol)

Selamat berisitrahat, teman-teman.

18 Comments

    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply