Konsumsi 8 Makanan ini Untuk Wajah Glowing Alami ala Artis Korea Selatan

Selain skincare, makanan untuk wajah glowing alami ala artis Korea Selatan adalah cara terbaik untuk mendapatkan kulit wajah impian.

Kalau saya perhatikan, sejak boomingnya K-drama orang-orang pada takjub dan pengin banget kulit wajah bisa glowing paripurna seperti para artisnya. Betul nggak? Sunggulah wajah mereka mulus tanpa cela. *ambil kaca

Ditambah lagi beberapa tahun belakangan ini skincare dari Korea menjadi hype secara global. Tren kecantikan pun beralih ‘kiblat’ ke Negeri Ginseng ini. Dan saya salah satunya yang ikutan membeli skincare Korea. 😀

Bicara tentang wajah glowing alami, biasanya orang langsung berpikir dengan skincare juga perawatan di klinik kecantikan dan operasi plastik #eh.

Sekarang ini, skincare dengan embel-embel efek glowing bisa kita temui dengan mudah di mana saja. Para produsen perawatan wajah berlomba-lomba membuat formula agar wajah bisa glowing. Pasar pun merespon dengan baik. Skincare glowing laris manis!

Namun, kita sering melupakan bahwa untuk wajah glowing alami mesti juga dijaga dari dalam tubuh. Dalam artian menjaga asupan makanan juga minuman kita.

Sering kali kita melupakan bahwa makanan pun bisa membuat wajah glowing alami ala artis Korea Selatan. Kita terlalu berfokus pada hasil yang ditawarkan sejumlah skincare sehingga melupakan hal yang essensial.

Makanan untuk wajah glowing ini mudah banget kita temui di dapur atau di supermarket. Harganya relatif terjangkau kantong. Mengonsumsinya secara rutin, percaya deh wajah akan glowing alami dan tampak muda!

Inilah 8 makanan untuk wajah glowing alami ala artis Korea Selatan.

  1. Teh Hijau
makanan untuk wajah glowing2

Manfaat teh hijau sudah dibicarakan sejak berabad lalu hingga sekarang ini. Ada banyak banget manfaat teh hijau untuk tubuh yang sudah terbukti.

Nah, di teh hijau mengandung polifenol yang merupakan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri memiliki fungsi dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Dan radikal bebas berlebih bisa merusak sel-sel tubuh loh, sehingga bisa menyebabkan penuaan dini dan menimbulkan penyakit seperti kanker.

Ayo ubah gaya hidup kita dengan mengonsumsi teh hijau di pagi hari dengan sedikit gula.

2. Madu Manuka

makanan untuk wajah glowing3

Sudah rahasia umum kalau madu memiliki manfaat yang baik untuk kulit, termasuk bisa membuat wajah glowing secara alami. Namun, madu Manuka yang diproduksi lebah di New Zealand bisa dikatakan yang terbaik dalam hal kesehatan kulit wajah ini.

“Antioksidan dalam madu manuka sangat bagus untuk mengikat radikal bebas juga menguranginya,” ujar Mona Gohara, MD, associate professor klinis di Yale School of Medicine di New Haven, Connecticut.

Madu Manuka ini bisa kamu temui di toko yang menjual bahan impor. Cara terbaik untuk mengonsumsi dan mendapatkan manfaatnya adalah dengan menuangkannya ke secangkir teh hijau, atau dicampur dalam kreasi yogurt.

3. Mentimun

makanan untuk wajah glowing4

Saya cinta banget mentimun! Dan saya pikir semua orang pada umumnya menyukai sayuran satu ini.

Sering banget dijadikan dressing, atau bahan utama dalam menu makanan seperti yang pernah saya masak, chicken popcorn with cucumber sauce. Gimana nggak jadi favorit, sayur ini mudah ditemui dan bisa dimakan dengan apapun.

Bagian tengah mentimun mengandung 96% air (salah satu tertinggi dari sayuran apapun). Manfaat mentimun pun sangat baik untuk kulit wajah juga membuat glowing secara alami. Terbukti mentimum bisa menyegarkan juga memperbaiki kulit wajah yang rusak.

Selain dimakan, irisannya dipakai diletakkan di mata untuk mengatasi mata panda, mentimum juga bisa dijadikan toner loh.

Caranya dengan merebus irisan mentimum (kupas dan cuci bersih terlebih dahulu), lalu haluskan, saring dan masukkan cairan yang tersisa ke dalam botol semprot. Dan jadilah toner alami!

Toner mentimum ini baiknya disimpan di kulkas dan hanya bertahan selama empat hari.  

Makanan untuk wajah glowing alami yang satu ini baiknya nggak dilewatkan!

4. Tomat

makanan untuk wajah glowing5

Setiap hari pasti kita menyediakan tomat di rumah, yekan? Kalau saya dalam seminggu bisa mengonsumsi kurang lebih satu kilogram tomat untuk menu makanan.

Tomat mengandung likopen yang berfungsi pelindung internal untuk membantu melindungi kulit dari sengatan matahari juga mengurangi efek penuaan dini akibat sinar UV.

See, bahkan tomat yang seringnya kita pake untuk sambal ternyata termasuk makanan untuk wajah glowing alami.

Kamu bisa menggunakan tomat sebagai masker, dicampur di salad, atau tomatnya dipanggang dengan dioles minyak zaitun dan ditabur herbs, lezat!

5. Salmon

salmon

Saya pernah bahas sebelumnya makanan untuk meningkatkan imunitas dan salmon ini termasuk di dalamnya.

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon, bisa membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit wajah sehat juga merata. Nggak hanya itu, salmon bisa mengurangi risiko kondisi kulit yang terkait peradangan seperti rosacea dan eksim.

The American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa makan dua porsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon, trout, dan herring, seminggu sekali. Jika kamu seorang vegan atau bukan penggemar ikan, bisa diganti dengan kacang kenari, yang juga dikemas dengan omega-3.

6. Ubi Jalar (Sweet Potato)

makanan untuk wajah glowing

Saya suka banget mengonsumsi ubi jalar. Caranya ya cukup direbus saja. Manisnya alami juga mengenyangkan.

Dan, manfaatnya untuk tubuh juga banyak. Menurunkan berat badan? Bisa!

Saya jadi ingat di salah satu scene The King of Eternal Monarch di mana PM Koo hanya makan ubi saja tiap hari untuk menjaga beratnya. Bisa dicoba nih. Hehehe

Ubi jalar ini mengandung banyak vitamin A, bisa dikatakan untuk kebutuhan harian itu mencukupi. Vitamin C pun ada, sekitar 37% akan kebutuhan tubuh. Ada juga 25% mangan, 14% vitamin B6 dan 9% kalium.

7. Berries

makanan untuk wajah glowing6

Blueberi, strawberi, raspaberi, blackberi adalah buah yang mengandung antioksidan tinggi, ada polifenol juga flavanoid. Di mana kandungan tersebut bisa menetralisir radikal bebas di dalam tubuh kita, berfungsi juga untuk anti aging.

Kayak gini, bisa dikonsumsi langsung atau bisa tambahkan di kreasi yogurt ataupun resep smootie dan konsumsilah tiap pagi.

8. Air Mineral

makanan untuk wajah glowing6

Last but not the least, tentunya air mineral.

Air dengan sejuta manfaat ini nggak boleh dilewatkan. Pastikan kamu mengonsumsi delapan gelas sehari agar tubuh terhidrasi dan juga kulit. Coba deh kamu perhatikan perubahan saat mengonsumsi air mineral dengan teratur.

Selain bisa membuat lancar pencernaan, kulit wajah pun terawat.

Nah, lanjut nih yang perlu kamu hindari banget GULA.

soda

Mengonsumsi terlalu banyak gula rafinasi (dari soda, permen, atau manisan lainnya) bisa memicu proses glikasi, di mana molekul gula mengikat serat kolagen di kulit kamu.

Efeknya? Membuat kaku dan berubah bentuk. Tak hanya itu juga, mengonsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan penuaan dini.

Jadi, untuk wajah glowing alami baiknya skip gula olahan. Ganti dengan pemanis almi yang ditemukan di buah-buahan juga sayuran.

Kesimpulan

Ternyata, makanan untuk wajah glowing alami ala artis Korea Selatan ini sering banget yekan kita temui di dapur. Mudah dicari dan harganya nggak mahal.

Nah, coba deh kamu perhatikan makanan Korea Selatan itu selalu ada sayurannya. Contohnya, kimchi terbuat dari sayuran (paling sering dipakai adalah sawi, timun, lobak), ada juga bibimbap terbuat dari aneka sayuran juga lauk.

Pokoknya makanan orang Korea Selatan harus ada sayuran dan lauk yang cukup. So, nggak heran wajah mereka itu mulus terawat dari dalam.

Saran saya, imbangkan pemakaian skincare yang udah kamu punya dengan mengonsumsi delapan makanan untuk wajah glowing alami di atas. Dan jangan ngarep instan ya, karena semua butuh proses.

Semangaaat!

Teman-teman ada pengalaman nggak mengonsumsi makanan untuk wajah glowing? Plis share dong pengalaman kalian di kolom komen.

Have a lovely day.

Jangan lupa untuk memakai masker ya kalau keluar rumah, sering cuci tangan, bersih-berish dan ayo jaga pola makan.

2 Comments

  1. Hastira

Reply