5 Resep Smoothie Ini Bisa Membantu Kamu Meredakan Stres, PMS, Detoks Tambahan Agar Tubuh Lebih Sehat Lagi

Resep smoothie sudah beredar luas di mana-mana. Bisa kamu temukan di majalah, blog, beranda Facebook ataupun cookpad.

Nggak heran sih menurut saya, karena smoothie ini khasiatnya banyak dicari kaum perempuan, bisa memperlancar pencernaan dan menurunkan berat badan. Siapa coba yang nggak tertarik dengan khasiatnya? Saya sih iyes, nggak tau Mas Anang. Lol.

Resep smoothie ini sudah khatam saya baca, sayangnya nggak konsisten untuk menerapkannya setiap hari. *hiks. Alesannya? Belum nyetok buah πŸ˜€ *devil smile. Hehehe. Tapi, kayaknya itu bukan jadi penghalang ya, kalau emang niat mah harusnya itu nggak pengaruh. Setuju?

Sebelum saya lanjut ke resep smoothie, ada satu pertanyaan yang kerap melintas kalau mendengar kata itu.

Apa sih beda smoothie dan jus?

Hayo, ada nggak yang punya pertanyaan sama kayak saya? πŸ˜€ Dari segi hasilnya atau foto yang beredar, kayaknya mirip-mirip, yes. Nah, saya pun cari tau dengan membaca beberapa referensi biar pinteran dikit lah Mak Athar kalau ditanyai nanti. *uhuks

Jus adalah cairan murni yang dihasilkan dari proses pemerasan buah atau sayur. Untuk menghasilkan sari buah, biasanya kamu harus memeras secara langsung tanpa menggunakan alat khusus. Tapi, memeras tanpa menggunakan alat kayaknya bikin sakit tangan ya #eh, waktu lebih banyak dan must prepare more energy to do that. Makanya, sekarang ada alat khusus yang disebut juice extractor dan juicer.

Smoothie adalah bubur buah atau sayur. Artinya, semua bahan dimasukkan ke dalam blender kemudian diproses hingga halus. Hayo, pasti pada familiar yes dengan proses tersebut? πŸ˜€ Ciri-ciri smoothie itu, tekstur kental, creamy dan membuat perut kenyang.

Nah, jadi temans yang selama ini kita minum tuh dengan tekstur kental adalah smoothie! Hehehe, saya juga baru tau karena selama ini saya suka nyebutnya jus :D. Nggak masalah sebenarnya karena khasiat jus dan smoothie sangat baik untuk tubuh.

Lebih jelasnya lagi nih, mau pilih jus atau smoothie, ini bisa jadi referensi kamu.

  • Jika kamu ingin memeroleh nutrisi, vitamin dan mineral yang bisa diserap langsung oleh sel-sel tubuh, pilihlah jus.
  • Jika kamu mencari minuman sehat pengganti asupan makanan padat yang kaya akan serat, lemak sehat dan vitamin, pilihlah smoothie.

Baca juga : make over makanan dan minuman yang dikonsumsi

Okay, back to resep smoothie.

Kali ini saya akan share 5 resep smoothie dari weight control and anti-aging expert, dr. Grace Judio – Kahl, MSc, MH, CHt. Dokter Grace adalah seorang dokter ahli weight control, behaviour scientist dan pemerhati gaya hidup. Selain itu, dokter Grace juga pendiri sekaligus konsultan medis Shape Indonesia dan LightHOUSE di Jakarta, klinik yang menawarkan program penurunan berat badan secara sehat dan mandiri, tanpa mengandalkan obat atau alat yang menyebabkan ketergantungan, melainkan membimbing tiap individu untuk mandiri mempertahankan berat badan setelah program selesai. *keren yah ^.^

Inilah 5 resep smoothie yang bisa kamu konsumsi setiap hari, bisa meredakan stres, PMS untuk tubuh lebih sehat.

  1. Metabolic rate booster – Untuk kamu yang hobi olahraga

resep smoothie

Bahan :

150 ml teh hijau (bentuk bubuk tanpa gula)

100 gr daun mint

3 sdt madu

1 sdt red/pink peppercorn atau lada merah

Cara membuat :

Proses semua bahan ke dalam blender hingga halus. Sajikan

Untuk 1 gelas

Kalori per gelas : 50 Kkal

Konsumsi sebelum berolahraga

Kata ahli :

Ketika metabolisme tubuh tinggi, artinya tubuh dengan mudah membakar kalori. Teh hijau dan lada merah terbukti dapat membuat tubuh menjadi β€˜boros’ energi, sehingga kalori yang terbakar pun jadi lebih banyak. Campur dengan daun mint untuk sensasi segar. Tambahkan madu sesuai selera apabila kurang manis. Jika lada merah sulit ditemukan, kamu bisa menggantinya dengan bubuk cabai merah.

  1. Carbo fighter – untuk dikonsumsi tiap hari

resep smoothie1

Bahan :

150 ml susu kedelai

75 gr pisang cavendish (1/2 buah)

1 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat :

Proses semua bahan dalam blender hingga halus. Sajikan

Untuk 1 gelas.

Kalori per gelas : 115 Kkal

Kata ahli :

Pisang adalah alternatif sumber energi karbohidrat kompleks yang baik, karena dapat bertahan dalam darah lebih lama. Jadi, kamu nggak akan cepat lapar. Supaya lebih nikmat dan mengenyangkan, padukan dengan susu kedelai yang rendah lemak. Taburan kayu manis bermanfaat untuk membantu kerja insulin, serta membuat smoothie jadi lebih harum dan tidak membuat enek.

  1. Stress buster – minum ini untuk meredakan stres

resep smoothie3

Bahan :

100 gr frozen strawberry

1 sdt gula pasir

1 sdt pala serut

4 tetes minyak kayu putih

50 ml air matang

Cara membuat :

Proses semua bahan dalam blender hingga halus. Sajikan.

Untuk 1 gelas

Kalori per gelas : 34 Kkal

Konsumsi setiap merasa stres.

Kata ahli :

Selain dioleskan, minyak kayu putih juga aman diminum untuk mengendurkan saraf dan otot tubuh yang tegang. Dikombinasi stroberi, minyak kayu putih dapat menjadi penambah energi alami yang tinggi. Apalagi, nutrisi dalam semangkuk stroberi yang kaya vitamin, antioksidan, dan serat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga tingkat tekanan darah. Sementara pala mengandung zat yang memberikan sensasi menenangkan. Penggunaan stroberi yang telah dibekukan lebih praktis karena tak perlu menambahkan es batu dan tetap menyegarkan

  1. Sugar craving – sahabat sehat kala PMS

resep smoothie4

Bahan :

120 ml susu rendah lemak

2 sdt cokelat bubuk

2 sdt gula merah

Cara membuat :

Proses semua bahan dalam blender hingga halus. Sajikan

Untuk 1 gelas

Kalori per gelas : 86,8 Kkal

Konsumsi saat PMS

Kata ahli :

Kala PMS menyerang, dorongan untuk makan yang manis-manis selalu datang. Coba smoothie cokelat ini. Pilih bubuk cokelat asli. Supaya tidak terlalu pahit dan pekat, campur dengan susu rendah lemak dan gula merah. Perpaduan cokelat dan susu juga akan menstimulasi dopamin dan produksi serotonin yang memberikan rasa puas.

  1. Bowel Cleansing – untuk detoks tambahan

resep smoothie5

Bahan :

50 gr bayam

50 ml yogurt (apa saja)

1 sdt madu

1 sdt olive oil extra virgin

50 m air dingin matang

Cara membuat :

Proses semua bahan dalam blender hingga halus. Sajikan.

Untuk 1 gelas.

Kalori per gelas : 223,5 Kkal

Konsumsi 2 kali seminggu.

Kata ahli :

Seiring bertambahnya usia, kita juga perlu melakukan detoks tambahan dengan zat makanan tertentu. Serat bayam yang tinggi mampu menyapu kolesterol dari saluran cerna, serta mempercepat pembuangan sisa makanan. Sementara yogurt dan olive oil atau minyak zaitun dapat merangsang kontraksi usus. Yogurt dengan tambahan probiotik juga dapat menjaga keseimbangan mikroflora usus. Pencernaan yang baik bikin tubuh lebih nyaman.

Baca juga : 11 Kebiasaan hidup sehat perempuan Jepang

5 resep smoothie ini gampang banget, yes? Bisa kamu lakukan tiap hari, ada yang dua kali seminggu, sebelum olahraga, kala stres melanda maupun PMS. Disesuaikan dengan kebutuhan kamu, ya.

Saya juga mau mencoba ini, hidup sehat memang haruslah segera dimulaikan! Jangan tunggu nanti sakit baru mulai menerapkan pola hidup sehat. Bagi saya, resep smoothie ini untuk kesehatan tubuh, kalaupun ada penurunan berat badan anggap saja itu bonus.

Untuk foto-foto dari saya pribadi silahkan mantengin IG @rannyrainy (modus agar difollow kakaak :D), nantinya akan saya ceritakan kembali pengalaman bikin resep smoothie ini. Okay, sepertinya tukang sayur udah ada nih, kayaknya resep smoothie nomor 5 ini akan saya lakukan lebih dulu.Β Stay tune,Β yak!

Sehat selalu ya, temans.

Have a good weekend dear fellas…

__

Referensi :

http://www.jussehat.com/2014/04/apa-perbedaan-jus-dan-smoothie.html

http://www.gracejudio.com/

40 Comments

    • ranny
  1. Ria
  2. Agi
  3. Dhanang Sukmana Adi
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  4. Ety Abdoel
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  5. luckman
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply