4 Masalah Rambut Yang Sering Dialami Wanita Dan Ini Tips Untuk Mengatasinya

rambut2

Pernah nggak sekali waktu ke salon terus saat terakhir, ketika melihat kaca wajah kita berubah masam? Lalu terlontar kalimat kayak gini :

“Ya ampuunn, poniku kependekaan nih saay..”

Atau

“Astaga, kok warna ini jadinya malah gini di rambut aku? Gimana dong, cyin?”

Saya sih pernah! Heheheh Rasanya pengen nangis, tapi nggak mungkin lah banyak orang di samping. Si hair stylist pun jadi serba salah melihat wajahku yang berubah sendu. Tapi mau gimana lagi, nasi sudah menjadi bubur. Seperti poni kependekan, saya nggak tahu harus ngapain, yang ada seringnya saya jepit saja. Fiuhh! Mati gaya!

Dan yang terakhir kali, sebelum melahirkan saya potong rambut. Penginnya model bob ala Taylor Swift. Saya pun mengunduh fotonya. Udah tiba duduk manis trus tunjukin foto ke penata rambut, saya pun nyantai sambil main handphone. Ketika selesai, laah kok model bob layer, saya kan pengin lurus aja! Duh! Potong rambut pun di salon langganan, harganya? 200k! Nyesellll tapi keseeeelll hikz.

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Berbagai perawatan sering dilakukan untuk menghalau segala macam masalah rambut. Bad hair day bisa membuat mood jadi kacau. Masalah rambut pun tak melulu soal ketombe, rambut berminyak, rambut kering, ujung pecah-pecah. Gagal keriting, salah pewarnaan, poni kependekkan dan salah potong rambut bisa berakibat fatal jika tidak tau cara untuk mengatasinya.

  1. Gagal Keriting

gagal keriting

Kasus : setelah dikeriting rambut tampak kusam, kering, mengembang tak beraturan dan terlihat tidak sehat.

Kuncinya adalah tetap percaya diri. Jangan sampai mati gaya! Harus berani menciptakan gaya sendiri dan tak ada salahnya mencoba gaya harajuku dengan styling yang tidak lazim tentunya disesuaikan dengan karakter dan usia. – Gusnaldi

Selamatkan dengan :

  • Hair shine.

Produk styling rambut ini bisa menciptakan efek berkilau pada rambut secara instan. Biasanya mengandung vitamin yang sekaligus menjaga kondisi kesehatan rambut.

  • Styling iron

Jika hasil keriting terlalu kecil atau terlihat kering, kasar, tak beraturan, siasati dengan menggunakan curling iron agar ikalnya jadi lebih besar. Bisa juga meluruskannya dengan straightening iron. Pastikan saat menggunakannya rambut dalam keadaan kering agar tidak semaik rusak dan keriting. Tetapi, jangan melakukan hal ini terlalu sering karena bisa bikin kondisi rambut lebih parah.

  • Ponytail

Cara yang paling mudah untuk dilakukan. Gunakan jepit ataupun ikat rambut cantik agar mood kembali terangkat.

Tips

  • Lakukan perawatan pasca pengeritingan seperti creambath seminggu sekali agar kesehatan rambut cepat pulih.
  • Jangan melakukan pelurusan atau pengeritingan ulang segera setelah rambut dikeriting. Lakukan 3 bulan kemudian.
  • Gunakan conditioner untuk menjaga kelembapan rambut.
  1. Salah warna rambut

warnarambut

Kasus :  setelah dicat, warna rambut terlihat terlalu terang (pirang) atau tidak seperti yang diinginkan.

Apabila terjadi kesalahan, sebaiknya menunggu sebulan sebelum melakukan pengecatan ulang. Tapi, jangan khawatir, ada banyak cara darurat yang bisa dilakukan untuk menghindari bad hair day! Salah satunya adalah dengan menurunkan warna rambut kembali ke warna dasar. – Johny Mallato

Selamatkan dengan :

  • Toning

Menurunkan warna atau mengembalikan warna rambut ke warna yang mendekati asli dengan produk toning masih boleh dilakukan di hari yang sama – dengan syarat sebelumnya harus dilakukan hair treatment. Setelah toning, pastikan rutin untuk melakukan perawatan rambut setiap minggu selama 2 bulan seperti creambath, hair spa atau hair mask untuk mengembalikan kesehatan rambut sekaligus menutrisi rambut yang rusak.

  • Tata ulang rambut agar terlihat gaya dan modern.

Tips

  • Lakukan uji warna sebelumnya. Minta hair colorist mencoba warna di helaian rambut bagian dalam hingga kita bisa melihat hasil akhirnya. Pilih warna yang sesuai dengan kulit kita.
  • Diagnosa rambut untuk mengetahui kekuatannya dan apakah sebelumnya perlu dilakukan perawatan.
  • Beri kesempatan rambut untuk bernafas. Tunggu minimum 4 minggu sebelum mengecat ulang agar rambut tidak rusak. Dalam masa tersebut, pulihkan kembali kesehatan rambut dengan treatment mulai dari korteks sampai ke kutikula dengan serum atau masker rambut.
  1. Poni kependekan

poni

Tips :

  • Hair pin

Jepitkan di bagian bawah poni asli. Bentuk serta panjangnya bisa disesuaikan dengan potongan poni. Tidak permanen dan bisa dicopot atau pasang sendiri.

  • Hair piece

Semacam hair pin namun lebih tebal. Cara penggunaannya juga relatif sama dengan hair pin.

  • Hair extension

Ini solusi lebih praktis. Kita tak perlu copot dan pasang setiap saat. Rambut sambungan sebaiknya mengikuti model rambut yang diinginkan.

  • Styling product

Bubuhkan wax pada poni saat masih dalam keadaan lembap, lalu keringkan dan tata dengan menggunakan jemari.

  1. Salah potong rambut

salahpotong

Kasus : guntingan rambut terlalu pendek dan hasilnya justru membuat rambut terlihat kian tak beraturan karena terlalu banyak layer, sehingga makin sulit diatur.

Jangan panik, karena bisa membuat kreativitas jadi buntu! Geser sedikit angan-angan Anda dari tataan rambut yang diinginkan. Pasalnya, salah potong rambut kadang malah menguntungkan. Kuncinya adalah berani berkreasi dengan berbagai macam tataan rambut. – Alfons

Selamatkan dengan :

  • Potong ulang jika panjang rambut tidak terlalu pendek. Siapa tahu bisa diperbaiki. Jika rambut kepalang sangat pendek, satu-satunya jalan adalah bersabar menunggu 2-3 minggu hingga rambut tumbuh sedikit.
  • Styling product.

Tata rambut menggunakan hair gel, wax atau mousse. Jangan takut bereksperimen! Coba ganti arah belahan, atau bila rambut terlalu pendek, gunakan wax di ujung rambut untuk menciptakan tekstur rambut.

  • Hair clip

Ini adalah helaian rambut palsu yang dijepit di antara rambut asli. Hasilnya bisa membuat rambut tampak lebih tebal dan panjang.

  • Hair extension

Suatu kecanggihan teknologi yang mampu membuat rambut pendek jadi panjang hanya dalam hitungan jam. Pastikan menggunakan rambut asli bukan sintetis agar perawatannya mudah dan tak lekas kusut.

  • Bando

Salah satu perangkat utama yang bisa membuat gaya rambut pendek jadi lebih istimewa.

Tips

  • Konsultasikan dahulu model ramut yang diinginkan dengan penata rambut dan pastikan sudah sepaham tentang model yang cocok.
  • Jangan lupa tanyakan kepada penata rambut apakah jenis dan tekstur rambut yang mana cocok untuk kita tentunya disesuaikan dengan gaya yang diinginkan.
  • Pastikan saat memotong rambut kita sedang berada dalam mood yang baik dan punya banyak waktu luang agar tidak terburu-buru.

Nah, sekarang sudah tau kan 4 masalah rambut ini sering dialami para wanita dan ini tips untuk mengatasinya.

6 Comments

  1. Lensa Rambut
  2. Ety Abdoel
  3. ndop
    • ranny
    • ranny

Reply