English Academy – Memudahkan Anak untuk Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Saya harus berterima kasih pada gim online. Karenanya lah kakak mau belajar lanjut bahasa Inggris. Dan sekarang ini makin termudahkan hadirnya aplikasi belajar online seperti English Academy by Ruangguru.

Sedikit cerita, ya …

Si kakak seperti anak-anak pada umum lah main gim online. Tapi, kami kasih batasan bisa main seminggu sekali saja. Nah, gim online yang dia mainin seperti Free Fire, Modern Warship, Roblox itu menggunakan bahasa Inggris.

Memang sih di sekolah kakak itu ada pelajaran bahasa Inggris sejak kelas satu bahkan ada LEC juga, di mana mereka mengakses laboratorium bahasa untuk belajar. Ya, alhamdulilah pendidikan sekarang makin maju ya.

Tingkat bahasa Inggris kakak bisa dibilang dasar banget, sebelum pandemi sudah sesuai lah pengetahuannya dengan kurikulum, namun ketika masuk belajar online, bahasa Inggrisnya agak merosot.

Ketika kakak main gim online, dia mesti bisa menguasai bahasa Inggris agar bisa main dengan teman-temannya. Walau tidak level advance, tapi ada fitur-fitur di gim online tersebut yang full menggunakan bahasa Inggris.

Memang sih agak sedikit dibantu teman-temannya, tapi ternyata kakak tidak puas dan pengin belajar lagi.

Setiap ada acara tv yang mengandung bahasa Inggris, kakak sangat excited membaca dan bertanya apa artinya ke saya. Begitupun saat membaca buku cerita bilingual, kakak sudah bisa membaca kalimat-kalimat walau ada dikit yang saya benerin pengucapannya.

Melihat antusiasme kakak yang tinggi dengan bahasa Inggris, saya menawarkan kakak untuk les saja. Dia pun sangat semringah mendengarnya.

Awalnya, suami dan saya mau daftarin kakak di les deket rumah, tapi kok sering tutup. Saat saya bisa ketemu dengan administrasinya, eh malah nggak tau harganya. Lha, saya pun jadi mikir dua kali untuk daftarin kakak.

Akhirnya ketika saya download Ruangguru, di situ ada salah satu program English Academy dan salah satu fiturnya ada untuk usia kakak.

Kelebihan English Academy yang Menarik

English Academy ini iklannya pasti sudah pernah kita lihat di TV ya. Yang menampilkan seorang guru berkebangsaan Amerika (sepertinya, kalau nggak salah ingat).

To be honest, iklannya itu memengaruhi saya. Sudah terpikirkan bahwa kakak mau les online di English Academy saja deh melihat iklannya yang meyakinkan.

Agar lebih mantepin hati, saya pun mencari tahu seluk beluk tentang English Academy. Berikut saya rangkumkan kelebihan English Academy yang bikin saya tertarik.

  1. Menggunakan Kurikulum Cambridge

Kurikulum Cambridge ini sudah sangat terkenal ya. Dan saya tertarik dengan kurikulum ini, sayangnya belum semua sekolah mengadaptasinya.

Kurikulum Cambride merupakan bagian dari penyedia kualifikasi dari kurikulum internasional yang sudah diuji ke 1000 sekolah dengan sebaran 160 negara termasuk Indonesia di dalamnya.

Ya, seperti namanya kurikulum ini bagian dari organisasi non profit Cambridge Assement, Universitas Cambridge Inggris.

Kelebihan dari kurikulum ini adalah :

  1. Bisa lebih fasih berbahasa Inggris
  2. Memiliki cara pandang secara internasional
  3. Bisa lebih mendapatkan pendidikan terbaru dan juga modern
  4. Memiliki kesempatan untuk bisa kuliah di kampus terbaik dunia

Well, nggak heran kalau English Academy memilih kurikulum Cambridge ini ya.

2. Tenaga Kerja Profesional

Master teacher di English Academy ini profesional dan memiliki kompetensi yang sudah tidak diragukan lagi.

Contohnya Master teacher Ricky, di mana sudah sepuluh tahun pengalaman mengajar di Inggris dan Indonesia dengan metode belajar yang interaktif.

3. Skill yang Diasah Untuk Masa Depan Anak Lebih Baik

Di English Academy ada empat skill yang diasah, di mana sangat berguna bagi masa depan anak.

  • Listening, pelajar mahir dalam menyerap informasi lisan, dalam konteks keseharian hingga pendidikan
  • Reading, pelajar dapat membaca dengan efektif; bacaan keseharian hingga artikel akademis
  • Speaking, pelajar cakap dan percaya diri berbahasa Inggris, baik secara formal atau informal
  • Writing, pelajar mampu menyalurkan gagasan dalam media tulisan; penulisan kreatif hingga esai

4. Metode Belajar Interaktif Berbasis Digital

English Academy menyajikan metode belajar yang mengoptimalkan teknologi. Dengan live teaching oleh pengajar internasional, pelajar diberikan kemudahan dalam mengakses dan menyerap pembelajaran, sehingga dapat mencapai tujuan belajar.

Cara Menggunakan English Academy

Sangat mudah banget menggunakan layanan English Academy ini lho.

  1. Untuk yang menggunakan smartphone dan sudah mengunduh Ruangguru di bagian home ada fitur English Academy, silahkan klik saja nanti akan direct ke laman English Academy.
  2. Untuk Desktop, bisa klik English Academy nantinya akan muncul lamannya.

Ada 4 kelas yang ada di English Academy :

  1. Runner (Usia 7-10 tahun)

Program Runner mengoptimalkan kegiatan belajar Bahasa Inggris dasar untuk anak. Dalam kelas ini, anak akan diajak untuk mengenal dan memahami berbagai macam tata Bahasa Inggris secara interaktif. Dengan metode & materi pembelajaran yang mudah dipahami, program belajar Bahasa Inggris untuk anak ini cocok bagi pelajar dengan rentang usia 7-10 tahun.

2. Sprinter (Usia 11-14 tahun)

Program Sprinter mengasah keterampilan lanjutan Bahasa Inggris. Dengan metode belajar yang menyenangkan, Program Sprinter disusun agar relevan bagi pelajar berusia 11–14 tahun.

3. Ranger (Usia 15-18 tahun)

Program Ranger meningkatkan keterampilan lanjutan Bahasa Inggris pelajar SMA. Kelas Ranger disusun agar relevan bagi pelajar berusia 15–18 tahun.

4. Explorer

Program Explorer dirancang untuk mempertajam kefasihan Bahasa Inggris bagi tingkat dan umum. Program Explorer dikemas dengan metode belajar yang komunikatif, juga menyenangkan.

Menurut saya udah lengkap banget ya di English Academy ini, menyesuaikan dengan jenjang usia juga. Salah satu cara mudah belajar Bahasa Inggris dah. Bagi yang ingin belajar bahasa Inggris, English Academy bisa banget jadi pilihan.

Semoga membantu yaa artikel ini. Kalau ada yang pernah belajar di English Academy, mau dong komennya di kolom komen. 😉

Have a good day …

3 Comments

Reply