Ruangbelajar – Aplikasi Belajar Online untuk Anak di Rumah

Hi Mama, di tahun ajaran 2021/2022 ini kita masih berjibaku dengan pembelajaran jarak jauh, ya. Gwencana (tidak apa-apa). Memang masa pandemi seperti sekarang ini, PJJ merupakan jalan terbaik. Untuk mendukung PJJ, tak jarang orang tua menggunakan aplikasi belajar online sebagai bantuan termasuk saya.

Nggak bisa dipungkiri ya, Ma, kalau selama PJJ ini sungguh menguras energi juga emosi. Terasa banget pundak ini lelah sehabis mengajar anak-anak. Apalagi godaan gim online sungguh sesuatu, mau tak mau mesti berdamai dengan gadget.

Memang benar, orangtua itu harus membantu anak-anak belajar, sayangnya kayak saya ini seringkali tersulut emosi dengan hal kecil seperti tulisan si kakak yang udah naik-naik-ke-puncak-gunung. *inhale exhale

Giliran belajar dengan bunda guru, eh cepet dong masuknya. Yasalam, di sinilah baper. Haha … Tapi, ya inilah keadaan kita sekarang ini. Saya yakin, Mama-mama juga mengalami hal yang kurang lebih sama dengan saya.

Terbatasnya pertemuan dengan guru membuat ada ‘lubang-lubang’ pelajaran yang membuat anak jadi missing. Nah, sebagai orang tua pastinya sudah berusaha semaksimal mungkin dalam ‘menambal’ lubang ini tapi seringkali juga tetap masih ada celah.

Inilah yang membuat saya dan barangkali Mama juga memiliki aplikasi belajar online untuk membantu pembelajaran anak-anak.

5 Manfaat Aplikasi Belajar Online

Ada lima manfaat yang saya rasakan dari sisi orang tua dengan hadirnya aplikasi belajar online ini.

  1. Belajar lebih praktis

Teknologi hadir untuk memudahkan. Dan inilah yang dimanfaatkan oleh aplikasi belajar online.

Kemudahan akses belajar kapan pun dan di mana pun membuat aplikasi belajar online digemari oleh murid juga orang tua. Akses untuk menonton pun full time. Mau pakai tablet, smartphone, website pun bisa.

Materi pun bisa diulang-ulang sesuka hati apabila anak belum terlalu paham. Dan pemilihan materi pun disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

2. Lebih personal ke tiap murid

Setiap guru pastinya mengalami kesulitan ketika menghadapi kebutuhan anak didik yang beragam. Nah, di aplikasi belajar online ini guru lebih fokus ke kebutuhan tiap siswa.

Di belajar online format konten yang disajikan beragam, cara pengajaran pun lebih fokus (satu guru, satu mata pelajaran), sehingga anak-anak bisa memiliki pengalaman belajar yang lebih personal dan unik.

3. Bisa memantau perkembangan anak

Di aplikasi belajar online juga tersedia rapor anak lho.

Jadi, sebagai orang tua bisa memantau sudah sejauh mana anak-anak memahami pelajarannya. Di aplikasi belajar online juga ada analisis yang menunjukkan perkembangan anak yang kurang di mana, dan sangat menguasai di bagian mana.

Ini penting karena ke depannya guru bisa melakukan evaluasi dan perbaikan bagi tiap murid.

4. Harga lebih ramah di kantong

Ini salah satu faktor mengapa saya menyukai aplikasi belajar online, harganya ramah di kantong.

Selain aksesnya mudah, harga juga sangat berpengaruh. Betul nggak? So far, di aplikasi yang digunakan oleh anak biayanya termasuk murah.

Ada paket per semester dan juga per tahun plus diskon.

5. Quiz

Agar memastikan anak-anak mengerti akan materi yang disampaikan , ada fitur quiz di aplikasi belajar online. Materinya diakses gratis lho dan bisa langsung dinilai.

Umumnya di tiap quiz akan ada penjelasan di tiap akhir soal. Jadi, anak-anak pun jika salah menjawab akan tahu alasannya.

Salah satu aplikasi belajar online terbaik yang saya pilih untuk anak adalah Ruangbelajar dari Ruangguru. Saya yakin, pasti Mama udah familier dah dengan aplikasi yang satu ini.

Review Ruangbelajar untuk Belajar Online Anak

Ruangbelajar ini merupakan fitur dari Ruangguru ya, Ma. Jadi, untuk akses ini bisa banget didownload pakai smartphone ataupun laptop. Nah, untuk yang mau via laptop ada step-stepnya di website Ruangguru.

Untuk mengakses Ruangbelajar, Mama perlu download dan daftar. Ketika mendaftar akan muncul pilihan mau kelas berapa. Berhubung si kakak udah kelas tiga jadi pilih kelas tersebut.

Daftar mesti pilih dulu kelas

Bisa akses gratis? BISA BANGET!

Ini tampilan gratisnya ya, nanti kamu pilih saja mau yang mana.

Contoh, saya pilih Bahasa Indonesia, setelah klik kolom Bahasa Indonesia akan muncul seperti ini.

Lalu saya pilih : Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan

Dan akan muncullah video Lulu.

Kalau berbayar? Bisa banget.

Ada empat paket yang disediakan yaitu :

  • Ruangbelajar 1 – Rp 599.000,-
  • Ruangbelajar semester ganjil – Rp 385.000,-
  • Ruangbelajar 2 (SD 1-2-3) – Rp 999.000,-
  • Ruangbelajar 1 Bulan (SD 1-2-3) – Rp 270.000,-

Sedangkan fitur-fitur dari Ruangbelajar :

  • Ruangguru adventure
  • Ruangguru PET
  • Jadwal Belajar
  • Adapto
  • Asah Otak
  • Bank Soal
  • Konsep Kilat
  • Laporan Belajar
  • Rencana Belajar
  • Subtitle video
  • Pet Mission
  • Fitur pencarian
  • Tes Minat Bakat

Memang sih saya baru mulai menggunakan di tahun ajaran baru ini, tapi ternyata mudah banget cara penggunaannya, cara belajarnya juga dan fiturnya super duper lengkap. Yang gratisan sungguh membantu banget karena Ruangbelajar menyajikan video yang mudah dimengerti dan ada bank soal juga.

Recomended? Absoluetly yes.

Mama ada nggak yang mengunakan aplikasi belajar online ini? Mau dong share pengalamannya di kolom komen.

Semoga kita semua sehat selalu ya. Pokoknya mari kita rapatkan barisan, tetap semangat dan waras selama PJJ ini.

3 Comments

Reply