5 Cara Mengatasi Susah Tidur dan Makanan Untuk Mengatasinya

Susah tidur sungguh nggak mengenakkan. Betul? Minggu kemarin, tepatnya kamis malam, saya mengalami yang namanya susah tidur. Benar-benar bikin saya kesal dan nggak tau mau ngapain. Berbagai cara untuk mengatasi susah tidur ala saya sudah dicoba. Seperti, membaca biar datang kantuk, menghitung domba, hingga mendengarkan lagu selow. Tapi, tetap saja mata ini terasa berat untuk merem. Kalau ada yang temenan sama saya di Instagram dan suka lihat IG story, pasti nemu postingan saya di pukul 12.54 am, dengan latar belakang hitam pekat, di suhu 24’ C. *hiks.. Saya baru bisa tidur pukul 2 dini hari! Dan paginya harus bangun untuk siap-siap jalan. Hvft.

Saya termasuk golongan yang jarang banget susah tidur. Secara seharian temenin anak main, beres-beres rumah dan ketika Kei tidur, saya pun ikutan tidur. Kenapa? Karena Kei masih menyusui dan saya harus bangun setiap beberapa jam untuk menyusui, selain itu saya ngedit artikel itu selesai subuh. Jadi, mau nggak mau harus kondisiin tubuh biar nggak drop. Well, jadi Mama nggak boleh sakit, yes? :p Sekali sakit, kelaaar urusan rumah… Hehehe.

Penyebab susah tidur itu beragam, kayak saya barangkali tidur siang agak lama. Bisa juga pengaruh stres, sakit, kafein. Tiap tubuh memiliki penyebab berbeda-beda perihal susah tidur ini.

Baca juga : Inilah 11 cara hidup sehat ala perempuan Jepang yang membuat mereka langsing

Untuk menyiasati masalah susah tidur ini, saya pun mencoba beberapa cara mengatasi susah tidur agar bisa hidup lebih sehat.

cara mengatasi susah tidur

Nah, salah satu poin adalah penggunaan bantal, ini juga terkait dengan posisi tidur. Rupanya, salah posisi tidur pun bisa menyebabkan susah tidur.

cara mengatasi susah tidur

Image via Pinterest

Berhubung saya sering menggendong Kei, jadi kerap mengalami nyeri di bahu dan juga punggung. So, menurut infografis ini ada baiknya bantal saya menyangga bahu. Untuk nyeri punggung, bantal diletakkan di atas lutut.

Selain dengan 5 cara mengatasi susah tidur di atas, mengonsumsi makanan-makanan ini bisa bantu kamu untuk menghindarinya.

cara mengatasi susah tidur

Makanan-makanan tersebut bisa loh kamu konsumsi sebelum tidur sebagai pengganti kopi maupun cake. Tinggal disesuaikan saja dengan selera.

Benahi perilaku tidur juga berpengaruh terhadap masalah susah tidur ini lho. Jika kamu bisa benahi kayak jam biologis, pola makan, cahaya sewaktu tidur, kenyamanan dikombinasikan dengan 5 cara mengatasi susah tidur di atas, yakin deh tidurmu akan lelap dan teratur.

Jika kamu terus menerus mengalami masalah susah tidur atau sudah mengidap insomnia, ada baiknya konsultasi dengan dokter karena diperlukan penanganan khusus. O ya, HINDARI untuk minum obat tidur atau penenang, yes, apabila susah tidur. Takutnya, akan ketergantungan dan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kamu pernah nggak mengalami susah tidur? Cara kamu mengatasinya bagaimana? Share dong di kolom komen.

Stay healthy, ya, temans!

15 Comments

  1. Sangkar Ayam
  2. Mukhlis Muhammad
  3. Ety Abdoel

Reply