Tips Memilih Pembersih Lantai yang Aman Untuk Bayi dan Anak

Saya suka banget membelikan anak-anak mainan. Sepertinya ini default setting kita sebagai orang tua, ya.

Apalagi ketika anak sudah memohon dengan memasang puppy eyes-nya. I’m melted. Hhhh

Nah, yang jadi tugas rumah bagi saya adalah memastikan lantai itu selalu bersih ketika anak-anak selesai bermain. Ini tentunya membuat saya mesti memilih pembersih lantai yang aman untuk bayi dan anak.

Sedikit cerita nih.

Sejak tiga tahun belakangan ini saya menyukai anak-anak bermain play doh. Berbagai warna, maupun peralatan pendukung kami belikan untuk mereka.

Ini bermula dari saya menjadi editor beberapa buku Montessori salah satunya Islamic Montessori, di mana selalu menekankan permainan yang mengasah motorik halus anak salah satunya dengan play doh.

Dan itu terbukti.

Kei sejak usia dua tahun saya biarkan dia main play doh bersama kakaknya. Kadang kala saya menemani mereka bermain apabila tidak sibuk.

Di situ saya lihat gimana tangan kecilnya dengan lincah membuat berbagai cetakan dan model-model hewan dari play doh.

Di usia tiga tahun, Kei mau corat-coret di buku walau hasilnya abstrak. Cara dia memegang pensil itu sekali diajarin, bisa! Di usia empat tahun, sudah bisa menulis angka maupun huruf.

Benar-benar permainan edukatif ini mampu mengasah motorik halus anak dengan baik. Hingga sekarang pun mereka masih main play doh.

Namun, yang jadi kendala adalah lantai itu kotor dari sisa play doh! Arrrgghh …

Apalagi suka nempel banget di lantai dan bikin saya mesti kerja ekstra untuk membersihkannya. Nggak sampai di situ, saya juga mesti pintar memilih pembersih lantai yang aman untuk bayi dan anak.

Kenapa?

Anak-anak itu kerap main di lantai sekaligus ngemil juga. Jadi, selain kebersihan tentunya yang utama, saya juga memastikan bahwa pembersih yang saya gunakan itu aman untuk mereka.

Dari pengalaman, saya akhirnya mengkurasi lagi hal-hal yang mesti diperhatikan dalam memilih pembersih lantai yang aman untuk bayi dan anak.

Ini ada beberapa tips yang semoga bisa membantu teman-teman.

Tips Memilih Pembersih yang Aman Untuk Bayi dan Anak

  1. Bebas bahan kimia yang berbahaya

Mamak-mamak, sebagai garda terdepan dalam berbelanja jangan pernah lelah untuk membaca label kemasan. Khususnya terkait dengan bahan yang terkandung di dalamnya.

Baiknya dalam membeli pembersih lantai yang aman untuk bayi dan anak adalah tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Apa saja tuh?

Alkohol, klorin, paraben, triclosan, paraben dan phthalates.

Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan masalah pernapasan hingga memiliki efek juga ke tumbuh kembang anak.

So, jangan pernah sepelekan membaca label kemasan, ya! Be smart buyer!

Baca juga : Cara memilih produk pangan siap konsumsi dengan logo “pilihan lebih sehat”

2. Pilihlah yang mengandung bahan alami

Sejak mengenal essential oil, dan merasakan betul manfaat bahan alami, sebisa mungkin saya memilih produk yang ada kandungan bahan alami di dalamnya. Termasuk pembersih lantai.

Saya lebih condong ke bahan yang mengandung Lavender, karena termasuk anti bakteri, aman banget untuk bayi, anak dan ibu hamil. Lavender selain anti bakteri juga anti alergi.

Begitupun dengan pewanginya, saya menyukai Lavender, lemon, rosemary atau pepermint. Pokoknya yang dari bahan alami dah.

3. Food grade

Nggak hanya memilih props foto saja yang saya food grade, pembersih lantai pun sebisa mungkin food grade.

Apa sih food grade itu?

Jadi food grade ini merujuk ke satu material yang cocok dan sesuai jika bersinggungan dengan makanan. Suatu bahan bisa dikatakan food grade apabila dari bahan tersebut nggak bisa transfer zat-zat berbahaya ke dalam makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

Nah menurut saya, bahan pembersih lantai yang aman untuk bayi dan anak sebaiknya food grade juga. Jadi, ketika selesai ngepel dan anak makan apel misalnya lalu jatuh ke lantai, itu masih aman dikonsumsi.

Kalau saya pribadi tiga tips itu aja sih yang selalu jadi acuan dalam membeli pembersih lantai yang aman untuk bayi dan anak. Mudah, yekan?

Soal harga ini mah tergantung kita masing-masing, ya. Karena saya yakin tiap rumah tangga memiliki bujet tertentu dalam berbelanja.

Lalu, apa nih pembersih lantai yang aman untuk bayi dan anak?

Kali ini saya menemukan yang benar-benar pas dengan tiga kriteria di atas!

Mama’s Choice Baby Floor Cleaner – Pilihan Pembersih Lantai yang Aman Untuk Bayi dan Anak

Kenapa saya memilih Mama’s Choice Baby Floor Cleaner?

Karena produk ini memiliki tiga kriteria di atas. Tapi, to be honest yang saya jatuh cinta banget akan Mama’s Choice adalah kandungan bahan alami yang digunakan.

Bahan yang terkandung di dalam Mama’s Choice Baby Floor Cleaner : Lavandula Angustifolla (Lavender) oil 0,04%, Decyl Glucoside 0,03%, Rosemarinus Officinalis (Rosemary) leaf Extract 0,009%, Chamomila Recutita (Matricaria) Flower Extract 0,009%m Rosa Cannina Fruit Extract 0,009%.

See, kandungan bahan alami semua! Apalagi ada mother of essential oil, Lavender, kesayanganku.

Sedikit berbagi tips nih membersihkan play doh yang menempel di lantai.

  • Cungkil pelan dengan pisau oles selai (saya pakai bagian tumpul)
  • Angkat sisa play doh
  • Sapu lantai
  • Lalu pel dengan Mama’s Choice Baby Floor Cleaner

Ini sering banget saya lakukan, hasilnya lantai bersih, wangi dan anak-anak pun aman main.

Cara penggunaan :

  1. Saya biasanya menuangkan dua tutup botol ke 2-3 liter air.
  2. Lalu basahi kain pel, peras dan bersihkan lantai.
  3. Setelah kering, anak-anak bisa bermain.

Ada empat hal yang saya sukai setelah menggunakan Mama’s Choice Baby Floor Cleaner.

  1. Lantai kesat, kinclong. Jadi, saya pernah menggunakan pembersih lantai yang ketika selesai pel malah lantai malah agak berminyak dan meninggalkan jejak-jejak kaki. Namun, saat memakai Mama’s Choice Baby Floor Cleaner, setelah kering lantai kesat dan kinclong.
  2. Food Grade, jadi setelah selesai ngepel dan anak-anak makan camilan di lantai saya nggak khawatir lagi.
  3. Wanginya ini bikin relaks karena ada kandungan Lavender.
  4. Hypoallergenic, Mama’s Choice Baby Floor Cleaner ini tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Karena salah satu anak saya memiliki riwayat alergi, ini saya perhatikan banget dalam membeli produk.

Mama’s Choice Baby Floor Cleaner bisa saya katakan pembersih lantai yang aman, natural, bebas toksin dan halal (ada logo MUI loh di kemasan).

So, Mamak-makan bisa #KurangiWorry akan bahan kimia di pembersih lantai dengan menggunakan Mama’s Choice Baby Floor Cleaner. Cari tahu selengkapnya kelebihan pembersih lantai Mama’s Choice di sini yuk.

Kesimpulan

Sekarang saya nggak pusing lagi mencari pembersih lantai yang aman untuk bayi dan anak karena ada Mama’s Choice Baby Floor Cleaner. Pembersih lantai ini benar-benar sesuai kriteria saya.

FYI, keunggulan Mama’s Choice Baby Floor Cleaner antara lain.

  1. Mengandung antibakteri dari ekstrak Lavender, Rosemary dan Chamomile.
  2. Efektif membunuh kuman dan bakteri pada permukaan lantai yang bersentuhan langsung dengan bayi
  3. Formulanya food grade, tanpa SLS dan paraben sehingga sesuai untuk bayi dan keluarga

Mamak yang lagi hamil, punya bayi dan anak, saya recomended banget untuk memilih Mama’s Choice Baby Floor Cleaner.

Kini, saya bisa #KurangiWorry saat anak bermain di lantai karena sudah memilih pembersih lantai yang aman dan tepat.

Kalau Mamak-mamak mau membeli produk Mama’s Choice Baby Floor Cleaner bisa via website Mama’s Choice dan masukkan kode MAMARANNY untuk mendapatkan diskon sebesar 25k (minimal pembelian 90k). Voucher berlaku hingga 31 Januari 2021.

Semoga sharing saya ini membantu ya Mamak-mamak agar kita bisa lebih menjaga anak-anak dengan memilih pembersih lantai yang aman bagi mereka.

Anyway, barangkali ada teman-teman yang mau berbagi tips memilih pembersih lantai, bisa banget ditulis di kolom komen.

Stay safe and healthy always, ya.

See you.

12 Comments

Reply