Cara Membeli Kansai Area Pass – Pilihan Tur Hemat Hingga 4 Hari Untuk Wisatawan Asing

Jepang adalah salah satu negara yang sudah masuk list untuk bisa dikunjungi satu saat nanti bersama keluarga. ((AMIN))

Negeri Sakura ini menawarkan begitu banyak tempat eksotis yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Nggak hanya itu juga, budaya setempat itu sangat menarik! Tapi, yang bikin saya tertarik adalah kereta cepatnya, shinkansen, pengin banget cobain. ūüėÄ

Namun, dari cerita teman-teman yang sudah ke sana, biaya hidup dan akomodasinya lumayan tinggi. Hiks. Ini kadang membuat para wisatawan maju-mundur cantik untuk ke sana.

Tapi, negara ini selalu ada saja cara untuk ‘meluluhkan’ hati para wisatawan. Dibuatlah sebuah akses masuk ke tiap bagian negara Jepang. Dan ini sangat membantu loh.

Adalah Japan Railways Group menyediakan Japan Railway (JR) pass khusus untuk wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Jepang dengan biaya yang cukup hemat.

Pada jenis Region Pass terdapat 4 bagian daerah yaitu west, east, Kyushu dan Hokkaido. Kamu dapat memilih berdasarkan region mana yang ingin dikunjungi dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

Misalnya, kamu ingin mengunjungi berbagai wisata yang ada di daerah Kansai, maka kamu dapat membeli Kansai Area Pass.

Kansai area pass adalah tiket Kereta terusan dari JR WEST yang memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan tanpa batas dengan Kereta JR di area Barat Kansai.

Eh sebentar, udah pada apa itu Kansai? Nama kota atau?

Kansai atau disebut juga Kinki adalah istilah yang digunakan untuk menyebut wilayah Jepang di bagian barat Pulau Honshu yang terdiri dari 7 Preferktur. Beberapa kota yang terkenal menjadi destinasi wisata seperti Kyoto, Osaka, Nara dan Kobe termasuk di area Kansai ini.

Nah, biar kamu nggak ribet untuk mengunjungi kota-kota tersebut, gunakanlah Kansai area pass. Seperti apa sih Kansai area pass ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga : Warisan Heritage Resort Solo – Staycation asyik keluarga di kota Solo

Destinasi Tujuan yang Dijangkau Oleh Kansai Area Pass

Bagi wisatawan asing, mengunjungi negara Jepang memang tak bisa dalam waktu yang lama. Hal ini karena adanya batas maksimal waktu kunjungan bagi yang telah apply paspor ‚Äútemporary visitor‚ÄĚ.

Biasanya kunjungan yang diperbolehkan selama 15 hingga 90 hari. Maka dari itu, pilihlah tiket Japan Railway Pass yang sesuai dengan daerah yang akan dikunjungi.

Bila kamu memilih Kansai Area Pass, maka setidaknya ada 6 tujuan yang dapat dikunjungi.

sumber : https://www.japan-guide.com/e/e2361_03.html

Daerah tersebut adalah Bandara Kansai, daerah Hyogo (Kobe dan Himeji), wisata di Osaka (Universal Studio Japan, Namba, Shinsekai dan Tennoji), wisata di Shiga (Danau Biwa, kota Kusatsu dan Tsuruga), wisata di Kyoto (Kuil Fishimi Inari dan lain-lain) dan kota Nara.

Harga Tiket Kansai Area Pass

kansai area pass
sumber : finntofly.com

Terdapat 2 macam kategori harga yaitu harga untuk dewasa dan anak-anak.

Kategori anak-anak yang diwajibkan membayar kursi adalah dari usia 6 tahun hingga 11 tahun. Sedangkan untuk usia di bawah 6 tahun tidak diwajibkan membeli tiket namun saat naik transportasi umum tidak mendapat jatah kursi.

Kategori dewasa adalah orang yang berusia di atas 12 tahun. Harga tersebut juga dapat bervariasi tergantung dari paket selama berapa hari Anda mengunjungi Kansai.

Harga untuk anak-anak dipatok setengah dari harga orang dewasa.

FYI, Kansai area pass ini hanya bisa dimiliki oleh wisatawan asing.

Terdapat 4 macam paket yang bisa kamu kunjungi di mana 4 paket tersebut mencakup wilayah Osaka, Kobe, Kyoto dan Nara. Paket tersebut adalah paket dengan kunjungan 1 hari, 2 hari, 3 hari dan 4 hari. Semakin lama harinya maka semakin mahal pula harganya. 

Namun, lebih direkomendasikan untuk mengunjungi 4 daerah tadi pada 4 hari yang berbeda. Hal ini agar kamu bisa puas menikmati keseluruhannya dan tidak terburu-buru mengunjungi 1 wisata ke wisata yang lain.

Untuk wisata 4 hari, kamu cukup merogoh kocek seharga 6.600 yen untuk tiket dewasa dan 3.300 yen untuk tiket anak-anak. Harga yang terjangkau untuk jenis kendaraan umum, kereta, di Jepang. Dengan harga segitu, puas naik kereta keliling beberapa kota.

Cara Membeli Kansai Area Pass Dari Indonesia

Membeli Kansai Pass dapat dilakukan secara langsung saat kamu berada di Jepang maupun melalui daring.

Namun demi kenyamanana selama berada di Jepang dan untuk mempermudah transaksi, sebaiknya kamu memesan tiket Kansai Area Pass secara online saat masih berada di Indonesia. Pemesanan tiket Kansai Pass dapat dipesan melalui travel aget online, salah satunya Traveloka.

Di Traveloka, kamu dapat memesan Japan Railway Pass dari berbagai region.

Untuk berkunjung ke Kansai dan ingin memesan Kansai Area pass, langkah-langkah berikut yang harus kamu lakukan.

  1. Ketiklah tujuan Kansai dalam kolom pencarian.
  2. Lalu pilih daerah yang akan dikunjungi.
  3. Jangan lupa untuk selalu membaca dengan detil seputar area yang akan dikunjungi, fasilitas dan serivs apa saja yang akan didapatkan dengan menekan, ‘see passes’.
  4. Jika sudah cocok, pilih jenis pass yang dikehendaki (1 day, 2 day dan seterusnya).Beberapa jenis Pass terdapat pilihan kelas (Ordinary atau  Green Car) dengan harga dan fasilitas yang berbeda.
  5. Lalu, pilih metode pembayaran. Traveloka menyediakan berbagai macam metode pembayaran, yaitu transfer bank (ATM, internet banking atau mobile banking), kartu kredit, Pay Later, atau membayar di kasir minimarket.
  6. Setelah pembayaran selesai, kamu akan memperoleh Exchange Order via email atau kurir.

Nah, saat ke Jepang jangan lupa dong bawa Exchange Order ini. Saat udah tiba di Jepang, minta kepada pihak imigrasi untuk memberikan stempel ‚Äúpengunjung sementara‚ÄĚ pada paspor.

Kemudian, kunjungi salah satu kantor Japan Railway dan tunjukkan stempel pada paspor serta lembar Exchange Order. Selamat! kamu telah siap untuk mengeksplor area Kansai!

Sungguh membantu banget bukan, JR pass ini. Liburan pun nggak perlu khawatir akan transportasi, bujet pun bisa diperkirakan akan habis berapa banyak, juga kunjungan ke tempat wisata pun bisa dimaksimalkan.

Semoga tulisan ini membantu, ya, bagi kamu yang akan berencana ke Jepang pertama kali.

Untuk teman yang udah pernah ke Jepang menggunakan JR pass atau Kansai pass ini mau doong sharing ceritanya di kolom komen.

Have a lovely day.<3

sumber : https://www.his-travel.co.id/blog/article/detail/berkenalan-dengan-jr-west-%20kansai-area-pass

2 Comments

    • ranny

Reply