6 Jenis Kendaraan Umum di Bandara yang Memudahkan Kamu Untuk Traveling

Moda transportasi bandara sangat dibutuhkan untuk membawa calon penumpang menuju bandara dalam waktu tepat. Kendaraan umum ini berfungsi untuk mengantar dan menjemput wisatawan dari dan ke bandara. Kamu bisa pesan transportasi bandara dengan mudah melalui aplikasi atau situs resmi Traveloka.

Pemesanan via Traveloka ini sangat membantu karena cepat juga ada banyak harga promo. Seperti dari Jakarta menuju Bogor, kamu bisa menggunakan damri atau bus yang bisa dipesan via Traveloka. Opsi ini memudahkan kamu untuk tiba di tujuan tanpa repot dan bisa mencicipi kuliner legendaris kota Bogor tanpa halangan.

Apa saja sih jenis transportasi bandara?

Berikut 6 jenis kendaraan umum yang bisa kamu akses dari bandara, traveling pun menjadi lebih mudah.

  1. Taksi

Hampir di setiap bandara terdapat taksi sebagai transportasi antar jemput penumpang.

Kamu bisa memilih taksi sebagai airport transfer karena di bandara terdapat taksi kelas standar dan juga eksekutif. Taksi diberi tanda khusus karena dilengkapi dengan argometer di mana biayanya ditentukan oleh jarak tempuhnya.

Pemesanannya bisa dilakukan langsung dengan cara mendatangi loket taksi dan kamu bisa memesan sesuai dengan tempat tujuan. 

Biaya dasar untuk naik taksi kelas standar hanya senilai Rp 6.500 per sekali buka pintu dan Rp 4.000 per kilometernya. Total biaya yang dihabiskan untuk sekali naik taksi lumayan tinggi apalagi jika jarak yang ditempuh. Semakin jauh maka biaya yang dihabiskan juga semakin tinggi.

Saran bagi kamu yang belum terlalu tahu lokasi tujuan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu. Karena, jika kamu belum memiliki lokasi tujuan yang pasti, risiko biaya yang dikeluarkan lumayan besar.

2. Sewa Mobil

Apabila kamu ingin ke bandara dengan jumlah anggota keluarga yang lumayan banyak, maka sebaiknya gunakan saja mobil sewaan agar lebih hemat.

Jika mobil sewa yang digunakan memiliki kapasitas lebih besar maka sangat baik untuk mengangkut sekitar 5 atau 6 orang sekaligus sehingga kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk masing-masing orang. Harganya juga tergantung dengan jenis mobil yang disewa.

Kisaran harganya sekitar Rp 175.000 atau bisa lebih untuk satu mobil saja. Namun mengingat kapasitasnya yang banyak maka lebih hemat jika harganya sekitar Rp 175.000 atau lebih. 

Fasilitas mobil sewa juga lebih bagus karena bisa memilih sendiri mobil jenis apa yang akan digunakan untuk sewa sehari itu saja. Pemilihan mobil pastinya membuat nyaman.

Jadi kalau pun kamu membayar sedikit lebih mahal tidak mengecewakan, tapi tetap saja perlu dicek terlebih dahulu, jangan asal terima harga sewa. Usahakan penawaran harganya tetap sesuai pasaran. 

Baca juga : 5 Tempat nongkrong di Yogyakarta yang buka 24 jam

3. Transportasi Online

Transportasi online merupakan moda transportasi yang dipesan melalui aplikasi secara online.

Meskipun saat pertama rilis transportasi ini dilarang masuk area bandara karena menjadi permasalahan bagi penyedia transportasi di dalam lingkungan bandara.

Namun saat ini transportasi online sudah diperbolehkan. Bagi kamu yang ingin memesan transportasi tersebut maka bisa langsung memesan melalui aplikasi dan mereka akan menjemput sesuai lokasi.

Pengalaman traveling beberapa kota, biasanya transportasi online ini lebih memilih untuk mengantar langsung ke area bandara. Tapi, apabila kamu tiba di bandara dan mau pulang, baiknya memesan transportasi online dengan titik di luar bandara.

4. Bus

cara mengatasi mabuk perjalanan bus2

Nah, jika kamu ingin transportasi yang murah meriah, bisa langsung memesan tiket bus di Traveloka.

Harga untuk sekali naik bus ini cukup terjangkau apalagi kalau kamu memesan ketika sedang diadakan promo oleh pihak Traveloka. Kamu bisa mendapatkan tiket murah dan juga bagasi bus ini lumayan besar untuk barang bawaan. 

5. Damri Bandara

sumber : tribunnews.com

Damri merupakan salah satu moda transportasi legendaris yang kita punya. Ternyata transportasi ini sudah ada sejak tahun 1943 dan merupakan layanan transportasi publik milik pemerintah.

FYI, perusahaan otobus ini memiliki nama lengkap Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia.

Jika dulu Damri itu berupa bus besar untuk perjalanan antar kota dan provinsi, sekarang ini sudah melebarkan sayap dengan menjajal segmen angkutan pengangkut moda atau biasa dikenal dengan nama DAMRI bandara.

Layanan DAMRI Bandara ini telah tersedia di 22 kota di Indonesia dan bisa dipesan via Traveloka. Beberapa rute terpopuler DAMRI Bandara adalah Bandara Halim Perdanakusuma – Bekasi dan Bandara Halim Perdanakusuma – Bogor.

6. Kereta Api Bandara

Terakhir ada kereta api bandara yang merupakan pilihan tercepat bagi para penumpang. Tiket kereta bisa kamu dapatkan di mesin penjualan tiket atau melalui pemesanan online.

Baca juga : 4 Tips mendapatkan tiket murah kereta api

Tapi, sayangnya belum semua bandara memiliki kereta api bandara ini. Semoga tahun-tahun ke depan kereta bandara ini semakin banyak dan hadir di berbagai kota, ya.

So, dari keenam jenis transportasi umum di bandara ini, yang mana sudah pernah kamu coba?

Reply