7 Tips Bulking Dengan Benar Bagi Pemula Fitness

Masih pada ingat nggak momen atlet bulutangkis kita, Jojo, melepas kaos setelah menang? Pastinya masih, ya. Secara fenomenal banget deh gayanya. ūüėÄ

Semua pun tertuju pada badan atletis plus ‚Äėkotak-kotak‚Äô otot di perut yang heboh disebut roti sobek. Hehehe … Saya sempat terpikir, ini sih bisa jadi tren positif ya. Eits, bukan tren lepas kaos ya ūüėÄ tapi jadi pengin fitness untuk bisa dapetin tubuh atletis itu.

Tubuh atletis mah nggak selalu identik dengan kaum pria, ya. Kaum perempuan juga bisa kok kalau mau. Coba lihat pacarnya om Deddy Corbuzier, cantik dan badannya atletis loh. Saat dia memakai gaun pun nggak kelihatan kekar kayak di bayangan kita tapi malah kelihatan feminim.

tips bulking dengan benar

Cantik dan atletis! Nah badan atletis gini bisa didapetin kalau bulkingnya benar.

Fitness sudah pasti bikin tubuh sehat ini yang utama, sedangkan terbentuknya otot-otot itu nilai plus yang bakal didapatkan jika kamu melakukannya dengan rutin.

Bagi pemula fitness, biasanya akan ditanyakan tujuan melakukannya. Biar kamu tuh nggak berhenti di tengah jalan hanya karena ikut-ikutan nggak tau mau diapain tuh badan. Secara fitness itu kan body building, jadi perlu ngerti betul mau bulking apa cutting.

Baca juga : #MyHealthyStory – Tekanan bola mata tinggi, kok bisa?

Di artikel kali ini saya pengin bahas tentang bulking, ya. Karena ternyata banyak pemula yang sering salah kaprah tentang bulking ini.

Fase bulking sendiri memiliki arti fase di mana seorang berusaha untuk menambah berat badan sebanyak-banyaknya dengan menekankan pada pembangunan otot bukan menambah lemak.

Yang sering terjadi, kesalahan pemahaman akan definisi ini. Di pikiran kita itu kalau mau nambah berat badan ya makan sebanyak-banyaknya. Haelaaah, nggak gitu juga keles. Di bulking emang menambah berat badan tapi JANGAN fokus pada timbangan! Karena intinya itu menambah massa otot.

Nah, kali ini saya akan berbagi beberapa tips bulking dengan benar bagi pemula fitness sehingga kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

tips bulking dengan benar2

Tips bulking dengan benar

 1. Makanlah setiap tiga jam
Jika kamu serius ingin mendapatkan ukuran tubuh yang lebih besar, kamu harus terus mengasup nutrisi ke dalam tubuh kalian dengan makan tiap 3 jam sekali.

Kamu tidak boleh mengalami katabolik, yaitu kondisi di mana tubuh kekurangan kabohidrat, ataupun protein untuk dibakar saat latihan beban dan mengakibatkan tubuh mulai memakan otot-otot yang dibentuk demi mencukupi kebutuhan protein tubuh yang terlalu defisit.

Hal itu menyebabkan usaha kamu sia-sia dalam membangun otot.

Jadi intinya, untuk memiliki menaikkan massa otot caranya dengan makan makanan yang mengandung kalori setiap 3 jam sekali. Ini akan membuat tubuh kamu stabil dan nggak defisit kalori.

 2. Makan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang berkualitas tinggi

Janganlah sampai kamu salah presepsi tentang cara bulking yang benar. Di mana kamu makan segala jenis makanan tanpa memperhitungkan atau mengetahi kandungan apa yang terkandung didalamnya.

Kamu harus makan makanan yang mengandung protein yang berkualitas tinggi sepert ikan, telur, daging merah tanpa lemak, karbohidrat kompleks seperti kentang, ubi jalar, nasi merah dan oatmeal.

Aturan porsi yang benar adalah protein 2/3 dan karbohidrat 1/3 untuk mendapatkan kualitas otot yang baik dalam menambah berat badan.

 3. Mengonsumsi susu protein setelah selesai latihan

Latihan beban akan menguras energi tubuh dari protein dan glikogen, sehingga waktu yang tepat untuk mendapatkan nutrisi kembali dan mempercepat pemulihan tubuh adalah dengan segera mengonsumsi susu protein setelah latihan.

Untuk mendapatkan penambahan berat badan yang optimal, konsumsilah susu gainer yang telah tersedia dipasaran dengan berbagai merk dan tinggal kalian memilih susu gainer yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kantong kamu.

Susu gainer berprotein tinggi yang recomended dan baik untuk dicoba adalah susu Appeton Weight Gain Adult. Mengapa susu Appeton Weight Gain? Karena kandungan L-Lysine di dalam susu Appeton Weight Gain ini berfungsi untuk mencukup kebutuhan protein yang diperlukan oleh beberapa bagian tubuh kamu. Selain itu, harga susu Appeton Weight Gain Adult relatif murah dibandingkan susu whey protein atau gainer lainnya.

Susu penggemuk badan pria dan wanita asal Perancis ini terbukti efektif untuk menaikkan berat badan secara optimal. Susu Appeton Weight Gain tersedia dalam rasa coklat dan vanilla yang lezat. Kalian bisa membelinya secara online di toko online maupun membelinya di swalayan ataupun apotek terdekat dari rumah kalian.

4. Istirahat yang cukup

Tekanan di sekolah, kuliah, maupun dalam pekerjaan akan membuat kamu stres. Stres akan membuat kamu merasa mudah capek saat latihan, juga berefek pada mental sehingga kamu nggak akan merasa kuat dalam mengankat beban saat latihan.

Oleh karena itu, jika kamu berada dalam kondisi stres, tidurlah 8 jam sehari untuk recovery otak dan otot.

Baca juga : #MyHealthyStory – Gusi bengkak dengan dua penyebab

5. Jangan latihan lebih dari 3 hari berturut-turut

Jika kamu ingin terus mengalami progress dalam peningkatan berat badan dan menghindari overtraining, kamu perlu waktu untuk memulihkan tubuh dari latihan. Ke gym tiga hari atau lebih berturut-turut akan membuat tubuh hampir mustahil untuk mendapatkan pemulihan.

Kamu harus memberikan waktu pada tubuh untuk istrahat demi menumbuhkan kembali jaringan otot baru mengganti yang telah rusak. Lakukanlah latihan 3 hari berturut-turut dan setelah itu istirahatlah paling kurang 1 hari dan lakukan lagi latihan tersebut.

6. Jangan konsumsi terlalu banyak lemak

Ya memang bulking tujuannya adalah untuk menambah berat badan. Tetapi bulking yang benar adalah mengonsumsi sedikit lemak sehingga tidak menghilangkan serat otot.

Lemak yang banyak dalam tubuh akan menghilangkan tampilan otot dan membuat tubuh semakin bergelembir. Tentunya akan membuat kamu terlihat gemuk dan tidak keren. Bulking yang benar adalah menambah berat badan dengan tingkat massa otot yang besar sehingga berat badan akan bertambah tetapi tetap terlihat atletis.

7. Berikan waktu bagi tubuh kalian untuk tumbuh

Terakhir, kenaikan berat badan dan massa otot adalah suatu proses yang lambat. Sekarang tergantung dari kamu sendiri seberapa besar untuk bersabar dan menunggu hal itu terjadi. Tentu dengan usaha yang maksimal dan selalu disiplin dalam menjalankan tujuan kamu ini.

Jangan terlalu berharap untuk mendapatkan massa otot dan berat badan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Tetapi teruslah berlatih dan berusaha.

Yha, itulah 7 tips bulking dengan benar bagi pemula fitness agar bisa terus semangat, ya latihan. Nggak berhenti di tengah jalan dan menghilangkan salah kaprah selama ini tentang bulking yang benar.

Semoga sehat selalu, ya. Dan semangaaat untuk olahraga!

2 Comments

Reply