5 Tips Tiket Murah Agar Bisa Menghemat Ongkos Perjalanan

Hae ….

Minggu lalu, saya bikin list 5 tempat wisata keluarga di Malang sebagai bentuk wishlist semoga bisa terwujud di liburan keluarga besok. Aminkan doong 😀

Nah kali ini, saya pengin membahas tentang serba-serbi tiket pesawat murah. Hayo, pasti tertarik yekan? 😀 Secara mau ke mana pun seringkali kita mencari beberapa referensi untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

As we know, tiket pesawat murah yang banyak dijual saat ini memudahkan untuk bepergian jarak jauh. Dulu kan ya hanya orang berada yang bisa naik pesawat. Kini golongan ekonomi menengah juga bisa beli tiket pesawat murah dan merasakan bepergian dengan pesawat terbang terutama jika tiket sedang dijual harga promo.

Pahami Dulu Klasifikasi Tiket Penerbangan

tiket pesawat murah

Bagaimana cara beli tiket pesawat murah? Sebelum pertanyaan itu terjawab ada baiknya kita memahami klasifikasi tiket penerbangan. Dengan memahami ciri khas tiket penerbangan berdasarkan kelas akan mempermudah berburu tiket pesawat murah.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipahami dalam tiket penerbangan.

1. Tiket di sub kelas berbeda

Seorang penumpang bisa membeli tiket di sub kelas yang berbeda tanpa tergantung pesawat kelas pertama, bisnis atau ekonomi

2. Setiap kelas dan penerbangan ditandai dengan huruf khusus

Jika diteliti dengan cermat setiap tiket memiliki satu huruf alfabet khusus di deretan booking number. Huruf tersebut mewakili informasi kelas penerbangan seperti economy class, first class atau business class.

Huruf atau alfabet khusus tersebut berfungsi untuk menandakan harga tiket, menandai perbedaan letak kabin dan fasilitas yang diperoleh penumpang dalam kelas penerbangan.

Adanya huruf alfabet khusus ini juga sangat membantu jika hendak mengajukan refund tiket karena pembatalan penerbangan atau reschedule karena situasi dan kondisi tertentu.

Baca juga : 9 Hal di Pacitan Ini Perlu Kamu Tau

3. Kode khusus

Setiap maskapai penerbangan memiliki cara khusus untuk memberi nama kelas. Namun secara umum dikenal simbol atau kode sub kelas yang memiliki arti khusus yaitu:
Y adalah kode untuk kelas ekonomi
F dan P merupakan tiket dengan harga termahal untuk first class
J dan C merupakan tiket dengan harga termahall untuk kelas ekekutif dan kelas bisnis
B, H, L dan V merupakan kode sub kelas sebagai pembeda fasilitas
X, U dan R adalah kode khusus sebagai penanda tiket yang dibeli dari konsolidator atau perusahaan yang membeli langsung dari maskapai penerbangan.

Tiket harga khusus tersebut kemudian dijual kembali sehingga konsumen dan agen perjalanan bisa beli tiket pesawat murah.

Hayo dari semua kode tersebut, seringkali beli kode yang mana? 😀 Kalau saya sih Y yah hihiih …

Tips Agar Bisa Beli Tiket Pesawat Murah

tiket pesawat murah2

Jika pengetahuan klasifikasi sub kelas tiket yang dibeli sudah dipahami maka kita bisa lebih mudah memahami pembatasan yang berlaku pada tiket, misalnya fasilitas jatah bagasi, biaya reschedule atau refund, apakah ada fasilitas makan dan minum dan tentunya adalah masa berlaku tiket.

Berikut adalah beberapa tips beli tiket pesawat murah yang bisa kamu lakukan.

1. Pahami sistem promo tiket dan ketentuan yang berlaku jika ingin melakukan reschedule

Misalnya best price atau special promo adalah tiket dengan harga murah namun tidak bisa pilih nomor tempat duduk. Promo ini juga tidak memperkenankan untuk reschedule kecuali konsumen mau membayar pinalti yang cukup mahal.

2. Hindari memilih jam penerbangan siang

tiket pesawat murah3

Jam pagi biasanya adalah jam penerbangan dengan tiket paling siang. Tiket paling murah rata-rata ditawarkan pada jam penerbangan paling pagi atau terakhir mendekati larut malam.

3. Beli jauh hari

Tips yang ini sering banget saya lakukan. Karena biasanya kalau kita sudah tau kapan keberangkatan, akan memudahkan untuk memantau harga tiket. Beli tiket jauh hari itu biasanya lebih murah ketimbang beli seminggu mau berangkat.

4. Manfaatkan program promo di Bukalapak

Bukalapak sering memberikan promo di momen-momen khusus pada segmen tiket pesawat. Pantau situs Bukalapak. Ajukan email berlangganan untuk mendapatkan informasi terbaru dari program promo yang sedang ditawarkan dengan demikian tidak akan ketinggalan kesempatan mendapatkan tiket pesawat murah.

5. Gunakan promo murah dari bank tempat menabung

Biasanya setiap bank itu memiliki promo khusus untuk tiket pesawat. Manfaatin itu! Ada yang berupa diskon ada pula cashback. Untuk promo kartu yang berlaku nggak hanya kartu kredit saja tapi juga kartu debit.

Baca juga : Pesawat Delay : Atasi Dengan 5 Tips Ampuh Ini!

Sudah jelas yes serba-serbi tiket pesawat murah? Jadi, sekarang sudah lebih asyqiue ya merencanakan perjalanan sendiri, dengan keluarga maupun sahabat. Manfaatin promo beli tiket pesawat murah di Bukalapak, karena bisa membantu kamu hemat biaya perjalanan.

So, untuk kamu yang sering melakukan perjalanan, ada tips tambahan nggak untuk dapetin tiket pesawat murah?


Disclosure : artikel ini adalah content placement, namun telah diedit disesuaikan dengan gaya bahasa blog.

Tags:

2 Comments

    • ranny

Reply