Variasi Es Krim dan Tips Bikin Es Krim Rumahan

Variasi Es Krim

Holla..

Seperti janji saya sebelumnya di tulisan Asal Usul Es Krim dan Variasinya di Berbagai Negara kali ini saya akan menuliskan serba-serbi es krim. Mulai variasi es krim, hingga es krim home made. Membahas tentang es krim emang nggak ada habisnya, ya! Apalagi cuaca terik gini, es krim benar-benar bisa jadi teman yang menyegarkan.

  • Variasi Es Krim

Selama ini yang kita tau es krim itu bahan utamanya susu lalu ditambah krim yang dibekukan. Untuk es krim tertentu ditambah dengan bantuan bahan penstabil (stabilizer) dan perekat (emulsifer) hingga menghasilkan es krim dengan cita rasa yang khas.

Tapi, ternyata seiring waktu, es krim mengalami perubahan untuk membuatnya menjadi lebih nikmat. Perubahan itu tak hanya dari segi kreativitas pembuat es krim, tapi juga merujuk pada situasi dan kebiasaan yang ada di tempat tersebut. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

  1. Penyajian

Pertama kali es krim sering disajikan di mangkuk. Tapi seiring perjalanan waktu selain ditaruh di mangkuk, es krim bisa juga ditaruh di cone dari wafer atau ditancapkan di stik kayu.

  1. Variasi Bentuk

Untuk variasi bentuk, ada ice cream cake, cake yang terbuat dari es krim yang teksturnya lebih padat dari es krim biasa, karena lebih banyak mengandung krim dan hanya mengandung udara sekitar 20%, sehingga lebih tahan lama di udara terbuka. Atau, es krim goreng yang dipopulerkan di Meksiko dan es krim dalam bentuk butiran-butiran kecil yang dikenal sebagai minimelts.

  1. Cita Rasa Es Krim

Sekarang ini, berbicara tentang cita rasa es krim, kita pasti menemukan bermacam varian rasa. Mulai dari yang klasik seperti coklat dan vanila, aneka buah segar atau dicampur dengan liquer. Bahkan, ada juga yang mencampurkannya dengan kopi, chocolate chip, cookies dan kacang-kacangan seperti hazelnut atau pistachio.

  1. Panduan Penyajian Es Krim

Untuk penyajian es krim pun makin beragam. Misalnya, sundae, 2-3 jenis rasa es krim disajikan dalam satu wadah. Atau banana split, pisang yang diberi 3 jenis rasa es krim. Yogurt, wafel, wafer, brownies, kue sus juga sering disertakan dalam penyajian.

Ada juga kue sus yang di dalamnya ditaruh es krim dan diberi saus cokelat yang lezat, sering dikenal dengan nama profiterol. Ada juga es krim yang dicampur minuman hangat, seperti espresso ice cream, milk shake.

Pastinya yang disebutkan di atas sudah pada pernah coba, bukan?

  1. Bahan Pembuat Es Krim

Jangan salah, bahan pembuat es krim pun mengalami perubahan. Misalnya, ada es krim yang dibuat tanpa menggunakan krim. Contohnya, sorbet. Selain itu, ada es krim susu kedelai, yang terbuat dari susu kedelai murni, sehingga rendah lemak dan rendah kolesterol, namun tetap terasa gurih. Lain lagi dengan granite yang tak lain adalah es lilin yang terbuat dari sari buah, air dan gula. Campuran ini langsung dibekukan tanpa melalui pengadukan, sehingga teksturnya pun jauh lebih keras.

Kadang kala, kita pengin banget bikin es krim sendiri, apalagi jika si kecil suka banget sama es krim, rasanya tiap hari membelinya bakal bangkrut deh heheheh.. Nah, ini ada 6 tips untuk bikin es krim rumahan.

  • 6 Tips Membuat Es Krim Rumahan
  1. Gunakan bahan yang berkualitas baik karena kualitas bahan sangat menentukan kualitas es krim yang dihasilkan.
  2. Penggunaan bahan alami akan membuat penampilan dan cita rasa es krim makin memikat.
  3. Gunakan ice cream maker skala rumah tangga. Sebelum alat digunakan, dinginkan di dalam freezer selama 6 jam agar proses pembekuan lebih cepat. Adonan hanya perlu dikoock selama 1-2 jam, sebab dalam mesin tersebut terdapat wadah untuk es batu yang membantu adonan es krim menjadi cepat berbutir-butir.
  4. Jika tidak ada ice cream maker, lakukan pembekuan dengan cara menyimpan adonan ke dalam freezer hingga agak beku, keluarkan kocok dengan mixer hingga lembut.
  5. Sebaiknya, aduk adonan dalam mangkuk stainless steel lebih mudah menyimpan dingin dibanding wadah biasa.
  6. Makin sering diaduk, tekstur es krim akan makin lembut. Lakukan hal yang sama selama 3 kali atau lebih. Es krim yang baik tidak banyak mengandung kristal es.

Gimana, makin mengenal es krim kan? Sekarang nggak perlu ragu lagi bikin es krim rumahan dengan tips di atas.

Selamat berakhir pekan!

Tags:

11 Comments

  1. Jual Bubuk Es Krim
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply