Tips Memilih Pakaian Olahraga untuk Muslimah yang Nyaman

Tahun ini saya memiliki resolusi 2022 untuk lebih sehat dan bisa menurunkan berat badan. Salah satu caranya ya dengan mulai rutin olahraga (lagi). Agar lebih maksimal nih olahraganya, saya pun mulai mencari tips memilih pakaian olahraga untuk muslimah. Bukan untuk gegayaan untuk outfit, no, tapi agar gerak saat olahraga itu lebih nyaman.

Bicara tentang olahraga, sosok yang sangat menginspirasi saya itu adalah Mama. Beliau sejak usia 37 tahun sudah rutin olahraga aerobik hingga usia 50-an sebelum divonis sakit jantung dan harus menjalani operasi pasang ring.

Apa efeknya rajin olahraga? Tubuh Mama itu sampai sekarang terbilang proposional, tulangnya kuat, mau jalan sejauh apapun skuy lah tapi berhubung udah sakit jantung ya nggak boleh terlalu capek. Dan Mama itu tiap sakit, alhamdulilah cepat recovery-nya.

Mama pun kerap menasihati saya, walau sudah punya anak dan ada banyak kerjaan, olahraga juga jaga pola makan harus tetap diperhatikan. Itulah mengapa sejak dua tahun belakangan ini saya mulai olahraga walau kadang rutin dan kadang nggak. Hiks.

Di tahun 2022 ini sungguh saya sudah niat banget untuk rutinkan olahraga. Tubuh harus gerak! No debat!

Alhamdulilah sejak awal Februari saya mulai olahraga di rumah. Saya rutin olahraga cardio untuk pemula. Awalnya sih seperti biasa, sendi-sendi sakit tapi saya nggak mau kalah mood jadi tiap hari saya olahraga. Hasilnya? No more sakit sendi lho.

Sejak olahraga, saya sadar bahwa menggunakan pakaian olahraga itu banyak manfaat. Yang terutama saya merasa nyaman dan gerak pun jadi lebih maksimal. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips memilih pakaian olahraga untuk muslimah bagi kamu yang mau mulai gerak tubuh.

Tips Memilih Pakaian Olahraga untuk Muslimah

Pilih bahan yang tepat

Tips memilih pakaian olahraga untuk muslimah yang pertama dari saya adalah pilihlah bahan yang tepat.

Wait, bahan yang tepat ini seperti apa?

Jadi, ketika berolahraga tubuh akan mudah berkeringat ya apalagi untuk kita perempuan berhijab. Maka bahan pakaian yang terbaik yang bisa kamu pilih adalah kain yang mengandung polypropylene.

Bahan polypropylene ini memungkinkan keringat bisa menguap lebih cepat jadi tidak akan membuat tubuh basah terus.

Nah, sebaiknya hindari menggunakan pakaian olahraga dengan bahan katun, karena bisa menyerap keringat dan membuat tubuh mudah basah. Apabila kamu menggunakan bahan katun dalam rentang waktu lama, maka akan terjadi penumpukkan keringat dan bisa mengundang jamur dan bakteri berkembang pesat. Akibatnya, risiko terkena infeksi jamur di kulit itu tinggi.

Model yang nyaman

Sebagai perempuan berhijab, kita diwajibkan menggunakan pakaian olahraga yang tertutup. Oleh karena itu, umumnya kita akan memilih atasan lengan panjang.

Tapi, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mix-match pakaian olahraga loh. Kamu tetap bisa kok menggunakan pakaian lengan pendek yang dimix-kan dengan manset di dalamnya. Namun pastikan manset yang akan kamu gunakan itu tidak terlalu ketat karena biasanya akan menimbulkan bekas di kulit dan rasa gatal.

Atau bisa juga loh kamu gunakan atasan tunik. Untuk bawah saya sih lebih memilih menggunakan legging dengan bahan strecth ya, karena agak ketat jadi saya siasati dengan menggunakan rok khusus pakaian olahraga.

Perhatikan ukuran

Tips memilih pakaian olahraga untuk muslimah yang berikut adalah perhatikan ukuran. Pilihlah ukuran pakaian olahraga yang tidak terlalu ketat dan sesuai dengan ukuran badan kamu, ya.

Mengapa nggak boleh terlalu ketat?

Well, kita ini kan berhijab ya kalau terlalu ketat justru bisa menghambat gerakan tubuh. Bahkan bisa loh bikin lecet kulit. Tak hanya itu, pakaian yang ketat dan kekecilan juga bisa membatasi peredaran darah dan bisa menimbulkan kram di kaki.

Gunakan hijab olahraga

Seriously mau gunakan jilbab segi empat plus peniti untuk olahraga? Saya nggak rekomen deh. Bisa-bisa peniti atau jarum pentulnya bikin ulah dan bahan katun juga bikin rambut cepat lepek.

Pilihlah hijab olahraga dengan bahan polyester yang fleksibel juga ringan. Hijab olahraga ini sangat aman ya karena didesain khusus yang memudahkan sirkulasi udara.

Saya mau sedikit review ya pakaian olahraga yang dibeli akhir bulan Januari lalu. Saya belinya di HIA Every Wear. Tahu brand ini karena jadi sponsor sewaktu acara satu dekade KEB lalu.

Review Mini Pakaian Olahraga HIA EveryWear

Jujurly, saya baru pakai pakaian olahraga ini minggu kemarin! Hahaha astaga setelah ngedon satu bulan dong di lemari pakaian. Itupun asli dengan niat yang menggebu-gebu untuk mengalahkan mood, olahraga di lapangan.

Saya membeli hijab dan juga rok olahraga.

Untuk hijabnya seperti di foto, ya. Jadi sengaja saya beli yang bisa menutupi bagian dada. Terus mengapa beli rok? Karena saya pakai legging dan atasannya gak terlalu panjang.

  • Adeeva Hijab

Saya membeli hijab olahraga dengan ada lubang di lengan jadi kayak pakai sweater dan menutupi bagian dada. Saat memakai ini saya merasa nyaman, bisa bergerak maksimal juga dan tidak khawatir hijabnya tersingkap atau ketarik ke belakang.

Bahan hijab ini slim spandex jadi asli terasa adem, ringan dan tidak terawang. Hijab ini all size ya dengan LD 104 cm dan bisa stretch sampai 110 cm.

Harga lagi sale nih di website 79k.

  • Heelya short-skirt

Saya memilih ini biar dipadupadankan dengan legging. Dikutip dari official store HIA EveryWear di Tokopedia, pakaian olahraga ini hadir dengan teknologi air hi-tech yang quick drying, moisture wicking, 4 way strecth, UV protection dengan bahan lycra.

Saat pakai ini memang elastis ya, pas di badan, cuma saat lari agak ketarik hihihi jadilah saya dikit-dikit mesti turunin. Tapi, asli bahannya itu oke banget loh. Gak tembus pandang juga.

Jadi, saya rekomendasiin banget brand ini bagi kamu yang ingin membeli pakaian olahraga. Bisa loh kamu ceki-ceki di e-commerce atau follow Instagram HIA Everywear untuk update terbaru.

Eniwei, kalau belanja online kamu suka nggak memilih jasa pengiriman? Kalau saya sih iya banget.

Karena sekarang ini banyak ya jasa pengiriman menawarkan berbagai ongkos kirim yang murah meriah namun kadang kala kecepatan pengiriman itu masih lambat. Kalau saya pribadi, lebih suka menggunakan JNE dari dulu. Entah itu mau belanja online ataupun mengirim barang.

Ada 4 alasan mengapa saya selalu memilih JNE untuk belanja online :

  • Harganya sering ada promo
  • Kecepatan pengiriman tepat waktu
  • Ada notifikasi
  • Kurirnya pun tanggung jawab kalau saya tidak ada di rumah, sering WA dan fotoin barang diletakkan di mana. Dan kurirnya suka meletakkan barang di area yang tidak banyak orang bisa lihat.

 Nah, ternyata saya dong nggak salah pilih jasa pengiriman. Di usianya yang menginjak angka 31 tahun, JNE kembali mendapat anugerah : Indonesia Top Digital Public Relations Award 2022 dengan kategori jasa pengiriman. Ini sudah didapatkan JNE tiga kali berturut-turut loh sejak tahun 2020.

FYI, Indonesia Top Digitap PR merupakan penghargaan khusus untuk perusahaan yang pintar dalam memanfaatkan digital PR dalam komunikasi, menjalin engagement dengan konsumen dalam menciptakan persepsi serta personal branding positif akan produk juga perusahaan.

Di Indonesia Top Digital PR Award 2022 ini, JNE meraih total skor 12,58%, angka ini lebih besar dibanding perusahaan sejenis. Adapun poin tersebut diperoleh setelan Tras n Co Indonesia dan Infobrand ID melakukan riset lebih dari 1000 brand dari 140 kategori brand teriset di Indonesia. Parameter riset penilaian digital ada tiga yaitu social engagement, digital mention aspect, digital media aspect.

Banyak harapan agar ke depan JNE terus konsisten ya memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Agar saya dan kamu lebih aman juga nyaman dalam berbelanja online.

Well, sekian tips memilih pakaian olahraga untuk muslimah versi saya, review singkat juga sedikit cerita tentang jasa pengiriman. Komplit bukan? Hehe …

Eniwei, mau dong cerita tips kamu kalau beli pakaian olahraga di kolom komen.

Semoga sehat selalu ya, dan yukkk gerak tubuh!

One Response

Reply