Miliki Rambut Berkilau Dengan 5 Cara Ini!

Memiliki rambut berkilau adalah impian setiap perempuan. Betul?

Siapa sih yang nggak pengin punya rambut berkilau seperti model sampo di tv atau majalah? Rambut yang dikibas terlihat lentur, berkilau, bebas ketombe. Duh, mupeng berat!

Sayangnya ekspektasi dan realita itu nggak berbanding lurus.

Impian memiliki rambut berkilau dihempas dengan kenyataan bahwa masalah rambut seperti, ketombe, rambut kering, lepek, pecah-pecah selalu menghantui. Belum lagi ditambah paparan langsung sinar matahari, helaian rambut yang tak terawat, pewarnaan yang salah dapat memberi tampilan rambut menjadi kusam dan kasar.

Bagi seorang perempuan berjilbab seperti saya, nggak berarti saya tak memiliki keinginan mempunyai rambut berkilau. Lah, kan di rumah saya nggak pakai jilbab, otomatis pengin dong punya rambut berkilau. Karena rambut berkilau itu indikator rambut sehat juga. Suami pun akan makin sayang dan senang deh lihat kita bisa tampil dengan rambut berkilau. #eheum #bukankorbaniklan #tapimemangpengin

Kita yang memakai jilbab butuh usaha ekstra agar rambut bisa berkilau. Bener nggak?

Contohnya nih, setiap habis keramas, mau buru-buru ke kantor atau jalan, pastinya keringin rambut pun dengan kecepatan cahaya pakai hair dryer, kan? Nah, rambut yang nggak kering sempurna bikin lembab. Efeknya bisa menimbulkan ketombe dan rambut jadi lepek. Hvft!

Itu baru sedikit masalah, belum lagi adanya bad hair day, duuhhh! Benar-benar memengaruhi mood! Kebersihan rambut walau terus dijaga dengan keramas dua kali sehari pun nggak cukup. Bagi saya, perlu diselingi dengan masker rambut seminggu sekali, penggunaan vitamin rambut. Gunanya apa? Agar rambut itu sehat! Akar rambut itu kuat, tidak pecah-pecah.

Keinginan untuk memiliki rambut berkilau bukanlah fatamorgana, yes. Ternyata ada langkah-langkah mudah untuk mendapatkannya!

5 tips rambut berkilau ini bisa banget dilakukan untuk kamu yang memakai jilbab maupun tidak.

  1. Perhatikan gaya potongan rambut

rambut berkilau1

Menurut Michael Zimbalist (penata rambut), 30% kilau rambut indah dipengaruhi oleh gaya potongan rambut seseorang. Makin sedikit detail layer atau trap yang ada, kilauan tiap helainya pun akan lebih mudah terlihat.

“Ketika memilih potongan rambut, usahakan rambut pada bagian atas dahi, mahkota kepala (ubun-ubun), hingga batas leher bebas dari teknik layer. Hal ini dilakukan agar kilauan rambut bebas terpancar di permukaan rambut yang sama panjang. Namun, agar rambut tetap terlihat berdimensi, layer boleh dibentuk pada bagian bawah rambut.”

  1. Do’s & don’ts proses pewarnaan
rambut berkilau2

Sumber : The Beauty Bargainista

  • Umumnya, untuk menghasilkan kilauan rambut yang sempurna, hair stylist akan melakukan teknik highlight pada saat pewarnaan rambut. Pilih 1 atau 2 tone warna lebih muda dari warna cat rambut yang digunakan
  • Jatuhkan pilihan pada warna rambut yang sesuai dengan warna kulit wajah. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah cenderung cerah, gunakan pewarna rambut dengan sentuhan warna emas, tembaga, dan red brown. Apabila kamu memiliki kulit wajah yang cenderung gelap, warna magenta, burgundy, black blue dan dark brown bisa dijadikan andalan.
  • Hindari proses pengecatan ulang kurang dari 2 bulan. Hal ini akan merusak tekstur rambut yang berujung pada batang rambut rapuh dan kusam.
  • Sebaiknya melakukan hair mask setelah melakukan pewarnaan. Karena rambut setelah diwarnai rentan menjadi kering.
  1. Pentingnya teknik penataan
rambut berkilau3

Sumber : The Fashion Spot

Agar kliauan rambut terpancar dengan sempurna, hindari tataan super-curly. Gaya ini akan membuat pancaran kilau rambut seperti terpotong-potong.

Michael Zimbalist menambahkan, jika kamu ingin mendapatkan tekstur rambut yang ikal, cukup tata rambut bagian atas menggunakan rol velcro atau hot roller. Diamkan selama 5-10 menit, hingga terlihat bervolume. Kemudian, blow rambut bagian bawah ke arah dalam menggunakan hair dryer dan sisir bulat. Tata rambutmu dengan jemari hingga tercipta tekstur wavy.

  1. Lakukan rutinitas wajib

rambut berkilau4

  • Pilih sampo lembut namun dapat membantu mengangkat kotoran, sebum dan residu dari produk kosmetik rambut saat keramas. Kandungan shea butter, formula ultra whipped yogurt, avocado oil, vitamin E serta protein bisa dijadikan pilihan karena mampu menutrisi dan membersihkan helaian rambut dengan maksimal.
  • Manjakan rambut dengan perawatan praktis di rumah. Oleskan makser rambut tiap 1 minggu sekali. Dengan begitu, laipsan kutikula dan kelembutan tekstur rambut akan terjaga dari dampak paparan sinar matahari serta efek radikal bebas.
  • Segera beri perawatan ekstra bula tanda-tanda rambut kusam dan kering seperti sulit diatur, mulai menghantui. Oleskan color preserving glaze yang mengandung formula sun inhibitors, panthenol, xylitol, serta ekstrak olive oil dan macadamia oil tiap selesai keramas. Diamkan selama 1-3 menit sambil disisr secara merata, lalu bilas dengan air dingin. Pigmen warna pada helaian rambut pun akan terjaga dan kian berkilau.

Referensi produk :

Smoothing shea butter shampoo – Organix

Smooth & silky intensive hair mask – Pantene

At home salon giaze SHINE RINSE – Oscar Blandi

  1. Pilih produk penataan rambut yang tepat

 

rambut berkilau5

Sumber : syndicateprimepublishing.com

  • Sebelum memulai penataan rambut, lindungi tiap helai rambut dengan nourishing oil yang kaya akan ekstrak minyak avokad, minyak biji anggur, vitamin A, lemak esensial omega 3, dan linoleic acid. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan rambut menghadapi suhu panas dari hair dryer, alat catok dan curling iron.
  • Bagi kamu yang memiliki jenis rambut berminyak dan normal, gunakan produk penataan rambut bertekstur cair atau lotion agar efek kilau pada rambut lebih terlihat dan helaiannya mudah ditata. Bila kamu memiliki rambut yang cenderung kering, kosmetik rambut berbentuk krim adalah pilihan yang tepat. Kedua produk ini mampu memberi efek rambut berkilau secara instan.
  • Semprotkan styling shine spray sebanyak 2 kali atau oleskan krim –sebanyak dua jari tangan- agar rambut tetap terkesan ringan dan tidak lekas lepek.

Referensi produk :

Jasmine shine spray – Oscar Blandi

Pronto instant glosing cream – Oscar Blandi

Mythic Oil – L’Oreal Professionel

Baca juga : Kenali ragam, bentuk dan fungsi spons

Nah, nggak susah kan memiliki rambut berkilau? 5 tips mudah untuk rambut berkilau ini bisa bikin impian kamu memiliki rambut bak model bakal terwujud. Untuk poin 4 dan 5 memang harus rutin kamu lakukan. Nggak perlu repot ke salon, di rumah saja kan bisa. Sudah ada referensi produk pun, bisa lah kamu beli, walau hargannya berkisar 125.000 – 225.000, saya rasa worth it banget deh untuk hasil maksimal.

Kalau kamu, sering melakukan perawatan rambut apa di rumah? Share dong di kolom komen. Atau ada teman-pacar-istri kamu yang mengalami masalah rambut kusan dan kasar, bisa lah share artikel ini.

Selamat mencoba, temans!

11 Comments

  1. Lensa Rambut
    • ranny
    • Jual Jafra Royal Jelly
  2. dani

Reply