Resep Mie Goreng Enak dan Mudah

Mie goreng merupakan comfort food bagi saya. Bahkan bagi sebagian besar orang, ya. Itulah mengapa saya suka masak resep mie goreng enak dan mudah untuk keluarga.

Sejak kecil Mama selalu menyajikan mie goreng di saat ulang tahun, Lebaran maupun Idul Adha. Pokoknya nggak pernah absen! Konon menurut kepercayaan Tionghoa, mie goreng lambang panjang umur itulah mengapa selalu disajikan saat ulang tahun.

Resep mie goreng enak Mama itu membekas dalam ingatan. Selalu sukses bikin saya kangen rumah.

Mie goreng buatan Mama memiliki ciri khas menggunakan ebi (udang kering), juga berbagai toping seperti bakso, jamur kuping dan tentunya sayuran. Mie-nya nggak lembek, minjam istilah di pasta, al dente!

Dan yang bikin nagih dari resep mie goreng enak dan mudah milik Mama adalah sambal bawang putih. Aduh, bener deh seporsi itu nggak cukup loh. Sehari makan mie ini terus dah.

Nggak hanya saya saja yang suka tapi tetangga kami pun. Kalau Lebaran, rumah kami sering open house di hari pertama dan mereka pun sering berkunjung. Mie goreng selalu jadi favorit mereka!

Baca juga : Resep ayam tim jahe – cocok banget untuk naikin imunitas

Ketika menikah, saya jarang banget bikin resep mie goreng enak ini karena udah baper duluan. Hahaha … Maunya Mama yang masakin.

Tapi ya kali udah kepengen terus nunggu Mama, nggak mungkin. Jadi, langsung cuss lah bikin resep mie goreng enak dan mudah ini.

Yang mau mencoba masak mie goreng, boleh nih resep mie goreng ini dicoba.

Resep Mie Goreng Enak dan Mudah

Bahan halus :

Ebi segenggam (direndam terlebih dahulu, lalu dicuci, kelupas bagian yang keras, ditumbuk hingga halus)

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Bahan-bahan :

1 bungkus mie telur (saya pakai merk 3 ayam warna kuning)

5 buah bakso dipotong sesuai selera

3 buah jamur kuping (direndam dulu hingga lembut, dibersihkan lalu dipotong kecil-kecil)

5 buah telur puyuh potong dua (optional)

1 buah wortel (diserut memanjang)

1 pokcoy (potong sesuai selera, kalau saya dipotong tipis-tipis)

1 buah daun bawang (potong memanjang)

Kecap

Merica

Royco

Cara membuat :

  1. Mie direbus, set jangan terlalu lembek. Kalau saya menggunakan 1 sdm mentega atau 1 sdm minyak goreng di rebusan mie agar kenyal. Udah matang, saring, sisihkan. Setelah dingin, campurkan kecap, merica, royco. Campur hingga merata dan rasa asin juga pedasnya pas (ini sesuaikan selera ya).
  2. Tuang 3 sdm minyak goreng, tumis dulu ebi. Saat tumis, agak meletup ya. Diaduk terus hingga nggak meletup lagi. Gunakan api kecil.
  3. Lalu masukkan bawang merah dan putih yang udah diulek. Tumis hingga harum.
  4. Masukkan jamur kuping, bakso. Campur hingga merata lalu tuang air 1 gelas beling.
  5. Biarkan hingga menyusut setengah, lalu masukkan parutan wortel. Masak hingga menyusut airnya.
  6. Lalu masukkan mie goreng, diaduk hingga tercampur semua. Jangan lupa gunakan api kecil.
  7. Setelah tercampur, masukkan pokcoy aduk lagi hingga merata dan air menyusut habis. Lalu masukkan telur puyuh.
  8. Masukkan daun bawang. Aduk merata. Matikan kompor.
  9. Angkat dan sajikan.
  10. Taburkan bawang goreng saat menyantapnya.

Catatan :

  • Mie sengaja saya bikin terpisah untuk menghindari cepat gosong.
  • Perhatikan air saat menyusut. Air menyusut setengah masukkan wortel, dan saat air sisa dikit masukkan mie nya. Agar tidak lembek banget mie.
  • Jadi dikira-kira ya, susutan airnya.
  • Ebi harus ditumis sampai nggak meletup, itu tandanya udah matang. Harus pakai api kecil biar nggak cepat kecokelatan.
  • Telur puyuh ini optional ya, bisa diganti dengan telur orak-arik. Begitupun dengan jamur kuping karena ada yang nggak suka dengan bahan makanan ini.

Sebagai padanan resep mie goreng enak dan mudah ini adalah sambal bawang putih. Atau bisa juga sambal kecap asin yang dicampur irisan cabai rawit.

Resep sambal bawang putih

Bahan :

1 siung bawang putih (haluskan)

2 buah cabai rawit (ulek kasar)

¼ sdt cuka

Gula

Garam

Sambal botol

Saus tomat botol

Air hangat secukupnya

Cara membuat :

  1. Campurkan bawang putih, cabai rawit, sambal, saus tomat, cuka, gula, garam.
  2. Setelah tercampur, tuang air sedikit-dikit. Jangan terlalu banyak atau sedikit.
  3. Koreksi rasa.

Bagi pemula, resep mie goreng enak dan mudah ini nggak sulit kok. Kemarin saya bikin lagi setelah absen hampir setahun nggak bikin.

Mie goreng ini disukai anak-anak, campuran ebinya plus toping banyak bikin nagih! Wortel yang diparut bikin anak-anak terbiasa makan sayur. Begitupun pokcoynya.

Baca juga : Resep panada Manado untuk pemula

Memang ya, masak resep mie goreng enak dan mudah ini semacam healing bagi saya yang rindu akut dengan masakan Mama.

Semoga resep mie gorengnya membantu ya. Kalau bingung atau mau bertanya bisa via kolom komen atau DM saya di Instagram @rannyrainy.

Ada yang suka masak mie goreng (bukan mie instan ya, hehehe)?

Sampai jumpa di resep masakan rumah berikutnya.

Stay healthy, everyone.

4 Comments

    • ranny
    • ranny

Reply