Sebelum Mengajukan KTA Online, Coba Jawab 4 Pertanyaan Ini

Bertahun-tahun silam kalau kita mau meminjam uang di layanan perbankan harus menyiapkan berbagai dokumen dan proses yang lumayan panjang. Namun, sekarang ini hadirnya teknologi keuangan membuat masyarakat dimudahkan untuk proses kredit dengan munculnya KTA online.

Pengertian Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman ke calon nasabah tanpa membebankannya dengan persyaratan jaminan aset untuk mendapatkan pinjaman tersebut.

Untuk program kredit lainnya, jika kamu ingin mengajukan kredit harus ada jaminan berupa surat rumah misalnya. Namun, KTA ini memberikan pinjaman tanpa perlu ada jaminan. Dalam pengambilan keputusan, pihak bank akan memberikan kredit berdasarkan riwayat kredit dari calon nasabah tersebut.

Kemudahan KTA online ini dirasakan banyak manfaatnya oleh masyarakat. Pada umumnya menggunakan jenis kredit ini untuk kebutuhan mendesak seperti modal usaha, tambahan dana pendidikan maupun dana nikah dan lain sebagainya.

Sayangnya, masih banyak orang yang bermasalah dengan pinjaman KTA online. Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah ini mulai dari tidak tersedianya dana, telat membayar hingga penggunaan KTA online yang tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu, apabila kamu ingin mengajukan pinjaman KTA mesti cek terlebih dulu kondisi keuangan kamu sekarang ini apakah sehat atau tidak. Hal ini sangat penting tentunya karena jangan sampai tujuan kamu meminjam dana untuk menyelesaikan masalah justru menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

Agar kamu terhindar dari masalah karena tidak bisa mengelola KTA online dengan baik, coba dijawab empat pertanyaan di bawah ini.

Sebelum Mengajukan KTA Online, Coba Jawab 4 Pertanyaan Ini

  1. Apa tujuan meminjam KTA?

Coba tanyakan ke diri sendiri, untuk apa mengajukan KTA online? Ini adalah hal awal yang harus kamu lakukan sebelum pengajuan pinjaman. Cek lagi kebutuhannya, apakah ini benar-benar darurat dan penting atau sekedar keinginan semata yang bisa ditunda.

Baca juga : Ciri-ciri Pinjaman Online yang Aman

Kalau tujuan kamu untuk modal usaha, maka kamu wajib untuk memperhitungkan segala bentuk risiko yang akan terjadi di bisnis yang akan dijalani. Begitupun dengan tujuan yang lain, sebaiknya dirinci dengan jelas perhitungannya.

Hindari pengajuan KTA online untuk hal-hal bersifat konsumtif. Misal, melihat tetangga beli kulkas baru eh pengin juga. Big NO ya!

2. Kondisi keuangan sehat atau tidak?

Ini pertanyaan kedua yang mesti kamu tanyakan, apakah kondisi keuangan kamu sekarang ini sehat atau tidak?

Sehat dalam artian cash flow kamu seimbang di mana tidak besar pasak daripada tiang. Ada uang tabungan, ada dana yang sudah kamu siapkan khusus untuk membayar cicilan tepat waktu setiap bulan.

Idealnya rasio utang itu maksimal 35% dari pendapatan per bulan.

Jadi, sangatlah penting untuk melihat kemampuan bayar yang kamu miliki sebelum mengajukan pinjaman. Ini akan berpengaruh terhadap besaran pinjaman KTA online yang akan diajukan. Jangan sampai nantinya kamu mengalami masalah keuangan karena rasio utang terlalu besar.

3. Berapa jumlah yang akan diajukan?

Salah satu langkah cerdas dalam meminjam KTA online adalah pengajuan jumlah yang tepat agar sesuai dengan tujuan kamu di awal.

Sesuaikan jumlah pinjaman dan tenor cicilan dengan kondisi keuangan kamu. Hindari jumlah cicilan yang terlalu besar di mana tidak sesuai dengan kemampuan keuangan kamu sekarang ini karena nantinya akan berimbas ke kebutuhan lain yang tidak akan terpenuhi.

4. Siap dengan komitmen melunasi KTA?

Ofkors ya harus ada komitmen dalam melunasi KTA jika tidak nanti riwayat SLIK kamu akan tidak baik. Ini akan memengaruhi pinjaman kamu ke layanan perbankan di kemudian hari.

Jangan sampai karena tidak bisa komitmen melunasi, kamu justru meminjam ke orang lain untuk menyelesaikan cicilannya. Ini sama saja gali lubang, tutup lubang. Tidak akan selesai.

Lalu, di antara sekian banyak KTA online yang ada, mana nih bisa dijadikan rujukan?

Tunaiku – KTA Online Terpercaya dan Terdaftar di OJK

Salah satu poin penting dalam memilih KTA Online adalah lihat track record dan apakah sudah terdaftar di OJK atau tidak. Tunaiku adalah solusi bagi kamu yang lagi mencari pinjaman KTA.

Tunaiku merupakan layanan fintech pertama di Indonesia yang menyediakan produk KTA online, mulai beroperasi sejak tahun 2014. Didukung oleh teknologi dan juga data analytics yang canggih, Tunaiku mampu untuk melayani nasabah dengan cepat dalam kurun waktu 24 jam dan persyaratan mudah.

Apa saja kelebihan Tunaiku?

  • Tanpa agunan dan tanpa kartu kredit
  • Isi formulir pengajuan online hanya 10 menit
  • Pinjaman cair cepat sesuai nominal yang diajukan setelah tanda tangan kontrak
  • Bayar cicilan lebih cepat tanpa kena bunga
  • Ajukan pinjaman lewat aplikasi atau website

Memang sih, KTA online itu sangatlah mudah tapi bukan berarti kamu tidak bisa memisahkan kebutuhan dan keinginan ya. Jadikan empat pertanyaan di atas sebagai pedoman sebelum pengajuan pinjaman. Dan pinjamlah ke lembaga keuangan terpercaya seperti Tunaiku agar terhindar dari pinjaman online ilegal.

Yuk, lebih cerdas lagi dalam memilih dan mengelola KTA online.

Tags:

Reply