Sebelum Melakukan Pinjaman Online, Ketahui Terlebih Dahulu Ciri-Ciri Aplikasi yang Aman

Sekarang ini mau pinjam uang nggak sulit. Ada pinjaman online yang memudahkan kita untuk mendapatkan pinjaman tanpa perlu repot dengan syarat ini-itu.

Ada yang udah tau definisi pinjaman online nggak?

Menurut Wikipedia, pinjaman online adalah pinjaman tanpa adanya suatu aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.

Oleh karena tidak adanya jaminan yang menjamin pinjaman tersebut maka keputusan pemberian kredit semata adalah berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi. Atau dalam arti kata lain bahwa kemampuan melaksanakan kewajiban pembayaran kembali pinjaman adalah pengganti jaminan.

Bisa dikatakan pinjaman online lewat aplikasi ini sungguh lah jalan yang mudah mendapatkan pinjaman tanpa perlu merepotkan orang lain. Betul?

Kalau saya pribadi, so far belum pernah melakukan pinjaman online. Karena ya belum butuh. Hehehe …

Hanya saja kemudahan yang ditawarkan pinjaman online ini banyak disalahgunakan oleh sebagian orang.

Banyak yang menggunakan pinjaman ini untuk kebutuhan gaya hidup saja. Jadi, semakin ke sini malah menjadi ‘candu’ sehingga beban kreditnya naik dan ujungnya menunggak. Hiks.

Di lain pihak, banyak juga oknum yang memanfaatkan momen ini dengan menipu masyarakat dengan embel-embel pinjaman cepat cair tanpa proses ribet.

Ada kasus, di mana untuk awal diminta uang administrasi, setelah dibayar eh oknum yang mengatasnamakan pinjaman online malah menghilang.

Baca juga : Stop jadi feeling analysis, yuk kita kelola keuangan dengan baik

Adapula perusahaan pinjaman online yang memberikan bunga mencekik tiap hari. Sehingga total bunga pun lebih besar dari pokok utang.

Sebelum teman-teman melakukan pinjaman online, baiknya mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri aplikasi online yang aman.

5 Ciri-ciri pinjaman online terbaik yang aman.

pinjaman online2
  1. Perhatikan bunga yang ditawarkan

Sebagai nasabah nggak boleh minim pengetahuan tentang pinjaman ini.

Walaupun ditawarkan proses mudah, tanpa anggunan tapi baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu, berapa bunga yang mereka tawarkan.

Nggak sedikit ternyata pinjaman online mematok bunga pinjaman hingga 2% per hari. Iya per HARI!

Misal nih,kamu minjam uang 2 jt, bunga pinjaman berarti akan bertambah minimal 20rb per hari. Sebulan? Bisa mencapai 1,2jt! Huaaa nangis nggak tuh?

Sebagai acuan, lembaga pinjaman online terbaik itu ya yang mengenakan bunga yang masih wajar.

Rata-rata bunga pinjaman di bank mulai 0,7-2% per bulan. So, kalo kamu menemukan aplikasi pinjaman online dengan bunga harian di atas 1% mending say goodbye aja.

2. Terdaftar di OJK

Ini adalah syarat MUTLAK ketika kamu mau melakukan pinjaman online : pastikan lembaga tersebut telah terdaftar dan di bawah pengawasan OJK.

Biar nggak khawatir, silahkan cek sendiri legalitas lembaga pinjaman online dengan mengunjungi situs resmi OJK.

Nggak mau repot? Hubungi saja call center OJK di nomor 157 untuk bertanya langsung ke petugas.

3. Cek apakah alamat-situs-surel jelas atau tidak

Ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang aman itu salah satunya memiliki alamat kantor yang jelas. Pada umumnya, alamat kantor dan nomor telepon itu bisa dihubungi dan ada di situs resmi.

Kalau nggak ada kantornya? Ya kemungkinan besar lembaganya ilegal.

Begitupun dengan situsnya, harus jamin keamanan. At least, situs resmi harus berawalan https.

Hal tersebut menandakan situs itu menggunakan protokol socket secure layer (SSL) di mana menyediakan proses enkripsi pada pertukaran data untuk mencegah terjadinya pecurian juga penyadapan data pengguna.

Selain itu, email yang digunakan pun merupakan email resmi perusahaan, bukan menggunakan provider emailgratis, seperti Gmail atau Yahoo.

Dan juga, layanannya responsif alias mudah dihubungi.

4. Transparansi tentang mekanisme pinjaman

Aplikasi pinjaman online yang aman itu nggak akan ragu menjelaskan mekanisme peminjaman termasuk suku bunga, simulasi cicilan dan batas pelunasan.

Kenapa?

Karena, OJK mewajibkan setiap penyelenggara fintech untuk transparan kepada debitur tentang prosedur peminjaman. Jadi, debitur nggak merasa dirugikan dengan mengetahui risiko dari pinjaman tersebut.

5. Cek riwayat kredit calon debitur

Kalau pinjaman di bank, sudah pasti riwayat kredit calon debitur itu akan dicek. Ini berlaku juga di pinjaman online.

Pinjaman online yang baik akan melakukan pemeriksaan melalui sistem layanan informasi keuangan (SLIK) OJK untuk seleksi kelayakan calon debitur.

Apabila lembaga tersebut meloloskan dengan mudah, justru patut dicurigai.

Lalu, apa rekomendasi pinjaman online terbaik?

pinjaman online3

Menurut situs OJK, per 19 Februari 2020 ada sekitar 161 perusahaan yang sudah mengantongi izin dan terdaftar di OJK. Salah satunya, tunaiku.

FYI, Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku sendiri adalah salah satu produk dari Amar Bank , salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991.

Tunaiku ini beda loh dengan fintech. Perbedaan ada di dua hal penting yaitu keamanan dan fleksibilitas.

Baca juga : Rekomendasi aplikasi pencatat keuangan

Terus, keunggulannya apa nih, Mak?

  • Tunaiku memberikan kredit tanpa agunan online yang tidak memberatkan nasabah dikarenakan limit Tunaiku besar mulai dari 2 juta hingga 20 juta dan tenor yang panjang mulai 2 – 20 bulan.
  • Bunga dan Cicilan Ringan. Suku bunga di Tunaiku bersaing yaitu 3% – 4% per bulan sehingga menghasilkan cicilan ringan yang sesuai dengan kemampuan serta tidak memberatkan nasabah. Digarisbawahi per BULAN ya, bukan per hari bunganya.
  • Setelah mengajukan kredit tunai pinjaman online 24 jam, cukup menunggu 1 – 7 hari kerja (sesuai standar operasional) untuk proses persetujuan, tanda tangan kontrak melalui kurir resmi Tunaiku hingga dana tunai cair ke rekening Bank debitur.
  • Terdaftar dan diawasi OJK. Tunaiku telah mendaftarkan diri sebagai produk fintech lending resmi yang beroperasi di Indonesia dan merupakan produk resmi PT Bank Amar Indonesia Tbk. kepada OJK sejak tahun 2014.

Jadi, kalau kamu memang mendesak butuh biaya, bisa ajukan pinjaman online ke Tunaiku. Silahkan unduh saja aplikasinya di playstore.

Semoga artikel ini membantu ya bagi kamu yang mau melakukan pinjaman online.

Sekali lagi jangan mudah percaya dengan segala tawaran dari SMS atau di media sosial. Harus jeli dengan crosscek ke OJK.

Eniwei, ada yang pernah melakukan pinjaman online? Bisa share ceritanya di kolom komen, ya.

Have a lovely weekend.

Reply