7 Tips Membersihkan Rumah Secara Efisien Agar Nyaman Dihuni

Membersihkan rumah memang sudah jadi kegiatan rutin siapa pun, namun bagi saya aktivitas ini membantu saya untuk hilangin jenuh dan tentunya bisa bakar kalori dong.

Ciyusan, saya kalau lagi suntuk selain nonton drama Korea, membaca webtoon romantis, saya suka membersihkan rumah. Entah itu nyapu rumah, teras, beres-beres tanaman dan geser perabotan.

Dan saya salah satu yang percaya bahwa dengan membersihkan rumah itu bisa membakar kalori.

Biar lebih akurat, ini saya kutip dari Hallosehat beberapa pekerjaan rumah ini sering dianggap sepele tapi sukses bisa membakar kalori.

  • Cuci piring 30 menit bisa membakar 160 kalori
  • Menyapu 30 menit membakar 136 kalori
  • Mengepel lantai 60 menit membakar 400 kalori
  • Menggeser furnitur 15 menit saja bisa membakar 100 kalori

Jadi ya buibu, kita nih dengan membersihkan rumah sudah sekaligus olahraga juga. Makanya ya kalau selesai bersih-bersih pasti banjir keringat.

Namun, gimana sih ciri-ciri rumah bersih?

  • Memiliki halaman untuk tanaman karena dengan adanya tanaman ini bisa memberikan oksigen, anak-anak juga leluasa main
  • Memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik, karena kalau tidak maka rumah akan terasa pengap dan lembab
  • Adanya tempat pembuangan sampah
  • Air bersih dan juga sanitasi lingkungan
  • Bebas dari jamur dan binatang yang bisa menularkan penyakit

Kalau rumah kamu sudah memiliki kriteria di atas, selamat! Apabila masih tersisa satu ciri-ciri saja, don’t worry kamu bisa kok mewujudkannya dengan melakukan berbagai hal untuk mendukung hal tersebut.

Kembali lagi ya bicara tentang membersihkan rumah, seringkali kalau lagi buru-buru suka bingung ya mau mulai dari mana nih bersihinnya? Dulu saya gitu. Tapi, seiring waktu karena udah keseringan membersihkan jadi punya pola tersendiri agar teroganisir kegiatan bersih-bersih.

Berikut ini 7 tips membersihkan rumah secara efisien yang bisa kamu lakukan agar rumah bersih dan nyaman dihuni.

7 Tips Membersihkan Rumah Secara Efisien Agar Nyaman Dihuni

  1. Bagi tugas dan waktu membersihkan

Memang sih untuk waktu membersihkan tidak ada patokan ya. Karena kalau udah kotor mesti dibersihkan.
Tapi, saya punya jadwal wajib membersihkan rumah yaitu di pagi hari pukul 6.00 pokoknya sebelum anak-anak bangun untuk berangkat ke sekolah. Lalu di sore hari, sekitar pukul 4.30.

Selebihnya saya suka membersihkan jika sudah terlihat kotor.

Namun, sependek pengalaman saya nih seiring anak-anak bertambah besar kotor di rumah itu semakin kurang. Karena mereka juga saya ajarkan bersih-bersih, makan sudah tidak blepotan dan tertib membuang sampah di tempatnya.

Perkara membersihkan rumah ini perlu kerja sama ya dengan seluruh anggota keluarga. Jadi, tak ada salahnya membagi tugas dengan suami dan anak-anak.

2. Mulai dari hal kecil

Kalau saya suka memulai dengen membereskan mainan anak-anak yang kurang rapih. Sebenarnya, anak-anak sudah bisa membersihkan mainan ya tapi kadang setelah disusun ya gitu deh, nggak rapih.

Jadi, saya menyiasati dengan merapihkan mainan, buku, lap meja makan.

3. Fokus

Kesalahan dalam membersihkan rumah adalah tidak fokus. Misalnya di ruangan tamu kamu lagi nyapu, eh di ruang tidur ngepel. Ini berpotensi bikin kamu nggak fokus dan bisa saja kepleset karena buru-buru.

Sebaiknya menyapu dulu semua ruangan lalu dilanjutkan dengan ngepel.

4. Semua ruangan wajib dibersihkan

Iya dong masa membersihkan rumah setengah-setengah. Setiap hari membersihkan ruang tidur, ruang makan, ruang tamu, dapur adalah hal yang wajib. Pasalnya, semua bagian rumah ini sering disinggahi oleh penghuni rumah.
Untuk gudang bisa dibersihkan sebulan dua kali.

5. Bersihkan secara maksimal

Maksimalnya seperti apa, bund?

Contohnya nih, setelah membersihkan tempat tidur dengan sapu lidi, coba deh bantal-bantalnya dijemur. Dan jangan lupa buka gordyn di kamar agar matahari bisa lebih maksimal masuk ke kamar.

6. Menggunakan alat kebersihan 2in1

Teknologi semakin maju ya, bund. So, sekarang ini banyak inovasi yang sangat membantu kita dalam bersih-bersih rumah. Seperti robot untuk vacuum dan menyapu lantai. Kayak gini kan asyik ya, pekerjaan kita bisa ringkas.

7. Stop menunda pekerjaan

Biasanya nih kalau lagi banyak pekerjaan di rumah atau repot urus anak, seringkali kita skip ya kegiatan membersihkan rumah. Coba diganti dengan cara mencuci piring selesai masak, lap meja makan setelah makan atau menyapu lantai sebelum tidur.

Saya pernah lho menunda cuci piring, alih-alih mesti menyelesaikan deadline eh besok harinya saya keteteran dong karena mesti anter dua anak ke sekolah. Kayak gini mestinya saya siasati bagi waktu lima belas menit untuk cuci piring di malam hari.

Walaupun saya senang bersih-bersih rumah, namun ada kalanya kerjaan saya load lagi tinggi atau dalam keadaan tidak sehat. Kayak gini alat kebersihan 2in1 seperti di poin 6 sangat membantu banget.

Rekomendasi Alat Kebersihan 2in1

Adalah vacuum robot yang lagi hits beberapa tahun belakangan ini.

Pertama kali tahu tentang vacuum robot ini dari postingan Mak Cindy di WA Story-nya. Ih saya dong wow banget. Karena sangat membantu banget membersihkan rumah khususnya di area yang sulit terjangkau seperti kolong meja atau kursi.

Salah satu yang bikin saya tertarik dan udah masukkin di list beli adalah Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1.
Produk kebersihan rumah ini beberapa kali saya lihat di media sosial.

Spesifikasi dari Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1 :

  • Memiliki AI sensor
  • Daya vakum yang kuat 1800 pA
  • Baterai 3000 mAH jadi bisa dipakai selama 120 menit/120 m2 area
  • Auto schedule

Untuk kamu yang khawatir kalau robot ini bakal nabrak furnitur, tenang karena Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1 ini memiliki AI sensor ya jadi nggak ada drama nabrak atau jatuh. Gimana dengan ada buku di depan robot? Ternyata robot ini bisa manjat juga dengan maksimal 1,5 cm.

Selain bisa menyedot debu, alat ini juga bisa banget untuk ngepel, bund. Wow banget yes? Ini yang bikin saya jatuh hati karena saya ada vertigo ya jadi untuk mode nunduk itu mayan bikin kerjaan. Pakai Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1 ini kerjaan menyapu, bersihin debu dan ngepel selesai dilakukan!

Apa bisa menghisap debu di karpet?

Tentu iya dong. Sesuai spesifikasi di atas daya vakut kuat 1800 pA, Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1 ini bisa menghisap debu dan membersihkan kotoran secara maksimal di atas karpet.

Dan, kamu bisa mengontrol robot ini menggunakan smartphone lho. Mulai dari mengaktifkan, non-aktif, pindah mode, mengawasi secara real-time bisa dilakukan dengan smartphone.

Produk ini diproduksi dengan menggunakan material dengan kualitas baik. So, tidak ada drama anti slip. Karena robot ini bisa untuk permukaan yang basah.

Benar-benar bisa memudahkan pekerjaan membersihkan rumah ya. Lebih efisien dan kita pun bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Bagi kamu yang mau beli Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1 ini bisa ke Tokopedia ya.

Yook semangat membersihkan rumah. Semoga sehat selalu, ya.

One Response

Reply