Mengenal Parafrase – Mengubah Karya Tulis Ilmiah Menjadi Buku

Memiliki artikel ilmiah dan ingin menerbitkannya dalam bentuk buku agar bisa dibaca oleh masyarakat luas? Memudahkan proses mengubah artikel ilmiah menjadi naskah buku, maka kamu bisa memanfaatkan layanan pada frasa yang disediakan oleh penerbit deepublish. 

Tentang Penerbit Deepublish

Penerbit deepublish dikenal sebagai salah satu penerbit di Daerah istimewa Yogyakarta dan pertama kali berdiri pada tahun 2010. Dirintis dari sebuah usaha fotokopi dan kemudian terus berkembang menjadi penerbit buku sampai saat ini. 

Layanan yang disediakan juga terus berkembang, tak hanya melayani penerbitan naskah buku. Namun juga menyediakan layanan-layanan yang sesuai dengan kebutuhan kalangan akademisi di masa sekarang, salah satunya adalah layanan parafrase. 

Sepanjang beroperasi sebagai penerbit buku, penerbit deepublish sudah menerima sejumlah penghargaan. Mulai dari resminya penerbit deepublish sebagai anggota IKAPI di tahun 2012 sampai menyabet penghargaan sebagai Penerbit Terbaik dalam Ketaatan Undang-Undang dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di tahun 2017. 

Hal ini membuktikan bahwa penerbit deepublish memiliki komitmen tinggi dalam melayani para penulis di Indonesia untuk bisa mempublikasikan naskahnya. Sekaligus menyediakan buku pegangan kuliah bagi seluruh mahasiswa di Indonesia.

Layanan Parafrase

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, jenis layanan yang disediakan penerbit deepublish terus dikembangkan. Tujuannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kalangan akademisi, baik dosen dan mahasiswa masa kini. 

Salah satu jenis layanan yang disediakan penerbit deepublish adalah layanan parafrase.

Yaitu layanan mengubah artikel ilmiah menjadi naskah buku yang siap untuk diterbitkan. Artikel yang termasuk ke dalam artikel ilmiah mencakup artikel ilmiah pada jurnal, artikel hasil prosiding, skripsi, tesis, disertasi, dan artikel ilmiah jenis lainnya. 

Kegiatan parafrase yang dilakukan mencakup mengubah struktur bab agar bisa dikembangkan menjadi beberapa bab sesuai ketentuan dalam naskah buku. Kemudian juga menulis kembali artikel ilmiah menjadi naskah buku yang menggunakan tata bahasa umum. 

Baca juga : 6 Cara membuat resensi buku bagi pemula

Sehingga pembahasan di dalam naskah buku mudah dipahami oleh masyarakat luas. Namun dipastikan proses ini tidak akan mengubah makna dan keseluruhan kredit atau sitasi yang tercantum pada artikel ilmiah akan tetap masuk ke dalam naskah. 

Fasilitas yang Diberikan dalam Layanan Parafrase

Penulis yang menggunakan layanan parafrase kemudian akan menerima sejumlah fasilitas. Akses fasilitas disesuaikan dengan paket parafrase yang dipilih. Penerbit deepublish menyediakan dua jenis paket, yakni Paket Basic dan yang kedua adalah paket Premium. 

Namun, secara umum fasilitas yang bisa diakses terutama untuk penulis yang memiliki Paket Premium adalah sebagai berikut: 

  • Restruktur Bab

Fasilitas pertama yang bisa didapatkan penulis adalah restruktur bab. Jadi, dalam artikel ilmiah biasanya susunan dan struktur bab berbeda dalam bentuk buku. Meskipun buku tersebut adalah buku ilmiah, ditambah penjelasan dalam naskah buku lebih diperluas. 

Maka restruktur atau mengubah struktur bab dalam naskah artikel ilmiah penting untuk dilakukan. Bagi penulis yang memakai layanan parafrase maka tidak perlu melakukan restruktur bab sendiri. Sebab sudah termasuk ke dalam fasilitas layanan parafrase yang didapatkan penulis secara otomatis. 

  • Penulisan Kembali Naskah Artikel Ilmiah 

Artikel ilmiah umumnya berisi pembahasan yang terbatas, maka jumlah halaman artikel ilmiah jauh lebih sedikit dibanding naskah buku. Naskah buku bisa mencapai 300 halaman, sementara artikel ilmiah rata-rata 50-100 halaman. 

Mengubah artikel ilmiah menjadi naskah buku kemudian perlu menambahkan sejumlah penjelasan di dalam isi naskah. Maka penerbit deepublish menyediakan fasilitas penulisan kembali naskah artikel ilmiah menjadi naskah buku yang sesuai. 

Pembahasan menjadi lebih kompleks dan kemudian lebih detail sekaligus menggunakan tata bahasa yang sifatnya umum. Sehingga mudah dipahami dan pembaca bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan sejelas-jelasnya dalam versi buku. 

  • Penyuntingan Naskah 

Layanan parafrase penerbit deepublish juga menyediakan fasilitas penyuntingan naskah. Penyuntingan naskah diperlukan untuk memastikan tata bahasa dan pembahasan lebih terstruktur atau rapi. Tidak ada kalimat yang loncat-loncat, tidak lengkap, atau menggunakan kata tidak baku. 

  • Proofreading 

Fasilitas berikutnya yang bisa didapatkan penulis adalah layanan proofreading. Merupakan tahap akhir dari editing atau penyuntingan naskah buku agar sesuai dengan ketentuan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) atau sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan). 

  • Pendampingan Secara Intensif 

Penulis yang menggunakan layanan parafrase juga akan mendapatkan fasilitas pendampingan secara intensif. Pendampingan ini akan melibatkan penulis dalam proses mengubah artikel ilmiah menjadi naskah buku. 

Sehingga penulis bisa menyampaikan pendapat dan keinginannya terkait bab dan bagian mana saja yang aman untuk dihapus dan mana yang sebaliknya. Jadi, hasil penyuntingan akhir akan mempertimbangkan keinginan penulis. Sehingga penulis kemudian tidak lantas hanya terima beres dan merasa tidak dilibatkan sama sekali. 

  • Penerbitan Naskah Buku 

Fasilitas terakhir yang bisa didapatkan para penulis yang menggunakan layanan parafrase adalah layanan penerbitan buku. Jadi, dalam layanan parafrase penulis tidak hanya menerima naskah buku hasil pengubahan artikel ilmiah menjadi buku. 

Melainkan juga mendapatkan layanan penerbitan, baik secara cetak maupun secara elektronik sesuai ketentuan yang berlaku. Artinya, buku hasil parafrase kemudian diurus ISBN dan e-ISBN-nya. 

Penulis yang memiliki Paket Premium akan dipastikan naskah buku hasil parafrase enak dibaca dan mudah dipahami oleh masyarakat. Sehingga dari artikel ilmiah yang lebih banyak memakai istilah ilmiah untuk kalangan terbatas. Dibuat lebih umum dan bisa dibaca oleh semua kalangan. 

Cara Mendaftar Layanan Parafrase

Tertarik untuk menggunakan layanan parafrase yang disediakan? Maka bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan ini. Pendaftarannya bisa dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran di laman parafrase.

Baca juga : Cari buku pendidikan? Inilah toko buku pendidikan online yang lengkap

Jika sudah mendaftar maka tinggal menunggu konfirmasi dari Customer Service penerbit deepublish. Nantinya akan melewati sejumlah tahapan dari proses penerimaan naskah sampai naskah siap untuk diterbitkan dalam bentuk buku. Adapun tahapan dari layanan parafrase penerbit deepublish adalah:

  1. Penulis mengirimkan naskah setelah selesai melakukan pendaftaran layanan parafrase. 
  2. Proses screening naskah yang dikirimkan penulis, fokus utamanya adalah pada ada tidaknya kesalahan ketik. 
  3. Proses parafrase, yakni mengubah artikel ilmiah yang dikirimkan penulis menjadi naskah buku yang dikerjakan oleh tim penerbit deepublish. 
  4. Proses layout, yakni menata tampilan naskah menjadi tampilan buku seperti buku pada umumnya. 
  5. Proses feedback, merupakan proses revisi jadi tim penerbit deepublish akan mengirimkan naskah hasil parafrase untuk dicek penulis. Jika ada revisi maka tim akan melakukan revisi sesuai instruksi penulis selaku pemilik artikel ilmiah. 
  6. Pengajuan ISBN, setelah naskah sudah ACC dari pihak penulis maka tahap berikutnya penerbit deepublish akan mengurus pengajuan ISBN atau e-ISBN. 

Bagi penulis yang memiliki artikel ilmiah, khususnya dosen yang perlu mengubahnya menjadi buku dan diterbitkan sesuai ketentuan yang berlaku, bisa menggunakan layanan parafrase ini. Karena dijamin praktis, hemat, waktu, tenaga, dan tentunya biaya.

Jadi, silahkan mendaftar untuk bisa menerbitkan artikel ilmiah ke dalam bentuk buku. 

Tags:

Reply