Belajar Tie-Dye, Dari Hobi Menjadi Bisnis yang Menjanjikan Juga Menguntungkan

Saya sangat tertarik dengan kain nusantara, mulai dari batik, tenun hingga tie dye. Saking cinta *ehem, saya sempat membuat online shop yang menjual kain-kain nusantara dan pakaian ready to wear. Sayangnya, usaha tersebut nggak lanjut sejak saya hamil anak kedua.

Di kondisi pandemi seperti ini, kita mesti pintar-pintar mencari usaha sampingan agar ekonomi keluarga terjaga.

Sempat terlintas untuk menghidupkan kembali online shop saya. Apalagi saya memiliki stok kain-kain yang lumayan lah dan masih terjaga kualitasnya.

Namun, masih maju mundur cantik *halah, karena tenaga saya terbatas banget. Harus mengajar dua anak, urusan domestik juga kerjaan lainnya.

Mungkin saya mesti bisa me-manage waktu kali ya, agar bisa menjalankan lagi online shop.

Dari stok kain nusantara yang dimiliki, saya tertarik dengan tie dye, karena melihat belakangan ini ramai dijual di berbagai online shop dan laris manis.

Belajar Tie Dye Untuk Memulai Bisnis

Kalau ada yang belum tahu tentang tie dye, sedikit berbagi ya.

Menurut Wikipedia, Ikat celup (tie-dye) adalah teknik mewarnai kain dengan cara mengikat kain dengan cara tertentu sebelum dilakukan pencelupan atau pewarnaan.

Sebutan tie dye di beberapa daerah dikenal dengan berbagai nama. Pelangi atau cinde di Palembang, jumputan (Jawa), serta sasirangan Banjarmasin. 

Di stok kain, saya memiliki kain jumputan dan juga sasirangan. Namun, saya lebih tertarik dengan teknik simpel yang sering digunakan untuk di kaos.

Ketertarikan tersebut muncul setelah saya menonton konten BERGURU di channel Youtube Ninja Xpress episode 11 tentang Tutorial Membuat Tie Dye di Rumah.

Wah beneran, saya baru tahu ternyata membuat tie dye semudah itu loh.

Karena selama ini saya kan hanya tau kain jumputan, di mana mesti telaten mengikat untuk menciptakan motif. Ternyata membuat tie dye di kaos jauh lebih mudah!

Ini bisa menjadi ide usaha bisnis rumahan.

Di video BERGURU episode Tutorial Membuat Tie Dye di Rumah, mbak Diah Kusumawardani owner @kusuma_craft, sharing tentang usahanya dan cara membuat tie dye dengan modal yang sangat ekonomis.

Mbak Diah juga membagikan cerita bahwa dia memulai usaha ini karena hobinya di bidang desain.

Baca juga : Tips sebelum melakukan peer to peer landing agar dana kamu aman

Selama pandemi ini, usahanya meningkat pesat. Prospek bisnis tie dye yang dijalaninya menunjukkan tren positif, di mana bisa menghasilkan keuntungan 3-5jt per bulan dengan modal yang ekonomis.

Nggak hanya itu, bisnis tie dye ini merupakan salah satu cara zero waste dengan tidak membuang pakaian yang masih layak dipakai.

Dari video BERGURU episode 11, saya pun mendapat insight tentang bisnis tie dye ini.

  • Bisnis tie dye bisa dijalankan dengan modal terjangkau.
  • Prosesnya pun tidak lama.
  • Ramah anak karena teknik pewarnaan tie dye menggunakan teknik pewarnaan dingin, jadi aman dilakukan oleh anak-anak.
  • Teknik tie dye ini bisa dilakukan untuk berbagai fashion item.

Very well appreciate to Ninjaxpress.co karena membuat konten BERGURU ini.

FYI, BERGURU BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru) adalah kategori konten yang berisi tips dan tutorial untuk memulai usaha dari rumah.

Kategori konten ini ada untuk Mendorong masyarakat menciptakan usahanya sendiri danmengubah persepsi jika sesuatu yang terlihat sulit jika mau mencoba akan mudah.

Untuk konten BERGURU, Ninja Xpress bekerja sama dengan kreator lokal untuk mendukung UMKM dan brand lokal juga komunitas dalam menghadapi masa new normal ini.

Saya melihat ini sebuah dukungan positif bagi perkembangan UMKM, di mana dari sisi brand pun mendapat promosi dan di sisi penonton mendapatkan ilmu untuk ide bisnis.

Jadi, bagi kamu yang ingin memulai bisnis baru jangan sampai ketinggalan ya episode BERGURU yang tayang seminggu sekali di channel Youtube Ninja Xpress.

Klik tombol subscribe dan lonceng, agar kamu selalu dapetin notif, kalaupun kamu ingin rikwes konten, bisa tulis di kolom komentar Youtube Ninja Xpress.

Ide Bisnis Tie Dye yang Bisa Kamu Lakukan

Seperti yang saya udah ulas di atas, bisnis tie dye ini menjanjikan. Kamu bisa memulai dengan modal sedikit, promosinya bisa lewat media sosial.

Dan ini bagi saya satu kesempatan juga untuk mengajarkan anak-anak enterpreneurship sejak dini.

Saya jadi ingat, salah satu anak teman saya membuat sendiri kaos tie dye. Awal mula seingatku karena hobi, lalu diuplod lah hasil kaos oleh mamanya ke FB. Antusiasme yang ingin beli ternyata banyak!

Dari sini kita bisa belajar, apapun hobi yang kita geluti bisa menjadi cuan kalau kita mau berusaha dan berani untuk menjualnya.

Beberapa ide bisnis tie dye ini bisa jadi inspirasi kamu untuk memulai usaha.

  1. Kaos

Kaos tie dye ini salah satu yang saya minati. Semoga ada kesempatan lagi untuk belajar dan praktik.

Modalnya ekonomis, mau yang kaos polos warna-warni pun bisa dibikin tie dye. Jadi, sebagai awal bisa kalian praktik dengan kaos yang ada di rumah.

2. Set Outer – Celana

Nah ini yang lagi tren. Beberapa akun online shop yang saya ikuti menjual set outer-celana dari tie dye dan laris manis!

3. Dress

Dress pakai motif tie dye ini sangat manis dipandang. Dengan warna pastel yang masih hype, bisa dipadukan dengan motif tie dye.

4. Tas

Tas kanvas dengan motif tie dye itu unik dan lucu!

Kamu bisa manfaatkan tren zero plastic sekarang ini dengan membuat tas belanja dengan motif tie dye.

5. Sepatu

Well, ini memang kamu butuh modal rada besar sih. Tapi, semua akan ada jalan!

Sepatu etnik jenis flat shoes dengan kain nusantara apalagi tie dye gini belum banyak yang geluti. Barangkali kamu bisa jadi salah satu yang membuatnya. 😉

Di masa new normal, kita harus menjadi orang yang kuat agar bisa bertahan. Kuat dalam artian sehat secara fisik, psikologis dan ekonomi.

Di tengah maraknya bisnis yang muncul sekarang ini, bisnis tie dye ini menurutku menjanjikan dan menguntungkan. Kebiasaan masyarakat yang beralih membeli secara online bisa jadi ceruk untuk memulai bisnis ini.

Kalau kamu masih ragu-ragu untuk bisnis tie dye, coba deh nonton lagi episode BERGURU di channel Youtbe Ninja Xpress. Di sana banyak loh konten positif yang bisa dijadikan ide bisnis.

Sekarang ini kita harus bisa survive banget secara ekonomi. Apalagi negara udah umumkan resesi ekonomi *hiks …

Salah satu hal yang membuat kita bertahan dengan melakukan bisnis sampingan.

Selama masih bisa dijangkau secara modal, dan kita mau melakukannya, bismillah!

Semoga sharing ini bermanfaat, ya bagi kamu yang ingin memulai bisnis tapi masih bingung mau seperti apa.

18 Comments

  1. Damar Aisyah
  2. arenapublik.com

Reply