Mengunjungi Kota di Kalimantan Tengah, Jangan Lupa Mencicipi 5 Kuliner Khas Ini!

Pemindahan ibukota negara kini udah nggak wacana forever karena beberapa pekan lalu Presiden Jokowi sudah mengumumkan akan memindahkan ibukota ke wilayah Kalimantan Timur. Sekarang destinasi wisata di Kalimantan pun ramai dibicarakan netijen. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Palangkaraya yang terletak di Kalimantan Tengah.

FYI, sebagian wilayah kota ini masih berupa hutan, termasuk hutan lindung. Tapi, sekarang ini kota ini pun sudah maju, pusat perbelanjaan banyak dibangun. Untuk terhubung ke kota lain pun bisa menggunakan jalan darat, salah satunya dengan bus Agung Mulia. Untuk temans, yang mau ke Palangkaraya dari Banjarmasin bisa loh cek tiket bus Agung Mulia di website traveling agar perjalanan makin mudah.

Berwisata menggunakan bus bukanlah hal yang baru. Sekarang ini seperti bus Agung Mulia sudah menyediakan armada yang membuat penumpang aman dan nyaman selama perjalanan. Bus Agung Mulia ini menyediakan armana untuk perjalanan antar kota juga provinsi. So, temans nggak perlu khawatir loh ya mau berwisata ke Kalimantan Tengah.

Layanan bus Agung Mulia ada kelas eksekutif dengan model tempat duduk 2-2. Fasilitas bus ini ditunjang dengan hadirnya sandaran kaki, tangan, toilet, TV LED, DVD, outlet listrik, ruang merokok, bantal leher, selimut, makanan ringan hingga layanan penjemputan intracity gratis loh. Asyik banget!

Bus Agung Mulia.
Sumber : Traveloka

Jika sudah di kota ini, yang menarik perhatian selain destinasi wisata tentunya kuliner lokal. Nggak mungkin dong sudah jauh-jauh ke Kalimantan Tengah tapi tidak mencicipi kuliner khas.

Beberapa kuliner khas Kalimantan Tengah wajib loh dimasukkin ke itinerary. Saya tertarik banget dengan menu ikan, soto, sambal juga sayur khas yang nggak pernah ditemui sebelumnya. Yup, kuliner Kalimantan yang terkenal setahu saya itu soto Banjar, juga camilan amplang. Makanya excited banget bikin list kuliner kayak gini.

Nah, saja kuliner Palangkaraya yang wajib dicoba? Cuss baca sampai habis, ya.

5 Kuliner khas Kalimantan Tengah yang wajib dicoba.

  1. Kuliner wajib – Soto Banjar

Sumber : Kumparan

Kalimantan itu identik dengan soto Banjar, betul? Saya pernah mencicipinya di Solo untuk soto Banjar ini.

Soto ini terbuat dari berbagai rempah juga santan. Jadi, rasanya gurih! Biasanya soto ini disajikan dengan ketupat atau nasi. Eits, nasinya pun pakai nasi banjar gitu. Untuk pelengkap soto, disajikan bersama ayam suwir, bihun, wortel, kentang, telur rebus yang sudah diiris juga perkedel. Plus ditaburi seledri dan bawang goreng.

Pastinya mencicipi soto Banjar di Kalimantan rasanya akan berbeda dari kota lain. Lebih otentik.

Baca juga : 5 Kuliner legendaris Semarang yang patut dicoba

  1. Sayur umbut rotan yang unik

Sumber : phinemo.com

Baca rekomendasi, sayur ini beneran dari rotan loh. 😀 Selama ini rotan dibikin untuk tas, juga hiasan rumah ya, saya pun belum nemu di manapun sayur rotan ini.

Jadi, sayur ini menggunakan rotan muda. Pastinya sebelum masak, duri rotan mesti dibuang, lalu dibersihkan dan dipotong kecil-kecil, terakhir dicampur dengan rempah khas suku Dayak. Dimasak dengan santan.

Sekilas mirip sayur nangka, ya?

  1. Pecinta kuliner ekstrim, Bangamat harus dicoba!

    Sumber : https://backpackerjakarta.com/bangamat-kuliner-kalong-khas-kalimantan-tengah/

Makan kalong berani nggak? Hehehe … Yang suka tantangan, kuliner ini mesti dicoba deh.

Jadi, Bangamat ini adalah kuliner khas Palangkaraya dari daging kelelawar, dimasak serupa dendeng loh. Sebelum diolah, pastinya dibersihkan terlebih dahulu, lalu dimasak dengan sayur jantung pisang.

Konon, kuliner khas Palangkaraya ini agak susah ditemui. Mesti usaha ekstra untuk menemukan kuliner ekstrim yang satu ini.

  1. Sambal kandas serai, varian sambal yang jarang ditemui

Sumber : https://www.instagram.com/suriana_brenesnev/

Bener kan ya, kuliner Kalimantan ini beragam tapi masih awam sama masyarakat banyak, termasuk saya.

Sudah pasti tiap daerah itu memiliki sambal khas yang biasanya terkenal. Nah, di Kalimantan Tengah punya sambal kandas serai. Sesuai namanya, sambal ini dari serai.

Mirip sambal matah? No!

Ternyata sambal serai ini dicampur dengan suwiran ikan goreng atau ikan panggang. Disajikan dengan nasi hangat, bakal endeus banget nih.

  1. Sayur kalakai yang mirip kangkung

Sumber : https://twitter.com/prasadja/status/336364051988889600

Sekilas jika diperhatikan, sayur ini miring ya dengan kangkung.

Sayur ini bisa dengan mudah ditemui di seluruh pelosok Kalimantan Tengah. Setelah dimasak, sayur ini teksturnya lembut dengan sensasi pedas juga gurih.

Yup, bisa ditebak gurihnya berasal dari santan. Bisa juga loh sayur kalakai ini ditumis seperti sayur pada umumnya. Disajikan dengan seporsi nasi, ikan bakar juga sambal, duh pasti bakal nambah berkali-kali!

Selain dijadikan sayur padanan lauk, ternyata sayur kalakai ini biasa dijadikan ole-ole khas Palangkaraya yang disajikan dengan cara digoreng ala keripik. Jadi, penasaran rasanya.

Baca juga : 5 List kuliner legendaris Malang

Hayo, sekarang jadi pada tahu yes kalau kuliner Kalimantan Tengah itu banyak dan bervariasi, yekan? Ini baru sebagian saja loh masih banyak lagi seperti saluang, ikan jelawat, wadi patin yang bikin penasaran untuk dicoba.

Semoga, yang lagi cari referensi kuliner khas Kalimantan Tengah bisa terbantu, ya.

Ada yang sudah pernah mencoba salah satu kuliner di atas? Share dong di kolom komen.

Happy weekend, temans. <3

 

 

 

Reply