Kimchi Korean Restaurant – Restoran Korea Halal di Kota Solo

Apa yang pertama kali kamu ingat kalau ditanya tentang Korea?

Kalau saya, K-Pop, make up dan Song Hye Kyo.

Siapa sih yang nggak tau K-Pop? Di tiap negara pasti memiliki penggemar fanatik. Kalau make up, pakar kecantikan pun mengakui keunggulan make up dari Korea. Nggak heran banyak yang mencari make up ini demi penampilan mulus kinclong bak artis Korea. Dan Song Hye Kyo, uhmm ini sih pribadi ya, soale saya fans dia sejak lama hehehe …

Makin ke sini, Korea semakin dikenal luas dengan wisata dan kulinernya. Nggak jarang yes, kita melihat brosur ataupun iklan dari travel agency yang menawarkan paket berlibur ke Korea Selatan dari harga yang ramah di kantong hingga mahal.

Seiring maraknya penggemar drama Korea, K-Pop, maka kulinernya pun mulai merebak di mana-mana. Walaupun kaki belum bisa menginjak daratan Korea Selatan, cukup mencicipi kulinernya pun sudah hepi, ya. So, tak jarang kita menemui restoran Korea di sudut kota.

Di Solo, ada dua restoran Korea yang sering saya lewati. Yang menarik minat saya adalah restoran Korea di jalan Veteran, Kimchi.

Kenapa?

Kala itu saya lewat di malam hari, dari luar restorannya nampak syahdu dengan penerangan yang temaram. Romantis!

Honestly, saya belum pernah sekalipun mencicipi kuliner dari restoran Korea. Dan terlintas pengin deh one day bisa mencicipi menu di Kimchi.

Pucuk dicinta ulam tiba! *eaaa

Mak Ana mengajak kami untuk kulineran di Kimchi Korean restaurant, saya dong nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ini!

Baca juga : Pesta Buntel Solo – Sajian khas Eropa dipadu citarasa nusantara

Kimchi Korean Restaurant – Restoran Korea Halal di Kota Solo

Restoran Korea yang satu ini dari luar nampak bangunannya tidak terlalu besar, tapi setelah masuk ke dalam, ruangan lantai satu agak lapang dan berisi sofa-sofa empuk yang berjejer. Ada sebuah tv flat, pojok camilan khas Korea dan toilet umum. Di lantai dua ada musholla.

Yang membedakan Kimchi Korean restaurant dengan restoran lainnya, penerangannya yang temaram itu. Tapi, menurut saya justru hal ini bikin adem, ya apalagi di malam hari. Fasilitas wifi? Ada dong.

Bicara kuliner Korea, pasti korelasinya dengan sake, bir dan babi. Karena rata-rata masakan Korea memang menggunakan semacam sake dan ada daging babi.

Tapi, di Kimchi Korean restaurant ini kamu nggak perlu khawatir karena bebas dari semuanya. Iyes, Kimchi adalah restoran Korea halal di kota Solo.

Kuliner Korea memiliki ciri khas antara lain dengan menyediakan kompor mini di meja agar pengunjung bisa memasak sendiri makanannya dan disajikan di atas piring batu agar makanannya selalu hangat.

Menu ala Kimchi Korean Restaurant

Saya sedikit bingung mau makan apa karena ini kali pertama hehehe … Jadi, saya memesan rabokki dan Korea rice curry. Sedangkan teman-teman lain memesan menu berbeda agar bisa saling icip. *halah πŸ˜€

  1. Dak Galbi

Menu yang satu ini harus dimasak sendiri di atas kompor yang sudah disediakan.

Dak Galbi adalah potongan filet ayam dan kol yang telah dicampur dengan bumbu semacam saos gitu. Nggak pedas, tapi rempahnya berasa. Disajikan dengan sayur segar dan nasi hangat, Dak Galbi ini lezat untuk disantap.

Harga : 80k untuk 3-4 orang

  1. Budae Jeongol

Pertama kali lihat saya pikir ini kayak mi kuah pada umumnya. Eits, saya salah!

Budae Jeongol ini merupakan sup yang dimasak dengan bumbu khas Korea disajikan dengan tteokbokki, sosis, ham sapi, kornet, jamur shitake, tofu seafood dan ramyeon.

Ketika mencicipi menu ini, rasa pedas yang dominan dan ada sedikit asam juga. Harus dimakan selagi hangat, itulah mengapa menu satu ini juga disajikan di atas kompor.

Harga : 105k porsi 4 orang.

  1. Rabokki

Again, menu kali ini dari bahan mi juga. Rabokki adalah campuran ramyeon dan tteobokki.

Rasanya agak sedikit pedas, asin dan asam. Tapi, saya suka!

Harga : 35k.

  1. Korean Curry Rice

Kalau lidah kamu nggak terlalu β€˜friendly’ dengan bumbu kuliner Korea, baiknya memesan menu ini.

Setangkup salad, ayam digoreng crispy dan dibalur kuah kari, nasi hangat merupakan perpaduan pas yang ditonjolkan oleh menu ini.

Harga : 35k.

  1. Korean Fried Chicken

Ini salah satu menu β€˜aman’ juga, ya. Ayam gorengnya enak, bumbunya meresap.

Harga : 28k.

  1. Dolsot Bibimbap

Nah, menu satu ini mesti kamu coba! Saya agak familier dengan menu ini karena beberapa kali lihat di majalah atau di salah satu adegan drama Korea.

Dolsot bibimbap adalah nasi bakar yang disajikan di atas batu dengan toping seperti telur setengah matang, jamur dan sayuran.

Ketika menghidu aromanya, kok seperti bau tauco ya hehehe … Rasanya memang agak asam khas tauco gitu, dan agak pedas juga.

Harga : 30k.

  1. Korean Beef BBQ Rice

Menu ini adalah tenderloin yang diolah dengan Korean brown sauce, disajikan dengan jamur shitake, jagung dan nasi.

Daging tenderloinnya lembut loh jadi mudah untuk dipotong. Rasanya pas menurutku dengan dicampurkan brown sauce.

Harga : 30k.

  1. Dubue Jjigae

Wah sup yang satu ini endeus!

Dubue jjigae adalah sup yang dimasak dengan bumbu doenjang dan gochuang, potongan daging, udang, bakso ikan dan sayuran. Rasanya agak pedas dikit tapi bumbunya itu enak banget. Bagi yang membawa anak, menu ini recommended. Tinggal diminta untuk mengurangi pedasnya saja.

Harga : 35k

  1. Variasi Es

Ada tiga es yang kami pesan : patbingsu, ice gwangju, ice myeong-dong.

Well, Athar dan Kei nggak berhenti mencicipi es ini, enak sih! Suka dengan ice cream yang dicampur, buahnya segar juga, manisnya pas.

Harga : all 20k.

Baca juga : Sepiring kelezatan kupat tahu khas tahu pojok Magelang

Dari delapan menu yang saya cicipi, kalau ditanya yang mana recommended saya akan pilih : dak galbi, rabokki, Korean rice curry, Korean beef bbq rice dan dubue jjigae. Karena, pas saja di lidahku ini. Tapi, yang namanya selera pasti berbeda kan. Kalau pemula untuk urusan kuliner Korea, mending dicoba saja semua hehehe …

Sekarang mah nggak perlu resah lagi ya mencari restoran Korea yang halal di Solo, ada Kimchi Korean restaurant yang menyajikan menu bebas bir, babi.

Kalau kamu sudah pernah cicipi kuliner Korea? Mau dong share di kolom komen.

Kimchi Korean Restaurant

Jl. Veteran no. 190, Surakarta

Open 11 am – 11 pm

Availabe for delivery order (0896-5145-3359)

10 Comments

    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply