8 Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Sejatinya berpikir itu memerlukan energi yang banyak, makanya tiap kerja saya suka ngemil. Setuju gaak? Setuju lha yaa. Salah satu comfort food favorit yang sering dijadiin camilan yaitu dimsum (dih berat yaaa, kapan diet? lol). Biasanya setelah makan saya jadi lebih semangat, berenergi dan mood terjaga.

Dimsum, comfort food favorit!

Walau begitu, saya tetap mengimbangi dengan gerakin badan kayak jalan-jalan sekitar rumah setelah makan. Yeah walau kalori yang terbakar dikit ye, tapi bisa mengurangi pegal badan karena duduk depan laptop seharian.

Dan yang harus diperhatikan juga jeda antara waktu makan. Sebab, jika setelah makan langsung melakukan berbagai aktivitas berat, tubuh bisa merasa tidak nyaman.

Nah, apa saja sih kegiatan yang harus dihindari setelah makan? Skuy disekrol sampai bawah ya.

Inilah Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Kebiasaan-kebiasaan buruk setelah selesai makan sebaiknya dihindari karena bisa memberikan efek yang buruk pada tubuh, terutama pada saluran pencernaan. Dan tak hanya itu efeknya bikin tubuh nggak enak.

1. Tidur

Tidur merupakan aktivitas yang dilarang untuk dilakukan setelah selesai makan. Kebiasaan ini harus dihindari karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Tidur dalam posisi terlentang setelah selesai makan akan memicu kembalinya makanan ke kerongkongan sehingga menimbulkan efek terbakar di daerah dada. 

Akibat dari kondisi ini ialah asam lambung menjadi naik ke atas. Tidur setelah makan menjadi salah satu penyebab asam lambung. Tunggu minimal satu jam setelah selesai makan baru bisa tidur. 

2. Olahraga

Jika kamu langsung olahraga setelah makan, akan menyebabkan organ pencernaan akan kehilangan daya untuk mencerna makanan yang baru saja dimakan.

Kondisi ini akan menimbulkan efek berupa badan pegal, mual, nyeri perut atau muntah. Supaya ini tidak terjadi kamu harus istirahat sejenak untuk menunggu makanan selesai dicerna oleh lambung untuk menghindari refluks.  

3. Makan Buah

Salah satu alasan kenapa dilarang makan buah setelah selesai makan karena buah sangat cepat dicerna sehingga buah akan terfermentasi di dalam usus.

Selain itu, juga menyebabkan timbulnya gas. Kondisi ini akan membuat perut menjadi kembung dan tidak enak. Maka dari itu, disarankan untuk makan buah satu atau dua jam setelah selesai makan atau sebelum makan.

4. Minum Teh

Kebiasaan buruk satu ini sangat sering dilakukan!

Jangan sepelekan kebiasaan minum teh setelah selesai makan karena bisa mengganggu proses penyerapan zat besi.

Jika proses penyerapan zat besi terganggu tentu akan sangat merugikan, terutama pada ibu hamil dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Perlu diketahui jika tubuh kekurangan zat besi maka akan mengakibatkan penyakit anemia.

5. Konsumsi Terlalu Banyak Air

Terlalu banyak minum air setelah selesai makan akan menyebabkan perut kembung, muntah, mual dan nyeri perut.

Selain itu, juga akan menyebabkan asam lambung serta enzim-enzim pencernaan tidak bekerja dengan maksimal. Walaupun dalam satu hari kamu harus memenuhi kebutuhan cairan sebanyak dua liter, bukan berarti minum air banyak setelah makan, ya. Big no!

Kalau saya sih biasa membagi waktu untuk minum air putih seperti : dua gelas setelah bagun tidur, segelas setelah makan, dua gelas siang hari, segelas sore dan malam hari.

6. Mandi

Kegiatan berikutnya yang perlu dihindari setelah selesai makan adalah mandi.

Hal ini bukan tanpa alasan karena mandi setelah makan akan memengaruhi proses pencernaan makanan yang ada di dalam tubuh.

Di mana tubuh membutuhkan aliran darah yang cukup di saluran pencernaan untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, sebaiknya mandi sebelum makan atau 30 hingga 45 menit setelah selesai makan. 

7. Langsung Menyikat Gigi

Meski menyikat gigi setelah makan sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi, bukan berarti setelah selesai makan langsung ke kamar mandi untuk gosok gigi.

Jika ingin menyikat gigi sebaiknya tunggu 30 menit. Hal ini dilakukan untuk menetralisir pH atau tingkat keasaman pada mulut dan juga membantu membersihkan plak gigi.

8. Merokok

Langsung merokok setelah selesai makan sebaiknya segera dihindari. Kebiasaan buruk ini harus dihindari karena jika dilakukan bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung dan menyebabkan terjadinya iritasi dan juga peradangan pada saluran cerna. 

Gimana ada kebiasan buruk setelah makan yang kamu lakuin seperti di atas? Well, tidak ada kata terlambat yes untuk memperbaikinya.

Semoga artikel ini membantu ya untuk kamu yang mau memperbaiki pola hidup sehat. Semangat selalu dan jangan kasih kendur!

Have a lovely day.

4 Comments

    • ranny
    • ranny

Reply