7 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dibeli

Menantikan kehadiran si buah hati adalah proses yang mendebarkan bagi saya. Selama 9 bulan mengandung, ada saja kejadian yang mengharukan terjadi dan nggak akan bisa dilupakan. Tapi, kalau ditanya bagian apa sih yang menyenangkan dari menunggu kelahiran, pasti saya akan jawab : membeli perlengkapan bayi baru lahir!

Semua mama pasti mengamini deh bahwa membeli perlengkapan bayi baru lahir itu sangat membahagiakan. Semacam suntikan hormon endorphin gitu. Hehehe … Kalau saya sejak usia kandungan lima bulan, sudah bikin daftar perlengkapan bayi baru lahir yang mesti dibeli. Kenapa? Kalau nggak bikin daftar bisa bablas dah tabungan. Lalu hal yang terpenting lainnya, mengalokasikan dana untuk membeli perlengkapan bayi itu.

Beli online apa offline?

Kalau saya sih lebih cenderung beli perlengkapan bayi secara offline, karena ada toko besar gitu yang bisa dapatkan perlengkapan bayi dengan harga murah meriah. Dan, membeli secara offline berdua bareng suami lebih terasa keintimannya ya *ehem.

Tapi, ada juga yang saya beli online kayak sepatu untuk Kei kemarin tuh. Pertimbangannya, di online shop banyak banget variasi model dan harga.

Bagi new mama pasti rada galau ya, daftar perlengkapan bayi baru lahir apa sih yang wajib untuk dibeli?

Inilah 7 daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib untuk dibeli.

1. Popok dan Baju Bayi

daftar perlengkapan bayi baru lahir

Perlengkapan ini merupakan perlengkapan utama yang memang harus dipersiapkan dengan seksama dan menjadi urutan pertama bagi new mama dalam membeli berbagai perlengkapan bayi, karena popok dan baju ini merupakan pakaian utama yang memang digunakan untuk membalut tubuh para bayi.

Persoalan popok ini kembali ke mama sendiri ya mau brand apa, ekonomis atau premium. Saya pernah membahas dua jenis popok ini di artikel sebelumnya, barangkali bisa dibaca untuk jadi bahan pertimbangan. Tapi, biasanya kalau untuk bayi baru lahir saya cenderung ke premium dengan model tape.

Baca juga : Review popok bayi yang murah dan berkualitas

Untuk baju bayi, kalau saya sih beli kaos lengan pendek, kaos dalam, kaos lengan panjang atau kemeja tidur lengan panjang.

Berapa banyak? Saya biasa membeli masing-masing 1/2 lusin. Untuk ukuran, saya cenderung membeli size M, karena pertumbuhan bayi khususnya berat badan di usia 2-4 bulan itu termasuk pesat loh.

Popok bayi, beli new born untuk persiapan tapi jangan berlebih ya. Karena, pengalaman di usia dua bulan udah pindah ukuran ke-S.

Baca juga : Memilih popok yang tepat

2. Perlengkapan Mandi

daftar perlengkapan bayi baru lahir1

Perlengkapan mandi merupakan daftar perlengkapan bayi baru lahir kedua yang harus dipersiapkan setelah pakaian mereka.

Mulai dari bak mandi bayi, sabun bayi, sampo bayi, washlap, handuk serta minyak penghangat tubuh bayi, merupakan bagian yang harus dipenuhi. Pilihlah perlengkapan mandi dengan kualitas terbaik dan diformulasikan khusus untuk bayi, sehingga akan sangat aman ketika diaplikasikan pada tubuh bayi.

Kalau mama sibuk dan memilih untuk belanja online perlengkapan mandi, lakukanlah pembelanjaan online pada situs belanja online terpercaya yang ada.

3. Perlengkapan Tidur Bayi

daftar perlengkapan bayi baru lahir2

Bagian ini merupakan bagian penting yang juga perlu dipersiapkan menjelang kelahiran bayi. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pada bayi saat tidur, maka akan lebih disarankan bagi mama untuk memilih alas tidur berbahan busa yang tidak terlalu tebal, karena tempat tidur ini dapat menenggelamkan muka bayi, sehingga dapat mengakibatkan bayi kesulitan bernafas.

Jangan lupa juga, bantal tidur bayi. Biasanya sering dijual paketan alas tidur, bantal kepala dan guling. Motif dan warnanya beragam yang seringnya bikin galau untuk memilih hehehe.

4. Gendongan Bayi

daftar perlengkapan bayi4

sumber : hugabub.com

Ini termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang penting juga. Sekarang mah banyak banget variasi gendongan bayi. Mulai dari kain jarik versi zaman old, baby wrap dan gendongan SSC (soft structured carrier).

Ini investasi bagi saya perihal gendongan bayi karena pakainya lama dan bisa diwariskan kalau punya bayi lagi.

Untuk new born, biasanya lebih nyaman dengan baby wrap atau kain jarik. Saat bayi udah usia 4 bulan, saya sih prefer ke SSC.

5. Perlengkapan Kesehatan

daftar perlengkapan bayi baru lahir3

Perlengkapan kesehatan bagi bayi juga perlu dipersiapkan dengan baik, mengingat pastinya tubuh bayi masih rentan dan mudah terkena serangan udara ataupun panas. Pastikan selalu menyediakan minyak penghangat tubuh bagi bayi atau balsam bayi, dan krim ruam popok.

6. Lemari

daftar perlengkapan bayi5

sumber : decorpad.com

Daftar perlengkapan bayi baru lahir berikutnya yang juga penting untuk dipersiapkan adalah lemari untuk tempat baju. Untuk penggunaan lemari, maka akan lebih disarankan untuk memilih lemari yang aman dan tidak memberikan efek pada baju yang disimpan di dalamnya. Lemari susun dengan bahan pembuatan dari plastik berkualitas tinggi, akan lebih disarankan untuk dibeli, karena lebih aman dan tidak meninggalkan zat berbahaya pada baju yang disimpan di dalamnya.

7. Perlengkapan Tambahan

daftar perlengkapan bayi baru lahi3

Perlengkapan tambahan ini bisa dikatakan penting juga tapi kuantitasnya tidak perlu banyak karena hanya dipakai di awal bulan saja. Seperti, kaos tangan dan kaki, bedong. Cukup beli masing-masing setengah lusin saja karena di usia dua bulan biasanya udah nggak dipakai lagi.

Sepatu bayi ini pasti bakal bikin mupeng dan beli banyak, tapi baiknya jangan beli banyak deh karena ukuran kaki akan bertambah.

Jaket bayi juga penting loh, aplagi kalau mau keluar di musim hujan. Kalau saran saya sih satu saja, beli yang size M.

Jangan lupa beli topi bayi juga ya. Karena di awal-awal bulan bakal sering bolak-balik ke puskesmas, rumah sakit atau dokter anak untuk imunisasi.

Baca juga : Daftar perlengkapan bayi untuk persiapan MPASI

Banyak? Iyes. Apalagi kalau ini adalah kelahiran pertama pastinya akan banyak. Anggaplah investasi perlengkapan bayi baru lahir ini karena bisa diwariskan untuk anak berikutnya. Jadi, bisa irit ongkos lah.

7 Daftar perlengkapan bayi baru lahir ini semoga bisa membantu ya, bagi mama-mama yang lagi bingung mau beli apa saja dalam menyambut kelahiran si kecil.

Semoga sehat selalu, ya dan selamat berbelanja!


Artikel ini adalah content placement yang sudah diedit seusai gaya bahasa Hujanpelangi Blog, selengkapnya tentang ini silahkan klik page disclosure.

6 Comments

    • ranny
    • Naira
      • ranny

Reply