Review Popok Bayi yang Murah dan Berkualitas

Salah satu anggaran rumah tangga yang mesti dialokasikan sebaik mungkin adalah popok bayi. Betul nggak buibu?

Popok bayi itu memang related banget dengan keuangan keluarga juga kesehatan kulit si kecil. Dan, perkara popok bayi ini suka bikin pusing dan kadang baper.

Gimana nggak pusing, harga popok bayi kan nggak murah apalagi kalau sebulan itu harus beli beberapa pak. Eits, belum lagi ditambah kalo ada duo tandem popok bayi di rumah, pucing lah pala mamak. *hvft

Itu dari segi keuangan ya, nah as we know ya buibu, kulit bayi itu sensitif jadi pemilihan popok bayi pun sangat berpengaruh. Kalau nggak cocok bisa menyebabkan ruam. Kalau udah gini, pengeluaran pun makin bertambah ya, karena mesti ganti popok bayi merk lain plus pengobatan ke dokter. Inilah yang suka bikin buibu baper.

Popok Bayi yang Cocok Untuk Athar dan Kei

Dari kedua anak saya, Athar dan Kei, honestly mereka berdua memang full popok bayi hingga dua tahun.

Di masa Athar, saya masih minim pengetahuan tentang masalah popok bayi ini. Dari awal melahirkan, sudah dipakaikan Mamy Poko. Dan karena cocok nggak bikin ruam, jadi hingga dua tahun pakai merk itu terus.

Beda lagi dengan Kei.

Saat Kei, saya udah sering baca review popok bayi di blog teman-teman maupun di forum. So, saya pun mulai mencoba beberapa merk popok bayi.

Awalnya, Kei memakai popok bayi premium dari Mamy Poko dan Pampers. Alhamdulilah, kulitnya aman, nggak sensitif saat ganti merk. Dari dua merk premium tersebut, saya lebih condong ke Pampers.

Clodi? Udah pernah coba di Kei dan Athar. Saya membeli merk lokal. Saat dipakai ke Athar, nggak ada masalah di kulit, hanya saja suka bocor. Beda lagi di Kei, sempat terjadi ruam loh, bocor dan pup mleber. Karena itu saya skip untuk clodi ini. Barangkali saya yang kurang ilmu tentang clodi karena ternyata insertnya itu beragam macam.

Balik lagi ke popok bayi, saya lebih menyukai model pants, karena mudah dilepas, nggak melorot, bocor dan bebas bergerak. Memang sih popok bayi premium itu bagus, jaminan mutu lah ya buibu. Hanya saja, kantong terasa berat nih. Apalagi, saya harus mengetatkan ikat pinggang untuk anggaran belanja.

Jalan satu-satunya selain toilet training, saya harus downgrade popok bayi premium ke ekonomis sebagai solusi untuk memperbaiki anggaran belanja.

Dari beberapa referensi nih yang saya baca di forum The Urban Mama dan Momiesdaily, akhirnya saya pilih popok bayi Goon Smile Baby.

Review Popok Bayi yang Murah dan Berkualitas

Dari beberapa thread di kedua forum tersebut, yang bikin tertarik mencoba popok bayi Goon Smile Baby ini adalah desainnya yang tipis, tapi nggak bocor, nggak menggembung dan bebas bergerak. Wah, saya benar-benar penasaran. Karena, memakai merk sebelumnya suka banget menggembung walau belum penuh.

Kala itu saya membeli di mini market dekat rumah, satu pak Goon Smile Baby size L seharga Rp 40.000,- isi 20. Hmmm murah nih ya. Saya pun mulai mengkalkukasi pengeluaran sebulan untuk popok bayi bakal nggak sebesar sebelumnya.

Okay, here we come …

  • Desain

Review popok bayi9

Untuk popok bayi Goon Smile Baby ini tipenya pants. Tipis, kelihatannya kecil tapi saat dipakai ke Kei, pas. Bisa dikatakan desain popok bayi Goon Smile Baby ini, slim fit.

Kabar gembiranya nih, sejak bulan kemarin popok bayi Goon Smile Baby ini diupgrade kualitasnya. Jadi, Goon Smile Baby yang sekarang itu ada wonder line (garis pipis). Yang bikin hepi, desainnya itu mirip premium loh! Which is, full colors dan gambarnya beda-beda tiap helai.

Khusus untuk popok bayi Goon Smile Baby wonder line ini, saya rasa agak tipisan dikit.

  • Packaging

Packaging popok bayi Goon Smile Baby ini, berwarna biru dengan ciri khas ada pelangi di atas tulisan Goo.N. Untuk packaging terbaru, ada gambar artis Tika T2 dan anaknya. Di bagian depan ada logo MUI dan penjelasan wonder line which is bisa dipakai untuk 5 kali pipis, dua kali lebih kering. Dan yang pasti nggak menggembung dan bebas bergerak.

Isi size L untuk Goon Smile Baby wonder line sekarang ini 20+4, ish hepi bener lah ya.

Untuk bagian kiri dan kanan, ada penjelasan chart size, cara pemakaian, peringatan, cara membuang, data perusahaan, bahan hingga nomor Kemenkes RI.

Bagian belakang, infografis popok bayi Goon Smile Baby wonder line.

  • Harga

Harga normal di Indomaret atau Alfamart untuk popok bayi Goon Smile Baby size L isi 20 di kisaran 40rb-an. Sedangkan kalau lagi promo nih di kedua mini market tersebut bisa tembus 27rb per pak. Murah kan, ya?

  • Testimoni Pemakaian

Ini adalah bulan kelima Kei memakai popok bayi Goon Smile Baby. So far, aman di kulit, nggak bikin ruam maupun gatal karetnya di pinggang.

Jangan salah loh buibu, walau desainnya tipis tapi daya serapnya oke nih. Saya cek di material, super absorbent polymer untuk popok bayi ini 35,6%.

Yang saya suka banget, popok bayi ini nggak menggembung dan bikin Kei bebas bergerak ke seluruh penjuru rumah. Nggak melorot juga saat lari-larian. Kalau pup nggak mleber juga.

Untuk menyiasati nggak terjadi ruam, selain menggunakan sleek baby diaper cream sebelum pakai popok bayi, tiap 3-4 jam popok harus diganti entah mau penuh atau tidak.

Baca juga : Memilih krim ruam popok yang tepat untuk si kecil

Pernah juga loh saya gunakan popok bayi Goon ini untuk tidur malam. Saya gunakan dari pukul 10 malam sampai pukul 7 pagi. Nggak bocor, nggak menggembung juga. Memang sih minum ASI untuk semalam udah jauh berkurang, hanya sekali di pukul 3 atau 4 subuh dan kadang pukul 6 pagi.

Jadi, popok bayi Goon Smile Baby ini bisa dikatakan produk yang ekonomis dengan harga murah tapi kualitasnya bagus. Apalagi sekarang udah diupgrade ada wonder line.

Bisa saya garis bawahi selama menggunakan popok bayi Goon Smile Baby ini :

  • Nggak menyebabkan ruam di kulit Kei.
  • Tidak ada garuk-garuk lagi akibat karet di pinggang.
  • Nggak bulky.
  • Nggak menggembung dan bebas bergerak.
  • Walau tipis daya serap bagus, nggak bocor.
  • Harga terjangkau.
  • Desain sekarang juga sudah warna-warni.

Lengkapnya bisa dilihat di foto-foto di bawah ini, ya buibu.

Review Popok Bayi

Review Popok Bayi2

Review Popok Bayi8

Foto ini setelah Kei pakai popok. Nampak seperti nggak pakai popok ya?

Review Popok Bayi10

Setelah mandi, ini masih pakai popok Goon versi lama. Nggak menggembung dan bebas bergerak.

Popok Bayi dan Kenyamanan

Review Popok Bayi5

Kenyamanan saat mengenakan popok bayi sangat penting.

Memang benar masalah popok bayi ini juga berhubungan dengan kenyamanan. Karena, saat pakai merk premium, kulit Kei sempat iritasi karena sering digaruk akibat gatal di pinggang. Iyes, penyebabnya memang karet popok bayi tersebut. Kayak gini, mau nggak mau mesti diganti, ya.

Bagi saya, nggak ada masalah sebenarnya antara premium dan ekonomis, semua tergantung dari kenyamanan si kecil dan keuangan keluarga.

Kalau memang popok bayi ekonomis aman dan nyaman, ya nggak masalah mau digunakan seharian, tidur malam hingga bepergian.

Tetap yang utama kenyamanan kulit dengan popok bayi, ya. Karena, beberapa teman mengaku kulit bayi mereka sensitif, jadi takut pindah ke ekonomis dan memilih bertahan di premium. Sah-sah saja. Sebagai orang tua, kita akan melakukan apapun demi kesehatan si kecil bukan?

Well, semoga review popok bayi yang murah dan berkualitas ini bisa membantu buibu yang tengah galau mau pindah ke ekonomis tapi bingung mau merk yang mana.

Once again, popok bayi Goon Smile Baby ini saya recomended banget untuk buibu yang mau switch ke ekonomis. Desain tipis, nggak menggembung dan bebas bergerak. Harga pun nyaman di kantong.

So, buibu seringnya pakai popok bayi ekonomis apa nih? Ada yang udah coba popok bayi Goon Smile Baby belum? Share dong pengalamannya di kolom komen. ^^

25 Comments

  1. Naira
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  2. Uci
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply