7 Tempat Wisata Ikonik di Semarang untuk Liburan Bareng Bestie

Kalau kamu ditanya di mana kota wisata terbaik di Jawa Tengah yang cocok untuk liburan, mungkin pikiran kamu akan langsung mengarah ke Yogyakarta. Padahal nih, kalau kamu mau bergeser sedikit, ada wisata di Semarang yang menawarkan berbagai pilihan menarik dan tak kalah kerennya.

Ada berbagai tempat wisata keren di Semarang yang pastinya hemat kantong. Cocok banget untuk liburan bersama bestie, lho. Selain menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi, sebaiknya kamu juga pesan terlebih dahulu tiket kereta Solo Semarang agar perjalanan semakin mudah. Nah, berikut ini nih tujuh tempat wisata ikonik di Semarang yang bisa dikunjungi berdua bersama sahabat.

7 Tempat Wisata Ikonik di Semarang untuk Liburan Bareng Bestie

1. Saloka Theme Park

Bila di Malang ada Jatim Park, di Semarang ada Saloka Theme Park. Ini adalah tempat wisata di Semarang yang menawarkan banyak sekali wahana menarik yang sangat memacu adrenalin.

Saloka Theme Park sendiri menyediakan banyak sekali wahana yang terbagi dalam beberapa Zona. Ada Zona Segara Prada, Zona Belantara, Zona Pesisir dan Zona Araya.

Nah, kamu bisa datang ke Saloka Theme Park setiap hari karena wisata ini buka terus dari jam 10 pagi hingga 8 malam.

Pengalaman saya ke sini memuaskan, waktu itu sih masih awal-awal pembukaan. Asli lahannya luas, jadi untuk parkir dan ke loket naik mobil mini. Untuk wahananya pun asyik menurutku.

2. Dusun Semilir

Wisata di Semarang : Dusun Semilir

Saya ke sana itu bulan Januari 2022 lalu. Wah, saya baru tahu ada tempat wisata di Semarang yang luas banget kayak Dusun Semilir.

Walau masih pandemi tapi ramenya luar biasa. Kami parkirnya agak jauh dari pintu masuk. Jadi mayan deh jalan kaki.

Masuknya itu bayar 40k. Dan di dalamnya ada berbagai wahana yang memacu adrenalin kayak perosotan pelangi. Untuk naik ini bayar 15k dan ciyusan ini tinggi banget.

Lalu ada juga tempat main ATV, ada penyewaan mobil mini golf, naik kereta terus ada penyewaan skuter dan sepeda listrik. Eits, di salah satu bagian ada loh ala Eropa. Wah keren abis untuk dijadikan spot foto!

Naik kereta di area Eropa itu bayar 25k.

Mau makan? Di sini ada semacam food court yang lengkap. Mau beli ole-ole? Ada juga tuh.

Pokoknya paket komplit!

Baca juga : 7 Wisata di Solo yang Murah

3. Candi Gedong Songo

Tak hanya wisata alamnya saja yang unggul. Semarang sendiri juga memiliki banyak sekali objek wisata ikonik bersejarah seperti Candi Gedong Songo. Ini adalah candi bersejarah di Semarang yang semakin viral di 2018 lalu.

Tak cuma candi, di area wisata ini juga disediakan banyak sekali spot foto instagramable. Ini membuat candi ramai tak hanya dikunjungi untuk belajar sejarah, tetapi juga ramai untuk berselfie ria.

4. Kota Lama

Kota Lama Semarang adalah lokasi wisata bersejarah yang juga dijuluki sebagai “Little Netherland”. Kemegahan arsitektur Eropa sendiri masih sangat terasa di Kota Lama.

Di depan salah satu coffeeshop di kota lama Semarang

Kamu bisa mengunjungi Gereja Nederlandsch Indische Kerek yang  sangat ikonik dan juga Gedung Kuno bekas kantor Asuransi era Belanda. Nah, kamu juga bisa mampir sebentar ke lokasi wisata kuliner yang ada di Kota Lama.

Di sini banyak spot foto asik, sayangnya kamu harus rela banyak orang lalu-lalang sebagai bekgron foto hehe … Yang paling ikonik tempat foto itu ada pintu dengan pohon belukar, wajib deh foto di situ.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong berlokasi di Semarang Barat. Ini adalah tempat wisata bersejarah bekas peninggalan laksamana Cheng Ho. Arsitektur di klenteng Sam Poo Kong merupakan perpaduan antara Jawa dan China.

Kalau kamu mengunjungi Klenteng ini, bisa masuk ke tempat pemujaan Dewa Bumi, entah untuk sekedar berfoto atau beribadah.

6. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah bekas perkantoran milik perusahaan kereta api Belanda. Dulunya, Lawang Sewu digunakan sebagai kantor untuk menjalankan operasional dan administratif urusan kereta api. Jadi, dulunya orang-orang Belanda yang ingin pergi dengan rute Semarang-Surakarta-Yogyakarta bisa memesan tiket di Lawang Sewu.

Hingga saat ini di Lawang Sewu juga ada tiga buah lukisan kaca patri yang sangat indah. Dulunya lukisan ini dibuat oleh seniman Belanda dari studio seni kaca. Uniknya, lukisan ini akan menyala lebih terang ketika terkena cahaya yang masuk ke lukisan.

7. Eling Bening

Setelah menikmati wisata sejarah di Semarang, kamu juga bisa mampir seru-seruan di Eling Bening. Ini adalah tempat rekreasi yang menawarkan keindahan panorama pegunungan. Kamu bisa menikmati suasana hijau perbukitan sambil berenang di ketinggian 700 mdpl.

Di eling Bening juga ada banyak sekali spot foto bagi kamu yang ingin berselfie ria. Selain itu, kamu pun bisa menikmati kuliner enak di Eling Bening. Ada rawon, bakso, pecel dan ikan bakar yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Objek wisata di Semarang memang iconic dan nggak kalah keren dengan kota-kota lain di Jawa Tengah. Enaknya lagi, harga makanan dan juga penginapan di Semarang terbilang sangat terjangkau. Tentunya, kamu dan bestie bisa jalan-jalan seru, asyik dan nyaman di kota ini.

Perjalanan kamu tentu akan semakin nyaman dengan alat transportasi yang memadai. Contohnya saja, kamu bisa pesan tiket KA ke Semarang di Traveloka Lifestyle SuperApp yang menyediakan harga termurah dengan diskon besar-besaran. Yuk pesan tiket kereta Api ke Semarang via Traveloka!

Eniwei, dari list dia tas udah berapa banyak wisata di Semarang yang sudah kamu kunjungi?

One Response

Reply