Growing Up With Morinaga Chil-Go! For A Better Future

You may say im a lucky bastard mommy!

Kalimat yang sedikit provokatif memang. Tapi, itulah yang saya rasakan menjadi Mama dari Javas Athar Narayana Iskandar a.k.a Athar. Putra kecilku tumbuh menjadi anak yang menggemaskan, aktif, selalu ingin tahu, ramah dan gampang makan.

Bagi sebagian Mama, masalah makan itu terkadang menjadi satu bumerang. Bagaimana tidak, anak yang nggak mau makan, makannya ditahan lama di mulut atau bahkan lari ketika mau disuapin adalah hal-hal yang sukses bikin kita pusing tujuh keliling! Segala cara sudah dicoba tapi tetap saja  anak kerap melancarkan aksi gerakan tutup mulut. Makanya, saya mengatakan bahwa saya adalah Mama yang beruntung karena Athar tidak sulit soal makan.

Menjadi bagian dari proses tumbuh kembang anak merupakan salah satu hal yang menakjubkan. Tiap hari ada saja keahlian baru yang ditunjukkan oleh Athar. Mulai dari bisa mengikuti nyanyian yang didengar di radio, suka menonton berita, ada kosakata baru dan bertanya segala hal yang tidak diketahuinya. Tapi, dari semua itu ada satu hal yang membuat saya terkadang gelisah dan khawatir : tentang pencernaan Athar.

Pencernaan Terlalu Lancar Baik Tidak Untuk Anak?

Pertanyaan ini selalu menggema di kepalaku. Bagaimana tidak, sehari Athar itu bisa tiga kali masuk ke WC untuk buang air besar. Memang sih, feses nya masih padat tidak cair. Tapi, tetap saja saya sebagai Mama khawatir. Bermacam pikiran pun melintas di pikiran. Mulai dari higienis nggak makanan yang saya sajikan, apa makanannya tidak cocok untuk perut Athar atau susunya tidak cocok?! Padahal, saya termasuk tipe yang suka membuat home made food. Pencernaan yang terlalu lancar ini bak mimpi buruk yang kerap menggangu hari-hariku.

Mungkin ini hanya ketakutan berlebihan dari saya sebagai seorang Mama. Saya pun rajin browsing dan bertanya pada dokter anak. Menurut beliau, hal ini tidak apa-apa  selagi feses nya itu padat tidak cair. Dokter pun memberi resep sirup Zinc yang diminum sekali sehari.

Ada Nggak Sih, Susu Pertumbuhan Untuk Mengatasi ‘Pencernaan Terlalu Lancar’ Pada Athar?

Satu ketika, kami sedang belanja bulanan di salah satu supermarket besar. Selagi mendorong troli dan memilih barang, Athar berujar, “Ma, Athar mau susu”. Wah, kala itu saya sedikit bingung karena susu Athar sudah habis. Saya pun ke rak susu UHT dan diam sejenak. Dalam hati, saya ingin mencari susu UHT baru yang cocok bagi Athar karena sebelumnya tidak cocok dengan perutnya. Sedikit lama saya bergeming depan rak sambil menimbang. Rata-rata, susu yang sudah sering saya lihat di iklan tv. Lalu, pandangan saya beralih ke bagian kanan. Saya mengernyit dan berujar dalam hati, “Sepertinya ini UHT baru deh! Belum pernah saya lihat sebelumnya”.

Saya pun mengambil salah satu kemasan botol UHT dengan merk Morinaga Chil-Go! rasa coklat dari rak. Athar ternyata sudah tak sabar ingin meminumnya segera.

Ma, Athar minum,” ujarnya sambil merebut susu Morinaga Chil-Go! dari tangan saya.

Rupanya haus benar putra saya. Tak sampai lima menit, susunya tandas!

Dorongan troli diambil alih oleh Cici saya. Selagi berjalan, saya membaca keterangan yang tertera di kemasan Morinaga Chil-Go! Senyum pun mengembang. Ada dua unsur yang baik untuk pencernaan yang terkandung di dalam susu ini yaitu prebiotik dan zinc!

I think, I found what im looking for! Yes!

Sebagai Mama tentunya saya harus ekstra mengawasi kandungan gizi yang akan dicerna oleh Athar. Termasuk susu UHT baru yang dikonsumsi Athar, Morinaga Chil-Go!. Kecanggihan teknologi memudahkan saya untuk menulusuri tentang produk ini.

Sekilas Morinaga

Mungkin sedikit yang mengetahui bahwa Morinaga adalah produk dari Jepang. Sejak tahun 1986, Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang, telah membetuk kerja sama untuk memformulasi dan menjual produk Morinaga di Indonesia. Dengan fokus pada ASI sebagai sumber ideal nutrisi, Morinaga Nutrition Research Center Jepang telah melakukan banyak penelitian dengan mengembangkan nutrisi anak berkualitas.

Morinaga vision

Visi Morinaga bertujuan untuk menyediakan nutrisi berkualitas dan terbaik dan memiliki komitmen tinggi untuk secara berkelanjutan berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan generasi yang unggul, generasi platinum. Dalam wadah Platinum Generation Center For Development, peran Morinaga bukan sekedar berperan lebih dari sekedar nutrisi yaitu dengan melakukan kegiatan diseminasi yang terkait peningkatan kualitas tumbuh kembang anak-anak Indonesia yang dilaksanakan secara multi-peran yaitu orangtua, guru dan tenaga medis, untuk mewujudkan Indonesia Sehat menuju kehidupan yang lebih baik.

Honestly, saya sangat gembira membaca tentang Morinaga dan visi ke depannya. Saya pun berkeyakinan bahwa pilihan saya kali ini insya Allah tepat.

Morinaga Chil-Go! Sebagai Susu Cair Pertumbuhan

Morinaga Chil-GO!

Tak hentinya Morinaga mengeluarkan inovasi terbaru untuk tumbuh kembang anak. Tahun ini Morinaga meluncurkan produk terbaru mereka yaitu susu cair pertumbuhan dengan nama Morinaga Chil-Go!.

Kemasan botol diusung produk ini dengan berat 140 ml dan memiliki tiga varian rasa : coklat, vanila dan strawberi. Pintar sekali Morinaga memilih varian rasa ini karena tiga rasa ini sangat akrab dengan anak-anak dan dipastikan mereka pasti suka! Untuk harga, bagi saya terjangkau. Di salah satu supermarket langganan saya di Manado, Morinaga Chil-Go! dibandrol Rp. 4.700,-.

Sesuai dengan visi Morinaga, produk Morinaga Chil-Go! sangat berperan aktif dalam Golden Age pertumbuhan otak dan anak pada umumnya. Untuk Athar yang berusia 2 tahun 10 bulan, lagi berada di golden age pertumbuhan otak juga. Nah, di sinilah peran Morinaga Chil-Go!

Inilah 4 alasan utama saya memilih Morinaga Chil-Go! untuk Athar

4 Alasan

Selain itu, Morinaga Chil-Go! juga sangat mendukung kecerdasan Multi Talenta anak. Di mana periode perkembangan otak si kecil, terutama fungsi kognitifnya, terus berlangsung hingga anak kita mencapai usia 12 tahun. Morinaga Chil-Go! mendukung periode perkembangan emas otak anak dengan nutrisi antara lain :

nutrisi

Satu Faktor Lagi Yang Membuat Saya Melabuhkan Pilihan ke Morinaga Chil-Go!

Selain 4 alasan di atas yang merupakan keunggulan dari Morinaga Chil-Go! Menjadi alasan kuat saya untuk memilih produk ini, ada satu faktor lain yang memantapkan niat saya untuk menjadikan produk ini sebagai teman keseharian Athar.

free gmo

Mungkin bagi sebagian orang masih jarang mendengar istilah GMO ini. Menurut Wikipedia, GMO (Genitecally Modified Organism)– organisme termodifikasi secara genetika adalah makhluk hidup yang telah ditingkatkan kemampuan genetisnya melalui rekayasa genetik.

Masih bingung? Contohnya nih, ya, ayam normal itu biasanya di umur 5,5 minggu akan memiliki berat 940 gram. Tetapi, ayam yang telah disuntik dengan cairan genetik, di umur yang sama akan memiliki berat 2400 gram!

Efek dari GMO ini sungguh creepy bagi saya yaitu bisa menimbulkan penyakit baru dan mengganggu keseimbangan alam. Kanker dan virus flu merupakan salah satu efek yang ditimbulkan oleh GMO ini.

Jepang adalah salah satu negara yang melarang produk GMO masuk ke negara mereka dan lebih menggalakkan produk organik.

Hubungannya dengan Morinaga Chil-Go!?

Jelas dong, Morinaga adalah produk dari Jepang jadi segala produknya tentu diawasi ketat dan sudah pasti free GMO. Walaupun pembuatan dan pengemasan produk Morinaga menggunakan fasilitas yang ada di Indonesia tapi pelaksanaannya tetap mendapat pengawasan dan bantuan teknis dari Jepang. Proses produksi dan pengemasan termasuk dalam lingkup Quality dan Food Safety Management System yang sudah disertifikasi oleh lembaga sertifikasi internasional.

So, I don’t have a doubt again to choose Morinaga Chil-Go! For my son.

Siapa sih Yang Nggak Kenal KALBE?

Hari gini nggak kenal KALBE, hmm sungguh T.E.R.L.A.L.U! Bagaimana tidak, produk KALBE ini berseliweran di supermarket kesayangan kita dan sering kali iklannya tayang di tv dan merupakan perusahaan farmasi terkemuka di negara kita. Oke lebih jelasnya, saya akan mengutip dari wikipedia.

KALBE NUTRITIONALS adalah salah satu anak perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, PT. Kalbe Farma Tbk. Pada awalnya Kalbe Nutritionals didirikan dengan nama PT. Sanghiang Perkasa dan perusahaan ini menjalankan bisnisnya di bidang kesehatan. Produk yang dihasilkan merupakan produk-produk makanan dan minuman kesehatan yang menjangkau di setiap titik kritis tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Produk-produk yang dihasilkan berupa susu untuk bayi, anak-anak, remaja, ibu hamil dan menyusui, beberapa kebutuhan khusus kaum manula, serta biskuit dan sereal bayi.

Saya memiliki beberapa produk susu dari Kalbe Nutritionals di rumah. Mulai dari susu hamil dengan varian rasa coklat (Prenagen), susu Mama dengan varian rasa Vanila (Entrasol Gold), susu Cici dengan varian rasa moccachino (Entrasol) dan untuk Athar Morinaga Chil-Go! Kami memang penggemar produk Kalbe ini.

Kami sangat senang berbelanja produk Kalbe ini karena SPG mereka sangat ramah, tidak pelit informasi dan selalu bertabur hadiah. Tak terhitung berapa banyak gelas kekinian yang sudah ada di rumah, tempat makan serbaguna, tempat untuk piknik bahkan kemarin sempat dibagian produk terbaru dari Entrasol, oat untuk kesehatan jantung. Layanan Kalbe pun mengikuti zaman kekinian yaitu bisa delivery! Keren kan?

tentang kalbe

Menemani Aktivitas Harian Athar

Setiap hari Athar selalu bermain dalam pengawasan saya, karena pernah terjadi Athar memasukkan koin ke dalam mulut, untungnya ditunjukkin ke saya. Saya sampai meringis tiap kali mengingat kejadian itu, beranjak dari hal itu saya pun memperketat pengawasan tiap kali bermain.

Ini dia aktivitas keseharian Athar.

  1. Menonton Film Cars

nonton

Jangan ditanya sudah berapa kali film ini diputar di tv di rumah! Saya pun sampai hafal semua pemainnya. Hehehe.. Athar memang memiliki ketertarikan besar dengan mobil-mobilan apapun jenisnya. Dan tiap kali menonton Cars, Athar selalu excited. Ketika menonton film ini, saya bisa memasak dengan leluasa. Cukup memberikan Morinaga Chil-Go! Athar pun anteng menonton.

  1. Bermain Mobil-Mobilan

main

Papa Athar selalu membeli mainan tiap bulannya. Dan selalu berbau otomotif dengan segala bentuk dan jenis mulai dari ambulans, truk, jeep, sedan, helikopter, pesawat terbang. Sengaja memang Papa Athar membeli yang tidak mahal karena Athar suka sekali mengoprek mainannya. Ketika Athar berhasil membuka satu per satu bagian mainan, wajahnya begitu sumringah. Jangan ditanya deh, mainannya itu sebagian besar tinggal rangka!

Tapi tak mengapa, kami sebagai orangtua senang Athar bisa bereksplorasi dengan imajinasinya. Ini membuktikan bahwa kemampuan kognitif, motoriknya menunjukkan perkembangan yang baik. Tak lupa saya menyediakan Morinaga Chil-Go! Untuknya.

Nggak apa-apa mobilnya itu dioprek tinggal rangka. Kalau Athar sudah bisa menyusunnya kembali, nah itu kita bingung, berarti anak kita sangat hebat benar! Hehehe.. Untuk usianya memang wajar mainan dioprek kayak gitu. Abang nggak nyesal kok beliin baru.” – Papa Athar.

  1. Temenin Mama ke Gramedia

Athar di Gramedia

Dua kali dalam sebulan saya pasti mengunjungi Gramedia. Memang kami adalah tipikal orangtua yang bookwarm. Sedini mungkin juga kami berusaha mengenalkan buku-buku pada Athar. Kami membiarkan dia memilih buku yang ingin dibeli tentunya sesuai dengan umur. Dan kembali lagi, Athar selalu memilih buku cerita yang ada gambar mobil-mobilan! Saya juga suka membelikan fold book macam-macam kendaraan, bangunan, buah-buahan, warna kepada Athar.

Ketika mau jalan, sekarang saya ngga repot lagi menyediakan botol susu. Cukup 2-3 botol Morinaga Chil-Go! Di tas dan semuanya berjalan aman!

  1. Belajar Mengenal Gambar

baca

Ini program berdua dengan Abang sejak Athar berusia satu setengah tahun. Kami senang membeli set gambar-gambar dan menunjukkan padanya. Kami ingin melihat sampai di mana daya ingat dan mengenalnya terhadap satu gambar. Sekarang Athar sudah berusia 2 tahun 10 bulan, sudah lebih pintar mengenal gambar dan kalaupun ada yang tidak diketahuinya pasti akan langsung ditanyakan.

Nutrisi otak dari makanan saat golden age ini memang penting banget tapi tentunya diimbangi juga dari susu cair pertumbuhan seperti Morinaga Chil-Go!

Camilan Sehat Bebas Gula ala Mak Athar

Mama is my role mode!

Yup, Mamaku senang sekali memasak dan baking. Dan tak hentinya menyarankan untuk lebih memasak ketimbang membeli makanan di luar rumah. Alasan utama yaitu, lebih higienis dan ekonomis. Khas emak-emak banget, ya! Hehehe Tapi memang benar, hal itu saya rasakan ketika menikah. Saya lebih suka memasak dan Abang pun cocok dengan masakanku. Ketika Athar lahir, saya makin berusaha memberikan MPASI rumahan, variasi makanan hingga camilan. Jadi, Mama harus kreatif, bukan?

Kali ini, saya mencoba satu resep baru camilan dan satunya merupakan favorit Athar yang selalu dimintanya ketika masuk supermarket atau minimarket.

Let’s check it out!

Roti Goreng Biskuit

IMG_6541

Bahan :

24 buah biskuit cokelat isi krim vanili siap pakai (saya pakai oreo)

Minyak untuk menggoreng

Lapisan Kulit :

200 gram tepung terigu untuk roti

1 sdt baking powder

¼ sdt garam

2 butir telur ayam

280 ml Morinaga Chil-Go! Rasa Vanila

Cara Membuat :

Cara Membuat Roti Biskuit

  1. Untuk lapisan kulit : aduk tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan
  2. Kocok telur dan susu hingga rata
  3. Tuang ke dalam campuran tepung terigu, aduk hingga rata. Diamkan selama 10 menit. Sisihkan.
  4. Celup biskuit ke dalam adonan kulit hingga terbalut rata.
  5. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang dan kuning keemasan. Bolak-balik agar matangnya merata. Angkat, tiriskan. Diamkan hingga dingin.

*) Untuk keperluan foto, saya menaburi gula bubuk di atasnya. In case, bisa saja ditaburi dan bisa tidak. Rasa manisnya murni berasal dari susu dan biskuit.

Fruit Ice Cream

fruiticecream2

Bahan :

6 botol susu Morinaga Chil-Go! (masing-masing varian 2 botol)

½ sdt garam

3 sdm tepung maizena

150 ml air

½ buah apel potong dadu

1 sdm selasih (larutkan dalam air panas)

Cara Membuat :

Fruit Ice Cream

  1. Untuk masing-masing rasa campurkan susu, garam, ½ sdt garam. Aduk hingga merata.
  2. Masak di api kecil hingga mendidih.
  3. Masukkan larutan maizena, aduk cepat hingga kental.
  4. Masak lagi di atas api kecil. Masukkan apel dan selasih. Biarkan uap panasnya hilang. Sisihkan.
  5. Lakukan step 1-4 untuk varian rasa lainnya.
  6. Tuang ke dalam gelas kecil per rasa. Diamkan hingga agak sedikit mengeras, lalu tuang lagi hingga penuh dan memiliki tiga warna.
  7. Masukkan ke dalam freezer hingga beku.

Gimana, gampang banget bukan? Ekonomis dan pastinya higienis!

Sebulan Bersama Morinaga Chil-Go!

Nggak terasa memang susu UHT Morinaga Chil-Go! Ini sudah sebulan menemani aktivitas Athar. Untuk masalah pencernaan terlalu lancar pun sudah mulai berkurang. Saya yakin, nggak langsung blas hilangnya. Setidaknya saya tak perlu repot lagi memberikan sirup Zinc karena semua kandungan baik sudah ada di Morinaga Chil-Go!

Saya mengamati bahwa Athar senang dengan susu UHT barunya ini dibanding sebelumnya. Athar nggak pernah komplain tiap jalan susu botolnya jarang dibawa. Bahkan sekarang Athar sudah sering ngomong, “Ma, Chil-Go Athar mana?” jika sudah haus ingin minum susu. Ya, saya kerap membawa susu dan air mineral ke manapun kami pergi.

At least, saya bersyukur dengan kemajuan teknologi sekarang ini. Produk yang dihasilkan pun sangat berguna untuk tumbuh kembang anak dan praktis di bawa ke mana saja, bahkan kemasannya bisa didaur ulang. Dua peran penting yaitu, perkembangan anak dan keseimbangan alam  ditunjukkan oleh Morinaga dalam produk Morinaga Chil-Go!

Let Them Live Their Way

Pengalaman menemani perkembangan Athar akan terus bergulir hari ke hari, dan pastinya akan membawa cerita baru. Satu hal yang saya pelajari, bahwa biarkanlah anak-anak berkreasi, biarkanlah mereka memilih apa yang mereka mau lalu kita bantu mereka mewujudkannya. Jangan pernah memaksakan kehendak kita. Saya memang bukan pakar parenting , saya hanyalah orangtua yang ingin memberikan terbaik bagi anak.

Kegemaran Athar akan mobil-mobilan dan gambar, membuat saya berpikir, kelak jika Athar ingin belajar teknik otomotif ataupun berkecimpung di bidang tersebut saya akan senang karena itu merupakan passionnya sejak kecil.  Dan sejak dini pun, saya mulai membiasakan Athar memilih untuk hal-hal kecil seperti pakaian yang akan dikenakan dan sepatu.

Sebagai orangtua saya wajib memfasilitasi keinginan anak dalam artian memberikan yang dibutuhkannya seperti mobil-mobilan dengan harga terjangkau dan aman tentunya, tak lupa pula gizi yang seimbang dari makanan dan minuman. Pemberian nutrisi tepat sejak golden age akan sangat membantu dalam perkembangannya kelak.

Hey, son maybe u want to invited some new car?  Hehehehe Mom dan Papa will give the best until you can be an expert in passion that what you want!

Sehat selalu, anak Mama. Sebentar lagi akan jadi Abang kan?

Growing up with Morinaga Chil-Go! For a better future..

 

 

 

14 Comments

  1. ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  2. Rahmah Chemist
    • ranny
  3. Lidya
    • ranny
    • ranny

Reply