5 Alasan Mengapa Website Penting Dalam Membangun Bisnis

Menurut kalian kalau memiliki bisnis penting nggak sih ada website? Kalau saya iya.

Bagi saya dari sisi seorang konsumen, website ini sebagai bentuk branding sekaligus marketing untuk suatu brand. Karena di website bisa lebih leluasa untuk menguplod produk, optimasi hingga berbagi artikel menarik untuk dibaca.

Saya jadi ingat film Start Up yang hits kemarin. Di drama Korea tersebut menunjukkan ketika kita membangun bisnis penting banget untuk memiliki rencana bisnis.

Dengan rencana bisnis, kita bisa menentukan mau seperti apa bentuk bisnisnya, target market, hingga pendapatan yang bisa kita peroleh apabila ada investor yang mau berinvestasi. Ini menurutku berlaku loh untuk semua skala bisnis, mau besar maupun kecil.

Lalu peran website di mana?

Website itu memiliki peranan di marketing sekaligus branding seperti yang saya sebutkan di atas.

Tapi, banyak yang malas kalau beli di website?

Eh kata siapa? Nggak juga tuh, saya masih suka beli via website atau kalau mau lebih oke ya dibikin versi aplikasi biar lebih mudah diakses.

Nah, bagi kamu yang memiliki bisnis tapi masih maju-mundur tjantik mau bikin website atau tidak, ini saya berbagi beberapa hal semoga bisa menjadi new insight.

5 Alasan mengapa website itu penting dalam membangun bisnis

  1. Menunjukkan kredibilitas dan profesionalisme

Kalau saya pribadi nih, satu brand lebih menunjukkan profesionanilsme juga kredibilitas saat mereka memiliki website.

Kenapa?

Menurutku, website ini semacam identintas onlie dari sebuah brand. Di website inilah kita bisa menyusuri seluk beluk brand, apa saja produknya, pokoknya anything about this brand.

Dari beberapa referensi artikel bisnis menyebutkan bahwa website memberikan kredibilitas dan menunjukkan brand kamu sebagai layanan profesional.

Tanpa adanya website, orang tidak akan mengetahui produk maupun layanan dari brand kamu karena nggak ada di mesin pencarian.

Itulah mengapa website itu penting dalam membangun bisnis karena bisa membangun hubungan ‘online’ jangka panjang dengan klien. Memberi mereka jaminan yang mereka butuhkan juga untuk kepercayaan akan brand kamu.

2. Bisa menjangkau konsumen lebih luas

Online shopping berkembang pesat banget selama satu dekade ini.

Mau beli makanan, elektronik hingga mobil pun bisa ditemukan secara online. Artinya, jumlah pembeli online telah meningkat dan karena internet ini available 24 jam, penjualan pun meningkat bahkan setelah jam kerja.

Jadi, dengan memiliki website, sangat memungkinkan bisnis kamu itu tumbuh secara global dan kamu pun bisa menargetkan demografis di luar lokasi kamu.

Selanjutnya, ini akan menjadi bagian dari pengembangan bisnis kamu. Karena dengan website, kamu bisa mengetahui demografi juga geografi dari konsumen.

3. Cost effective marketing

Website itu bekerja saat kamu tidur, berlibur bahkan saat kamu tengah sibuk.

Yup, kamu bisa tetap berjualan 24 jam tanpa khawatir mesti mantengin ponsel. Karena dengan adanya website, semua pesanan bisa dikumpulkan dan kamu kerjakan saat waktu kerja. Di sisi konsumen, mereka bisa berbelanja sesuai waktu yang dimiliki.

Dengan website juga, kamu bisa memasarkan produk dan layanan kapan saja!

Website adalah bagian marketing yang penting dalam bisnis. Barangkali untuk bisnis usaha skala kecil agak berat ya bikin website tapi percayalah ini sebuah investasi dalam bisnis kamu juga.

4. Add value and satisfacation

Website bisa menambahkan nilai lebih untuk brand yang kamu miliki.

Caranya?

Tambahkan blog dan isilah dengan berbagai artikel menarik juga bermanfaat yang berhubungan dengan produk atau layanan yang kamu miliki. Jangan lupa juga tambahkan FAQ.

Untuk website sebaiknya pilihlah template yang clean dan minimalis. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat membuat website.

  • Navigasi yang mudah
  • Pilihlah warna template yang eye catching
  • Loading yang cepat
  • Easy conversion
  • Helpful content

Tapi, biasanya nih orang-orang suka mundur duluan ketika berbicara website karena belum belajar html. Duh, don’t worry ya, karena sekarang ini kamu mah bisa belajar html secara online.

Menurutku, kamu sebagai pemilik bisnis dan ingin membuat website setidaknya mesti belajar HTML.

Untuk apa?

Apabila kamu ingin mengganti font, warna template nggak perlu repot lagi, bisa langsung cuss ganti di bagian HTML.

So, sebagai pemilik bisnis, buatlah sebuah website profesional dengan memerhatikan poin-poin di atas, juga belajar HTML. Dengan ini membuat brand kamu diingat oleh konsumen. Karena, brand kamu itu berbeda dari lainnya, mampu membuat konsumen untuk betah, puas dan balik lagi.

Baca juga : 6 Cara membuat resensi buku

5. Mudah untuk beriklan

Menurut eCommerce Foundation, 88% konsumen akan melakukan research informasi produk terlebih dahulu sebelum membeli online atau offline.

Dari sini nampak jelas ya, website itu penting sekali dalam memberikan informasi sekaligus menjaring konsumen.

Nah, dengan memiliki website, kamu bisa beriklan di Google. Jadi, nantinya ada kata kunci yang ditargetkan dan saat konsumen mengetik kata-kata tersebut maka website kamu akan muncul di halaman pertama di mesin pencarian.

Lebih lanjut, fokuslah ke SEO juga untuk meningkatkan peringkat website kamu di mesin pencarian, sehingga bisa menghasilkan penjualan yang lebih tinggi lagi.

Semoga artikel alasan mengapa website itu penting dalam membangun bisnis ini bisa membantu kamu ya.

Kalaupun kamu masih di tahap memulai dan bujet terbatas, coba buatlah rencana bisnis, kamu bisa tentukan di bulan ke berapa akan membuat website.

Semangat selalu, ya.

2 Comments

    • ranny

Reply