Belajar Mengelola Keuangan Sejak di Bangku Sekolah Dengan 5 Tips Jitu Ini!

Belajar mengelola keuangan itu nggak mesti udah kerja, atau saat berumah tangga  loh.

Kebiasaan mengelola keuangan ada baiknya dimulai sejak dini, setuju? Misalnya saat sedang duduk di bangku sekolah. Uang jajan yang biasanya didapat dari orangtua memang jumlahnya tidak terlalu besar, tapi sebenarnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya untuk membeli cemilan, transportasi, hingga ditabung.

Too bad, seiring perubahan zaman, tingkat lifestyle yang ikutan berubah, dan demi so called Instagram feed, tak sedikit anak-anak mengeluh uang jajan kurang. Ya gimana nggak sedikit wong listnya dari hangout cafe to cafe, beli baju di distro, traveling lah hingga membeli paket internet.

Baca juga : Bingung beliin kado untuk pria? 7 Barang ini cocok untuk dijadikan kado

Well, biar uang jajannya cukup dan bisa menabung demi bisa membeli sesuatu yang diinginkan, nggak ada salahnya mengikuti 5 tips hemat berikut ini.

5 Tips mengatur keuangan sejak duduk di bangku sekolah agar di masa depan nggak mengalami kesulitan mengatur uang.

Makan Hemat dan Sehat

mengatur keuangan sejak dini

Yang namanya makanan mah maha penting banget, ya. Karena sumber energi utama agar bisa menjalani aktivitas seharian juga menghadapi dia yang suka PHP #ehgimana. 😀

Sarapan diperlukan untuk memberi energi yang cukup untuk memulai aktivitas harian. Begitu juga untuk makan siang atau cemilan untuk menunda rasa lapar. Tapi terlalu banyak membeli makanan bisa menguras uang saku, lho.

Untuk menyiasatinya, usahakan untuk makan pagi di rumah atau miliki anggaran tertentu untuk membeli makanan di luar. Selain itu, tidak ada salahnya mempersiapkan bekal makanan dari rumah untuk dibawa ke sekolah atau kampus. Selain lebih terjaga kesehatannya, tentunya juga lebih menghemat uang jajan.

Memilih Transportasi

Selain makanan, banyak yang mengeluhkan biaya transportasi sebagai pengeluaran terbesar.

Untuk menghemat ongkos, bisa berjalan kaki atau bersepeda jika jarak antara sekolah atau kampus dengan rumah tidak terlalu jauh. Tapi, jika ingin membawa kendaraan sendiri, perhitungkan biaya bensin dan perhatikan juga tarif parkirnya yang seringkali diremehkan.

Alternatifnya, kamu bisa patungan biaya bahan bakar dengan teman-teman yang berangkat dari area yang berdekatan. Selain itu, manfaatkan juga promo menarik yang ditawarkan oleh jasa ojek online yang sering digelar. Tinggal pastikan memiliki paket internet kartu AS dan isi saldonya.

Selesaikan Tugas Sekolah atau Kuliah

Keterbatasan uang jajan bukan jadi alasanmu menghindari tugas sekolah atau kuliah. Jika danamu terbatas untuk membeli buku, manfaatkan perpustakaan atau pinjam dari teman dan pergi ke tempat fotokopi. Selain itu, gunakan paket data termurah 2018 untuk browsing berbagai hal yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasmu. Uang saku bisa diirit, nilai pun terjamin baik.

Siasati Rutinitas Hangout

Hangout di restoran fast food, cafe, atau nonton di bioskop bisa bikin gigit jari, apalagi kalau dilakukan secara rutin. *kekepin dompet

Sesekali, siasati dengan menawarkan kegiatan yang lebih irit biaya tapi tetap seru. Mulai dari berkeliling kota sembari mengambil foto, menjajal resep ramai-ramai di rumah, hingga streaming film berbekal paket murah kartu AS.

Catat Semua Pengeluaran

Walau terlihat merepotkan, tapi menuliskan semua pengeluaran yang dibuat sekecil apa pun akan membantumu mengetahui apa saja yang dibelanjakan dari uang jajan.

Dari sini, bisa dilihat pengeluaran yang kira-kira bisa dihemat atau dihilangkan untuk menghemat dana. Gunakan aplikasi di smartphone atau tulis secara manual di atas buku, mulai dari uang untuk membayar tarif parkir, membeli gorengan, hingga menebus harga paket internet kartu AS.

Selain tips-tips di atas, biaya internet bisa jadi luput dari perhatianmu. Kini, isi pulsa bisa lewat Traveloka yang menawarkan harga terbaik. Bisa bebas bertransaksi di mana dan kapan saja, proses pembayarannya pun aman, mudah, dan tanpa repot. Sambil leyeh, baca buku bisa isi pulsa.

Baca juga : 10 Jenis sepatu wanita yang mesti dimiliki

5 Tips mengatur keuangan sejak dini ini sangat sederhana, tapi jika kamu lakukan semuanya yakin deh kamu bisa jadi manajer keuangan yang andal untuk kehidupanmu. Kelak saat bekerja dan berumah tangga kamu akan menghadapi keuangan yang lebih kompleks namun kamu sudah punya bekal untuk mengaturnya.

Anyway, ada yang mau nambahin nggak 5 tips mengatur keuangan sejak dini di atas?

Yuk, biasakan kelola uang sejak dini biar tak menyesal di masa depan.

 

Reply