Seni Tipografi dan Blogger

Tipografiseni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Seringkali kita melihat gambar-gambar disertai quote yang apik entah itu di timeline media sosial, majalah, iklan atau bahkan di kaos yang kita kenakan. Apalagi sekarang ini font yang ada makin kreatif nggak hanya di sans sherif, lucida handwriting, comic sans *hufft* it’s so yesterday, right? Saya nih suka banget ngedon di Pinterest, selalu dibuat amaze sama aneka DIY dan tips. Nah, di situ sering banget saya temuin infografis ataupun judul yang deretan huruf-hurufnya tersusun rapi dengan font yang kekinian. I like it much! Saya pun penasaran pengin banget bisa bikin kayak gitu.

Banyak ya quote-quote yang menarik dibikin dalam satu frame tapi font nya datar-datar saja padahal isi quotenya sangat ‘waah’. Saya merasa kok nggak full banget sih orang yang bikin ini *minta digiles*. Lain hari, saya menemukan di timeline FB sebuah foto yang apik diisi dengan tulisan yang menarik. Itu saya temui di timeline Mbak Puji Hamzah yang albumnya diberi judul ‘Tipografi’. Keinginan untuk bikin kayak gitu sudah ada, dan makin yakin untuk belajar setelah melihat yang di timeline Mbak Puji.

Saya menantang diri untuk bisa melakukan tipografi!

Mulailah saya searching apa itu tipografi. Dan memang tipografi ini sering banget bersentuhan dengan hidup kita. Biasanya tipografi menggunakan tulisan tangan, tapi berhubung saya udah lama nggak nulis dan kemampuan untuk bikin deretan huruf apik dengan pensil atau pulpen yang minim, maka saya memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menutupi kekurangan saya.

Hayo mbakbro, mbaksis laptop itu dimanfaatkan sebaik mungkin jangan hanya main media sosial saja *minta dijambak berjamaah* 😀 heheheh..

Jujur saya gaptek dengan photoshop! Tapi, bukan teknologi kalau namanya nggak ada sejenis yang mudah untuk digunakan. Yes, saya gunakan photoscape! Hehehe *devil laugh* 😀 di photoscape ini fitur-fiturnya lebih friendly menurutku. Dan dari situ, saya mulai berpetualang dengan tipografi.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian utama dalam tipografi ini agar bisa terbaca dengan baik :

  1. Jenis huruf
  2. Ukuran
  3. Pengaturan, termasuk di dalamnya spasi, kerning, alur, perataan dan sebagainya
  4. Kontras warna dengan latar belakang

Kadang kala saya masih agak sedikit pening dalam kombinasi warna, maka nggak jarang saya ambil jalan aman dengan satu warna saja. Kombinasiin warna huruf dengan foto sedikit sulit karena jika salah kombinasiin yang nampak macam ‘menor’.

Tipografi dan blogger

Tipografi ini bagi para blogger sudah menjadi bagian dari blog. Coba perhatiin header blog yang ada tulisannya, nah di situ kan perlu seni tipografi. Belum lagi ditambah setiap postingan sering banget kita menyisipkan foto yang di dalamnya ada tulisan judul yang dijadikan featured image. Berarti, tipografi emang sudah menjadi bagian dari blogger.

Tipografi ini bisa banget menjadi alat untuk menyiasati kekurangan kita loh sebagai blogger. Di tengah maraknya tren infografis akhir-akhir ini yang sudah cukup bikin emaks rempong yang suka ikutan lomba kayak saya jadi keder bin pening tiap mau ikut lomba, tipografi ini bisa menjadi penyelamat!

Nggak usah maksain kalau kita memang nggak bisa infografis, kita putar strategi saja cari kelebihan kita di mana untuk menutupi kekurangan dan bisa bikin tulisan lomba maupun postingan lebih menarik. Coba tengok Mak Winda, beliau memanfaatkan kelebihannya dalam tipografi dengan goresan pulpen. Itu menjadi nilai lebih kan ketika infografisnya ditulis dengan tangan. Ada juga tuh produk sabun yang digambar plus dikasih tulisan, kreatif bukan? Nah, kenapa nggak manfaatin tipografi dengan laptop untuk ikut lomba?

Postingan berbentuk listicle bisa menjadi pilihan jika ingin terlihat menarik. Di setiap poin-poin ada gambar dan mungkin bisa menyisipkan tulisan. Ataupun sebuah postingan dibuka dengan gambar plus quote seperi kata Mak Injul sewaktu Arisan Ilmu Solo. Setidaknya blog kita mempunyai ciri khas tersendiri.

Saya sudah terapkan tipografi ini di blog dan galeri instagram. Di IG, ada beberapa foto yang saya masukin quote.

Untuk belajar tipografi ini, saya menggunakan foto-foto pribadi dan foto milik sahabat saya, Zoran. Iyes, beliau memang ‘suplier’ tetap untuk galeri IG dan postingan saya. Hehehe Zoran, saya kenal lewat IG loh 😀 sudah setahunan ini bersahabat. Dan syukurnya, beliau mau saja ngasih foto-fotonya untuk saya jadikan objek belajar dan kadang untuk isi galeri IG. Tetap dong namanya saya cantumin di tiap foto ataupun caption.

Ada baiknya memang pakai foto sendiri ya, atau foto teman bisa asalkan minta izin dulu. Setidaknya nggak akan kena pasal hak cipta ya jika nyomot di gugel.

Well, saya pun masih tahap belajar nih. Ada yang menarik minat saya, yaitu tulisan melingkar dengan warna-warna pastel hahahah haduh harus bisa luangkan waktu lebih banyak lagi nih.

Di bawah ini beberapa hasil tipografi saya. Yang mana favorit kalian?

enjoy life

love

quote life

quote love

flower

home

Fix you

Kalau saya suka semuanya *ya eyalaah* hehehe tapi paling suka terakhir. Ini memang siluet Zoran, waktu pertama kali beliau tunjukin, saya sudah WOOW banget! Beda banget dengan selfie miliknya yang lain. Di foto ini macam, lelaki yang lagi berkubang dengan masalah, dan terang dari atas itu seperti ‘hey, don’t life is about problem? So, spice up!’ Saya pun langsung teringat dengan lirik Fix You dari Coldplay, cocok kan? 😀

 Seni tipografi dan blogger bisa dibilang dua hal yang nggak bisa lepas satu sama lain.

Yuk, dicoba! 🙂

22 Comments

  1. Tan
    • ranny
    • ranny
  2. Sambilngopi.com
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  3. Roomances Blog
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  4. Ety Abdoel
    • ranny
    • ranny

Reply